Eksotisme dan Pesona Gunung Rinjani di Pulau Lombok

 Eksotisme dan Pesona Gunung Rinjani di Pulau Lombok

Gunung Rinjani terbentang di atas 3.726 permukaan laut Pulau Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB). Gungun Rinjani merupakan gunung api aktif terbesar kedua yang dimiliki oleh Indonesia. Dari atas Puncak gunung dapat terlihat jelas seluruh Pulau Lombok, sebagian Pulau Sumbawa dan Pulau Bali.

Kawasan Gunung Rinjani ditetapkan sebagai salah satu Taman Nasional dan Kawasan Suaka Margasatwa. Para aktivis pendaki gunung sangat tertantang menaklukan puncak Gunung Rinjani dikarenakan rute pendakian yang cukup menantang. Dua rute yang terkenal adalah Rute Senaru dan Rute Sembulan.

Rute Senaru berada di sisi utara Gunung Rinjani dan merupakan kawasan resort utama yang paling dekat ke Senggigi. Sedangkan Rute Sembalun Lawang di sisi timur merupakan rute yang plaing dekat ke puncak gunung.

Di samping rutenya yang menantang tersebut, Rinjani menyimpan berbagai kekayaan lainnya yang sulit dilupakan bagi para pengunjungnya. Yuk simak keindahan apa yang dimiliki Gunung Rinjani berikut ini:

Landscape

Kawasan Gunung Rinjani pada dasarnya adalah hamparan hutan dataran tinggi dengan luas mencapai 41.330 Ha.  Kaya dengan keanekaragaman hayati baik floral, fauna dan vegetasi nya. Kawasan ini dikenal dengan sebutan the Wallacea Line merupakan titik peralihan antara zona flora fauna Asia dan Australia.

Danau Segara Anak

Danau Segara mengalir dari ketinggian 2.000 m di atas permukaan laut.  Danau ini memberikan pemandangan yang luar biasa indah, mengalir di seluruh kawasan Gunung Rinjani. Danau ini menjadi sumber kehidupan bagi pertanian di Pulau Lombok. Di sekitar Danau Segara terdapat tiga gue yang diberi nama: Gua Susu, Gua Payung dan Gua Manik. Selain itu, Aiq Kalak yang dalam Bahasa Sasak berarti Air Panas mengalir keluar dari perut Gunung Rinjani. Air panas ini mengalir ke kolam-kolam bertingkat (terrace) yang ada di sekitar Danau Segara. Masing-masing tingkatan memiliki suhu air panas yang berbeda-beda. Kandungan sulfurnya yang tinggi dipercaya dapat mengobati penyakit kulit.

Flora dan Fauna

Kawasan Gunung Rinjani kaya dengan keanekaragaman flora dan fauna, sehingga sering dijadikan sebagai “laboratorium” ilmu pengetahuan. Salah satu yang banyak tumbuh di sepanjang jalan menuju kawasan Rinjani adalah Kalimantong (strawberry lokal). Rasa buahnya manis sedikit kecut dan dapat dimakan untuk pelepas dahaga dan lapar. Banyak pula tumbuh bunga Edeilweiss atau dalam bahasa lokal disebut Sandar Nyawa. Sesuai dengan namanya, menurut kepercayaan penduduk lokal bunga Edelweiss di lokasi ini tidak boleh dipetik.

Muntiacus Muntjak (Bahasa Sasak: Sanggah Basong) adalah jenis rusa yang dapat ditemui di kawasan ini. Rusa ini adalah satwa asli di Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Bentuknya mirip anjing dengan tanduk yang agak melengkung ke belakang, serta baunya pun mirip anjing. Selain itu banyak burung spesies Australia di kawasan ini, seperti honeyeaters, cockatoos dan green hanging parrots.

Montong Satas

Montong Satas merupakan sebuah batu besar yang sering disebut Batu Penyesalan. Diberi nama tersebut karena dipercaya bahwa pada titik ini akan muncul kebimbangan dan penyesalan dalam hati para pendaki antara melanjutkan perjalanan atau kembali.

Yukk jelajahi keindahan Gunung Rinjani bersama YoExplore! YoExplore bersama dengan salah satu merchant-nya “Kaina Sahabat Perjalanan” menyediakan  6D5N Mount Rinjani Hiking – Open Trip via Sembalun Senaru. Dipandu oleh pemandu lokal yang berpengalaman, travelers dapat mengeksplore keindahan kawasan Gunung Rinjani bersama pengunjung lainnya. Open trips yang tersedia dalam waktu dekat ini adalah: 29 November –  4 Desember 2017 dan 8-13 Desember 2017.

 

Tagged ,

One thought on “Eksotisme dan Pesona Gunung Rinjani di Pulau Lombok

  1. Greetings from Ohio! I’m bored to tears at work so I decided
    to check out your website on my iphone during lunch break.
    I love the knowledge you present here and can’t wait to
    take a look when I get home. I’m amazed at how fast your blog loaded on my cell
    phone .. I’m not even using WIFI, just 3G .. Anyways, superb site!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


FasPay Acceptance MarkKredivo Acceptance MarkExplore IndonesiaTour Indonesia Bali TourBali TourBali TourBali TourBali TourPayPal Acceptance Mark

Proudly created by PT YoExplore Digital Indonesia 2016 - 2017
All rights reserved