Surga Bahari di Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah

Menjelajahi Surga Bahari di Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah

Tak banyak wisatawan yang telah mengenal Kepulauan Togean. Kali ini YoExplore ingin mengupas keindahan surga bahari yang tersembunyi di kawasan ini.

Kepulauan Togean berada di Teluk Tomini, Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah. Pada Tahun 2004, Kepulauan Togean diresmikan sebagai salah satu Taman Nasional. Taman Nasional Togean terdiri dari 292.000 Ha lautan dan 70.000 ha daratan yang meliputi 6 pulau besar serta 60 pulau kecil yang tersebar di sepanjang jarak 90 km.

Kepulauan Togean menyimpan berjuta kekayaan alam bahari. Pemandangan bawah laut adalah yang paling spektakuler. Hal ini merupakan berkah karena Kepulauan Togean termasuk sebagai bagian dari the Coral Triangle. Salah satu kekayaan hayati bawah lautnya adalah terumbu karang yang masih sangat subur dengan ratusan spesies ikan. Data menyebutkan bahwa ada 4 tipe terumbu karang di kawasan ini yang terdiri dari 262 spesies terumbu karang beraneka warna. Spesies ikan tertentu hanya ada di kepulauan ini, diantaranya adalah jenis Pracheilinus Togeanensis dan Ecsenius Sp serta beberapa penyu jenis tertentu. Tambahan lagi, beberapa jenis karang baru ditemukan di kepulauan ini, sehingga Kepulauan Togean sering dijadikan pusat penelitian. Beberapa titik terumbu karang yang paling direkomendasi adalah California Reff (dekat Pulau Bolilanga) dan Reff 4,5 dan 6. Di tempat ini pengunjung kemungkinan bisa bertemu dengan lumba-lumba atau bayi hiu hitam. Inilah surga bagi para pecinta olahraga air khususnya snorkeling dan penyelam. Kondisinya yang masih alami dan belum over eksploitasi, tentu menyajikan sensasi alam yang luar biasa.

Pantai dengan hamparan pasir putih dan air biru yang sangat jernih sangatlah memukau pengunjung Kepulauan Togean. Dan yang tak kalah menarik adalah berenang di Danau Mariona bersama dengan ubur-ubur yang tidak menyengat di Danau Mariona. Selain danau, wisata airnya dilengkapi pula dengan gua-gua, sungai, wisata air panas hingga air terjun.

Keindahan Daratan Kepulauan Togean

Selain pemandangan pantai dan kekayaan bawah laut, Kepulauan Togean juga memiliki keindahan daratan. Terdapat 6 pulau besar di kawasan ini: Pulau Batudaka, Pulau Togean, Pulau Waleakodi, Pulau Unauna, Pulau Waleabahi dan Pulau Talatakoh. Daratan Kepulauan Togean menjadi tempat berlindung bermacam-macam satwa seperti rusa, kuskus, tarsius, ketam kenari, biawak dan babi rusa. Sekitar 33 jenis tanaman mangrove tumbuh di kepulauan ini. Tak ketinggalan pula berbagai jenis burung yang berkicauan. Terbayangkan keseruan dan pengalaman yang tak terlupakan jika berkunjung ke Kepulauan Togean.

Resort di Kepulauan Togean

Beberapa resort dengan fasilitas memadai tersedia di sini, misalnya Paradise Resort, BlackMarlin Resort dan Pelangi Resort. Namun jika Anda ingin berlibur ala backpakers, menginap bersama penduduk desa atau numpang tidur di pelabuhan bisa menjadi alternatif. Salah satunya menginap di Pulau Papan dimana sekitar 100 KK Suku Muna menghuni Pulau ini. Sebagian besar penduduk adalah nelayan, petani kopra, petani cengkeh dan pencari kerang. Selain itu, wisatawan juga bisa memilih menginap dan berinteraksi bersama Suku Bajo (di daerah pesisir) yang terkenal sangat ahli menyelam.

Cara Mecapai Kepulauan Togean

Untuk mencapai kawasan ini, rute yang dilalui memang cukup panjang. Ada tiga alternatif rute perjalanan yang dapat dipilih dari Jakarta, yaitu:

  • Jakarta – Palu – Ampana – Wakai – Kadidiri
  • Jakarta – Gorontalo – Wakai – Kadidiri
  • Jakarta – Luwuk – Ampana – Wakai – Kadidiri.

Dibutuhkan waktu sekitar 12 jam untuk sampai ke tujuan dengan menikmati perjalanan udara, laut dan darat.  Perjalanan yang panjang akan terbayar lunas ketika menikmati keindahan Pulau Togean.

Yuk jangan ragu memilih Pulau Togean sebagai destinasi wisata yang harus kamu kunjungi. YoExplore punya paket wisata menarik Pulau Togean. Kamu bakalan didampingi oleh operator loal yang berpengalaman untuk mengeksplore kawasan  eksotik ini. Hubungi YoExplore untuk merancang liburan yang berkesan tak terlupakan.

 

Tagged ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


FasPay Acceptance MarkKredivo Acceptance MarkExplore IndonesiaTour Indonesia Bali TourBali TourBali TourBali TourBali TourPayPal Acceptance Mark

Proudly created by PT YoExplore Digital Indonesia 2016 - 2017
All rights reserved