0

Jelajahi Keindahan Tarakan Derawan | 7D6N

From Rp7.700.000 / person

Jelajahi Keindahan Tarakan Derawan | 7D6N

Adventures Tarakan Utara
7 hari
  • Menjelajahi Mangrove
  • Menjelajahi Ragam Budaya
  • Menjelajahi Kulinari Lokal
  • Snorkeling dan Diving
What You'll Do
Jelajahi Keindahan Tarakan Derawan | 7D6N Banyak traveler hanya menjadikan Tarakan sebagai tempat singgah sebelum menuju ke Kepulauan Derawan. Bagaimana bila Anda tinggal beberapa hari di Tarakan sebelum menuju ke Derawan? Banyak hal yang dapat Anda jelajahi di Tarakan sebelum menikmati ragam kegiatan di perarian Kepulauan Derawan. Itinerary Tarakan Derawan Hari - 1 s/d. Hari -3....

Jelajahi Keindahan Tarakan Derawan | 7D6N

Banyak traveler hanya menjadikan Tarakan sebagai tempat singgah sebelum menuju ke Kepulauan Derawan. Bagaimana bila Anda tinggal beberapa hari di Tarakan sebelum menuju ke Derawan? Banyak hal yang dapat Anda jelajahi di Tarakan sebelum menikmati ragam kegiatan di perarian Kepulauan Derawan.

Itinerary Tarakan Derawan

Hari – 1 s/d. Hari -3

Di hari-1 hingga hari-3 dari paket perjalanan Tarakan – Derawan, Anda akan menjelajahi ragam kegiatan budaya di Tarakan, yang merupakan ibukota dari Provinsi Kalimantan Timur.

Di hari – 1, Anda tidak akan melakukan kegiatan tour. Kami akan menjemput Anda di bandara dan mentransfer Anda ke hotel untuk proses chck-in. Anda dipersilakan menikmati waktu bebas di hotel.

Kegiatan tour akan dilaksanakan di hari-2 dan hari-3. Kita akan mengunjungi Rumah Bundar, Balai Adat Tidung, Makam Jepang, dan Tuhgu Australia.

Rumah Bundar Museum

Rumah Bundar Museum berlokasi di Jalan Danau Jempang, Desa Pramusian, Kecamatan Tarakan. Tempat ini dapat ditempuh sekitar 15 menit bila berkendara dari bandara Juwata. Bangunan dengan luas 72M2 ini mempunyai atap yang berbentuk lingkaran dan dibangun di tahun 1945 oleh tentara Australia, yang menggunakannya sebagai tempat penampungan pada saat invansi Jepang ke Indonesia. Bila Anda menyukai situs-situs bersejarah, Rumah Bundar Museum akan menjadi tempat yang menarik untuk Anda kunjungi guna menjelajahi ragam informasi sejarah terkait perang dunia II. Salah satunya, Anda dapat menjumpai Samurai Jepang, pedang yang digunakan oleh Jepang untuk melakukan eksekusi hukuman mati.

Balai Adat Tidung

Balai Adat Tidung merupakan rumah tradisional dari komunitas lokal di Kalimantan Utara. Penduduk lokal menamai juga tempat ini sebagai Rumah Baloy. Dengan mengunjungi rumah-rumah tradisional di sekitar tempat ini, Anda dapat mengamati ragam keterampilan arsitektur yang dimiliki oleh Suku Tidung, yang merupakan suku dari penduduk lokal setempat. Tidak seperti suku-suku lainnya di Kalimantan Utara, Suku Tidung memiliki budaya mereka sendiri, termasuk dalam pendesainan rumah mereka, yang merupakan pengembangan dari arsitektur budaya Dayak.

 

Makam Jepang

Makam Jepang berlokasi dekat dengan pantai Lamaru. Ini merupakan monumen untuk memperingati kehadiran tentara jepang yang gugur di medan pertempuran saat berberang menghadapi pasukan sekutu selama perang dunia II. Di tempat ini, Anda akan melihat komplek pemakanan yang dikelilingi oleh kebun dengan latar belakang pemandangan pantai berpasir putih. Setelah mengunjungi spot ini, Anda bebas menjelajahi pantai Lamaru.

