0

Trekking Kawah Ijen

From Rp556.200 / person

Trekking Kawah Ijen

Adventures Banyuwangi
23 jam
  • Blue Fire yang indah
  • Kawah terbesar di Pulau Jawa
  • Pemandangan yang menakjubkan
What You'll Do
Trekking Kawah Ijen Trekking Kawah Ijen adalah aktivitas yang akan memberikan pengalaman unik berpetualang di kawah terbesar di Pulau Jawa. Tentang Kawah Ijen Kawah Ijen, kawah terbesar di Pulau Jawa Crater, merupakan gunung berapi komposit aktif yang berlokasi di sepanjang Kaldera Ijen Pleistocene (kawah berapi tua). Atraksi utama saat mengikuti Trekking Kawah Ijen adalah danau....

Trekking Kawah Ijen

Trekking Kawah Ijen adalah aktivitas yang akan memberikan pengalaman unik berpetualang di kawah terbesar di Pulau Jawa.

Tentang Kawah Ijen

Kawah Ijen, kawah terbesar di Pulau Jawa Crater, merupakan gunung berapi komposit aktif yang berlokasi di sepanjang Kaldera Ijen Pleistocene (kawah berapi tua).

Atraksi utama saat mengikuti Trekking Kawah Ijen adalah danau kawah yang mengandung banyak belerang. Kawah ini tersembunyi di antara dinding tipis beralur batu di lebih dari 200 meter dan terletak di sekitar 2.300 meter di atas permukaan laut. Disini Anda akan menikmati pesona Api Biru (“Blue Fire”)

Danau kawah Ijen tersebut berisikan sekitar 36 meter kubik uap, air asam. Di dalam kawah, Anda mungkin menemukan batu dengan ragam warna dan ukuran yang berbeda. Karenanya, Kawah Ijen juga dikenal sebagai taman yang indah dari batu.

Atraksi lainnya, Anda dapat menyaksikan bagaimana penambang belerang bekerja. Anda akan melihat para penambang tersebut mampu mengangkut hingga 70 kg beleran, bertelanjang kaki. Mereka akan mendaki tepi sawah untuk menambang belerang.

Kemudian, dengan membawa beban belerang,  para penambang akan menuruni pegunungan, dan melanjutkan perjalanan ke pabrik terdekat di Banyuwangi. Mereka dapat menempuh total perjalanan 17 km. Mereka (para porter) mendapat bayaran berdasarkan berat beban yang mampu mereka angkut.

Tipe Wisatawan

Saya hanya merekomendasikan Trekking Kawah Ijen ini kepada wisatawan yang benar-benar mencintai alam dan tidak takut dengan perubahan cuaca yang sering kali tidak terprediksi. Karena faktor cuaca, saya tidak dapat menjamin bahwa Anda akan pasti bisa turun ke kawah sebagaimana tercantum di itinerary. Meskipun demikian, saya yakin Anda dapat menikmati petualangan terhubung dengan alam.

Anda tidak harus memiliki pangalaman trekking atau mendaki gunung sebelumnya. Hanya saja, Trekking Kawah Ijen sesuai untuk mereka yang memiliki tingkat kebugaran tubuh yang baik.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sepanjang Trekking

  • Mohon selalu berhati-hati pada saat menyusuri jalur trekking. Kita akan memulai trekking di tengah malam dalam kondisi area yang gelap. Jalur trekking, meskipun tersedia dengan baik, masih belum mendapat penandaan khusus untuk situasi gelap. Karenanya, mohon membawa lampu  kepala karena saya tidak menyediakan fasilitas tersebut.
  • Anda mungkin akan menyusuri lereng tanpa pagar.
  • Meskipun Anda akan kami dampingi, mohon diperhatikan bahwa tidak ada pelayanan penyelamatan yang cukup cepat dalam keadaan darurat.
  • Di sekitar kawah Ijen, tidak ada toilet umum. Paltuding , sebagai base camp, adalah satu-satunya area dimana Anda akan menjumpai toilet umum.

Apa yang adilakukan sepanjang Trekking Kawah Ijen

Kami akan menjemput Anda di titik penjemputan yang telah kita sepakati bersama. Kami dapat menjemput Anda di Hotel atau stasiun kereta Karang Asem, di Banyuwangi. Dari titik pertemuan tersebut, kita akan berkendara menuju Paltuding , base camp, titik permulaan trekking. Kita akan menempuh perjalanan kurang lebih 1-1.5 jam.

Selama perjalanan, Anda akan menikmati pemandangan persawahan yang begitu indah, terutama saat kita menyusuri jalur pedesaan. Anda pun akan menikmati suasana hutan hujan tropis. Karena kita akan berangkat dini hari, pemandangan tersebut baru dapat Anda nikmati sepenuhnya, pada saat perjalanan kembali setelah trekking.

Trekking

Kita akan mulai  trekking dari base camp Paltuding, Dengan menyusuri jalur trekking 4 km, kita akan tiba di tepi kaldera. Tergantung tingkat kebugaran Anda, kita akan menghabiskan sekitar 1-1.5 jam untuk trekking hingga tiba di kawah. Kita akan memulai trekking di jalur yang cukup lurus dan luas, lereng yang landai, dan tidak ada bebatuan. Sepanjang jalan, Anda akan menikmati ragam tanaman dan gunung berapi yang ada disekitar lokasi.

Ketika kita telah tiba di pinggir kawah, saya akan memberikan masker gas kepada Anda. Kemudian, kita akan turun ke kawah. Meskipun terdapat pegangan yang terbuat dari kayu, mohon tetap berhati-hati dengan kondisi bebatuan yang licin, terutama pada saat gelap. Anda tidak perlu berjalan terlalu cepat. Mohon selalu menyimak instruksi dari pemandu. Di kawah inilah, Anda akan menikmati Blue Fire yang begitu indah.

Setelah menikmati keindahan Blue FIre, kita akan melanjutkan trekking ke punjak Ijen untuk menikmati matahari terbit. Dari tempat ini pula, Anda dapat mengamati bagaimana penambang belerang menjalankan pekerjaan mereka yang luar biasa. Setelah itu, kita akan trekking kembali ke Paltuding . Dari Paltuding , kami akan mengantarkan Anda kembali ke Hotel adalah titik pengantaran lainnya, sepanjang di wilayah Banyuwangi.

Bagaimana menuju Banyuwangi

Jika Anda memilih menggunakan pesawat sebagai moda transportasi menuju Banyuwangi, maka carilah penerbangan yang akan tiba di bandara Blimbingsari. Umumnya Anda akan transit terlebih dahulu di bandara Juanda, Surabaya, sebelum melanjutkan penerbangan menuju bandara Blimbingsari.

Alternatif lain, Anda dapat menggunakan moda transportasi darat. Jika Anda datang dari Bali, maka Anda perlu membeli tiket kapal laut, untuk penyeberangan ke pelabuhan ketapangan, Banyuwangi. Jika Anda data dari kota-kota lain di Pulau Jawa, Anda dapat menggunakan moda transportasi umum seperti bis atau kereta api.

Saya persilakan untuk berdiskusi lebih lanjut dengan saya, apabila Anda menginginkan saya membantu pengadaan transportasi, khususnya bila Anda akan datang dari Bali atau Surabaya. Klik tombol “Bayu Restu Adventure” untuk diskusi lebih lanjut.

Harga Per Voucher

  • Rp.847.800,-/orang (2 wisatawan)
  • Rp.685.800,-/orang (3 wisatawan)
  • Rp.604.800,-/orang (4 wisatawan)
  • Rp.556.200,-/orang (5-10 wisatawan)

 

What You Need to Bring

Sepatu sandal yang nyaman dengan alas yang bagus dan tahan licin, jaket dan pakaian hangat, pakaian ganti, lampu kepala.

Max. Booking Hours
3 hari 0 jam di muka
Waktu Mulai Aktivitas
22:00
Kebijakan pembatalan
2 hari 0 jam di muka
Jika Anda membatalkan paling lambat 2 hari 0 jam di muka, Anda akan mendapat pengembalian sebesar 50%. Namun, bila Anda membatalkannya kurang dari 2 hari 0 jam sebelum pelaksanaan aktivitas yang Anda pesan, Anda tidak akan mendapatkan pengembalian.
What's Included
  • Donasi
  • Pengemudi
  • Pemandu profesional
  • Masker
  • Air mineral
  • Breakfast
  • Entrance Fee
  • Full-day Car
  • Parking Fee
What's Excluded
  • Lampu kepala
  • Biaya pribadi
  • Asuransi perjalanan
Participants Per Booking
Adult: Minimum 2, Maksimum 10
Participants Age
Adult: from 15 until 55 years old
Child: from 4 until 14 years old
Voucher Type
Voucher cetak atau voucher elektronik

Bayu Restu Adventure

Dikelola oleh Bayu Restu
Verified merchant
Hi, my name is Bayu. I have been a freelance guide and tour leader for 2 (two) years. I have traveled far and wide in Indonesia, from West to East, covering Java, Bali and Lombok. I have guided many and diverse groups of travelers to many enchanting destinations. I always strive to provide the best quality of services to my guests so that they feel they have unique experiences when traveling in Indonesia. I have excellent knowledge about destinations in Banyuwangi, East Java, Lombok, Bali, Raja Ampat, Sumatera, etc. Feel free to discuss with ... read more

Lokasi

Nearby Airport
Blimbingsari Airport
Experience Location
Kawah Ijen, Jawa Timur, Indonesia

Review

There is no review yet.