 Tugu Australia

Tugu Australia   adalah sebuah monumen yang dibangun untuk memperingati tentara Australia yang gugur selama perang Balikpapan di bulan Juli tahun 1945. Balikpapan, pada waktu itu mendapat pendudukan Jepang, yang dimulai sejak tahun 1943 hingga 1945.  Pada waktu itu, tempat ini juga menjadi pelabuhan minyak utama. Perjuangan yang dilakukan oleh Tentara Australia tersebut, untuk membebaskan Pulau Borneo (kini dikenal dengan nama Kalimantan) dari pendudukan Jepang.

Hari – 4 Tarakan Derawan

Di hari-4 ini, kami akan membawa Anda menjelajahi kawasan konservasi hutan mangrove dengan melakukan trekking di sepanjang jalan setapak. Pohon-pohon mangrove yang terdapat di kawasan ini, tidak saja efektif untuk mencegah abrasi laut, mereka juga layak untuk dijelajahi karena keindahan pemandangannya. Selama menjelajahi kawasan ini, Anda akan menjelajahi tempat karantina hewan khusus untuk monyet belalai.

Setelah menjelajahi kawasan konservasi hutan mangrove, Anda akan menjelajahi perkebunan anggrek, yang merupakan daerah kawasan budidaya tanaman Anggrek di Tarakan. Anda, tidak saja, dapat menikmati keindahan ragam tanaman anggrek yang ada, tetapi juga dapat membeli beberapa tanaman anggrek, bila Anda menginginkannnya.

Hari-5 Tarakan -Derawan

Nah, di hari-5 ini, kami akan membawa Anda melakukan perjalanan ke Pulau Derawan, yang berada bersama 30 pulau lainnya di dalam gugusan Kepulan Derawan.

Kepulauan Derawan yang terletak di Berau, Kalimantan Timur, telah menarik banyak traveler untuk mengunjungi kepulauan ini dan menikmati keindahan alam serta pemandangan bawah lautnya. Nah, jika Anda seorang penyelam yang telah memiliki sertifikat, jangan lewatkan untuk menikmati pengelaman menyelam Anda di Kepulan ini. Bila Anda tidak memiliki sertifikat menyelam, Anda tetap bisa menikmati keindahan permukaan bawah laut dengan ber-snorkeling atau berenang.

 

Hari – 6  Tarakan Derawan: Sangalaki – Kakaban – Maratua – Gusung Sanggalau

Di hari-6 kegiatan perjalanan Tarakan Darawan ini, kita akan melakukan kegiatan berkeliling pulau. Pulau pertama yang akan kita jelajahi adalah Pulau Sangalaki. Di sini Anda akan menemukan Manta Rays yang besar yang biasanya mengunjungi Pulau untuk memberi makan plankton mereka. Nikmati ber-snorkeling dengan mereka sambil menikmati keindahan batu karang serta ragam ikan berwarna-warni, seperti scorpionfishes, jawfish, ikan mandarin, frogfish dan belut pita.

Setelah menjelajahi Pulau Sangalaki, kita akan menjelajahi Pulau Kakaban untuk menikmati keunikan danau Kakaban. Di tempat ini, Anda dapat berenang atau snorkeling sambil bermain bersama ubur-ubur. Jangan kuatir, ubur-ubur di tempat ini tidaklah berbahaya. Jika laut dalam kondisi pasang tinggi, kita pun dapat mengunjungi Kehe Daeng, yang merupakan laguna Pulau Kakaban. Nikmati keindahan perairan berwarna hijau dan laguna berpasir, yang dikelilingi oleh hutan yang begitu indah.

Dari Kehe Daing, kita akan melanjutkan penjelajahan kita ke Maratua untuk snorkeling. Selain melakukan kegiatan snorkeling atau diving (menyelam), di tempat ini, Anda dapat pula menjelajahi goa-goa indah di Pulau. Demikian pula, Anda dapat mengamati tempat yang digunakan oleh Kura-kura Hijau untuk bertelur. Jika beruntung, Anda dapat melihatnya sedang bertelur dan membaringkan telurnya di sarang yang mereka buat. Jika pantai dalam keadaan pasang, kita juga dapat menjelajahi Goa Haji Mangku yang akan membuat Anda terkagum-kagum dengan keindahan goa di daerah ini sembari Anda berenang atau ber-snorkeling. Mohon, Anda juga mempersiapkan sepasang sepatu yang nyaman, yang akan Anda gunakan untuk kegiatan trekking dianatara waktu snorkeling.

Selanjutnya, Gusung Sanggalau, akan menjadi destinasi petualangan kita terakhir untuk kegiatan di hari ini. Mohon diperhatikan bahwa kita hanya dapat mengunjungi destinasi ini di kala pantai dalam keadaan surut. Di sini, Anda dapat menikmati indahnya pantai berpasir putih dengan airnya yang jernih. Tempat yang pas pula, untuk berswafoto.

Hari – 7 Tarakan Derawan

Setelah menikmati sarapan di Resort, kita akan check-out dan melanjutkan perjalanan kembali ke Tarakan dengan menggunakan Speedboad. Jika Anda menginginkannya, kita dapat berhenti di beberapa pasar kerajinan tangan, sebelum mengantar Anda tiba di bandara Tarakan.

Bagaimana Menuju Tarakan

Anda dapat memesan penerbangan langsung dari Jakarta atau Surabaya untuk tiba di Bandara Internasional Juwata (Tarakan).

Catatan:

  • Itinerary ini dapat berubah sewaktu-waktu oleh karena perubahan cuaca.
  • Mohon hubungi admin YoExplore bila Anda membutuhkan itinerary yang lebih personal atau bantuan pemesanan tiket pesawat.
  • Anda dapat menyimak penawaran di  Explore Derawan apabila Anda hanya ingin melakukan penjelajan Kepulauan Derawan.

 

Max. Booking Hours
3 hari 0 jam di muka
Waktu Mulai Aktivitas
13:00, 14:00
Kebijakan pembatalan
2 hari 0 jam di muka
Jika Anda membatalkan paling lambat 2 hari 0 jam di muka, Anda akan mendapat pengembalian sebesar 50%. Namun, bila Anda membatalkannya kurang dari 2 hari 0 jam sebelum pelaksanaan aktivitas yang Anda pesan, Anda tidak akan mendapatkan pengembalian.
What's Included
  • 15x Makan
  • Dokumentasi
  • P3K
  • Hotel
  • Pelampung
  • Air Mineral
  • Perlengkapan snorkeling
  • Speedboat
  • Transportasi dari bandara Tarakan ke pelabuhan (PP)
  • Entrance Fee
  • Full-day Car
  • Tour Guide
What's Excluded
  • Tiket pesawat
  • Obat-obatan pribadi
  • Porter
  • Tips
  • Auransi Perjalanan
Participants Per Booking
Child: Maksimum 3
Adult: Minimum 1, Maksimum 11
Participants Age
Adult: from 13 until 65 years old
Child: from 4 until 12 years old
Voucher Type
Voucher cetak atau voucher elektronik

Bayu Restu Adventure

Dikelola oleh Bayu Restu
Verified merchant
Hi, my name is Bayu. I have been a freelance guide and tour leader for 2 (two) years. I have traveled far and wide in Indonesia, from West to East, covering Java, Bali and Lombok. I have guided many and diverse groups of travelers to many enchanting destinations. I always strive to provide the best quality of services to my guests so that they feel they have unique experiences when traveling in Indonesia. I have excellent knowledge about destinations in Banyuwangi, East Java, Lombok, Bali, Raja Ampat, Sumatera, etc. Feel free to discuss with ... read more

Lokasi

Nearby Airport
Juwata International Airport
Experience Location
Juwata Airport, Karang Anyar Pantai, Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia

Review

There is no review yet.