0

Tour Borobudur Yogyakarta 3H2M: Upacara Grebek Sekaten 09.11.2019 | Yogyakarta, Indonesia

From Rp2.620.000 / person

Tour Borobudur Yogyakarta 3H2M: Upacara Grebek Sekaten 09.11.2019 | Yogyakarta, Indonesia

Culture Yogyakarta
3 hari
YOAS2019013
  • Mengunjungi Candi Prambanan
  • Mengunjungi Candi Borobudur
  • Pasar Malam Sekaten
  • Sunrise Tour di Bukit Mangunan
  • Menghadiri Upacara Grebeg Sekaten
What You'll Do
Jika Anda suka bepergian untuk menjelajahi budaya lokal, Tour Borobudur Yogyakarta 3H2M spesial Upacara Grebeg Sekaten ini merupakan pengalaman yang patut untuk dijelajahi. Sahabat Explorer tidak hanya akan menikmati keagungan Candi Borobudur dan Prambanan yang megah, tetapi juga menghadiri Upacara Grebeg Sekaten yang akan diselenggarakan pada tanggal 9 November 2019, di hari yang sama dimana....

Jika Anda suka bepergian untuk menjelajahi budaya lokal, Tour Borobudur Yogyakarta 3H2M spesial Upacara Grebeg Sekaten ini merupakan pengalaman yang patut untuk dijelajahi. Sahabat Explorer tidak hanya akan menikmati keagungan Candi Borobudur dan Prambanan yang megah, tetapi juga menghadiri Upacara Grebeg Sekaten yang akan diselenggarakan pada tanggal 9 November 2019, di hari yang sama dimana orang-orang merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW.

 

Tentang Upacara Grebeg Sekaten

Grebeg Sekaten sebelumnya merupakan upacara tahunan yang diadakan oleh raja-raja Hindu sebelum masuknya Islam ke Indonesia. Upacara ini bertujuan menyembah dewa untuk meminta perlindungan dan keselamatan.

Pada awal perkembangan Islam di Jawa, para pemuka agama melihat tradisi Grebeg Sekaten sebagai hal yang baik untuk menyebarkan Islam melalui pendekatan budaya. Sejak saat itu, Sultan dari Kesultanan Yogyakarta, Sri Sultan beserta rakyatnya, secara rutin merayakan tradisi tersebut.

Pada upacara tersebut, Sri Sultan akan memberi sedekah kepada rakyatnya dengan membagikan hasil pertanian seperti buah dan sayuran yang disusun menyerupai bentuk gunung. Mereka menyebutnya sebagai Gunungan. Pihak Keraton, biasanya akan menyiapkan cukup banyak Gunungan. Gunungan tersebut diantar oleh prajurit Keraton dan didampingi oleh pasukan pemain musik tradisional. Mereka membawa Gunungan tersebut dengan berjalan kaki menyusuri jalan-jalan di sepanjang Keraton dan berakhir di Masjid Agung Yogyakarta.

Begitu sampai di kompleks Masjid Agung di Yogyakarta, pemimpin agama akan mendoakan kemakmuran dan keselamatan bagi Keraton dan masyarakat Yogyakarta. Setelah shalat, orang-orang akan berebut untuk mendapatkan Gunungan. Mereka percaya jika mereka bisa mendapatkan dan membawa pulang Gunungan, mereka akan menerima berkah kesehatan dan kemakmuran.

Selain itu, hal menarik lainnya dari Tour Borobudur Yogyakarta 3H2M ini adalah adanya pasar malam yang berlangsung selama satu bulan sebelum upacara. Para pengunjung tidak hanya dapat menikmati berbagai makanan lezat setempat, mereka juga dapat membeli tiket untuk mencoba permainan dan ragam atraksi.

 

Itinerary Tour Borobudur Yogyakarta 3H2M

Hari – 1 08.11.2019 | Tour Borobudur Yogyakarta 3H2M

09:00 – 21:30 (WIB)

Di hari pertama Tour Borobudur Yogyakarta 3H2M, kami akan menjemput Sahabat Explorer dari lokasi meeting point: bandara, stasiun kereta, atau hotel. Kemudian, kami akan mengantar Sahabat Explorer untuk berwisata ke komplek Candi Prambanan untuk mengenal warisan budaya Hindu yang mempengaruhi perkembangan budaya Nusantara.

Setelah itu, Tour Borobudur Yogyakarta 3H2M hari pertama ini akan membawa Sahabat Explorer ke restoran lokal. Nikmati kekayaan kuliner budaya sebagai sajian makan siang. Kemudian, tour akan dilanjutkan dengan membawa Sahabat Explorer mengunjungi Candi Plaosan. Untuk ke Candi ini, Sahabat Explorer akan diantar menggunakan Andong sehingga dapat menikmati pemandangan sambil mendapatkan pengalaman berjalan-jalan dengan Andong.

Dari Candi Plaosan, kami akan membawa Sahabat Explorer ke pasar malam Sekaten sehingga dapat menikmati kemeriahan malam terakhir kegiatan pasar malam sebelum pelaksanaan upacara Grebeg Sekaten di hari berikutnya.

Hari – 2 09.11.2019 | Tour Borobudur Yogyakarta 3H2M

07:00 – 19:30 (WIB)

Di hari kedua Tour Borobudur Yogyakarta 3H2M, aktivitas utama kita adalah menghadiri Upacara  Grebeg Sekaten. Perayaannya berlangsung di Keraton Yogyakarta. Setelah menyaksikan kegiatan Upacara dan menikmati makan siang di restoran lokal, kita akan melanjutkan trip kita untuk mengunjungi Candi Borobudur, warisan terbesar yang menunjukkan kekayaan budaya dan agama Budha yang ada di Indonesia. Dari tempat ini, kita akan mampir ke restoran lokal untuk menikmati makan malam sebelum mengantar Anda kembali ke hotel. Dan Tour Borobudur Yogyakarta 3H2M di hari kedua pun berakhir.

Hari – 3 10.11.2019 | Tour Borobudur Yogyakarta 3H2M

04:00 – 15:30 (WIB)

Di hari ketiga Tour Borobudur Yogyakarta 3H2M, kami mengharapkan Sahabat Explorer akan siap pada pukul 04:00 pagi untuk kami jemput. Kami akan mengantar Sahabat Explorer menuju Bukit Manungan, tempat menyaksikan keindahan matahari terbit. Dari bukit ini, kita akan melakukan sightseeing mengunjungi hutan pinus, dilanjutkan dengan menikmati sarapan di restoran lokal. Setelah sarapan, kita akan mengunjungi pantai Sadranan. Di pantai ini, Sahabat Explorer dapat berenang atau snorkeling. Di siang hari, kami akan mengantar Sahabat Explorer kembali ke Yogyakarta dan dalam perjalanan, kita akan berhenti sejenak untuk menikmati makan siang.

Tambahan Informasi

Mohon permaklumannya, itinerary dapat berubah sewaktu-waktu karena kondisi cuaca dan lokal setempat.

Untuk menikmati Perayaan Grebeg Besar, cek paket tur-nya disini.

What You Need to Bring

camera, sun glasses, hat/umbrella, comfortable shoes, comfortable dress, a bottle of water, power bank for your gadgets charging, SPF/sun block cream, etc

Max. Booking Hours
5 hari 0 jam di muka
Waktu Mulai Aktivitas
08:00, 09:00, 10:00, 11:00, 12:00
Kebijakan pembatalan
Booking cancelation is not allowed
What's Included
  • English Speaking Driver
  • Mineral Water 1 Bottle/Day/Person
  • Entrance Fee
  • Full-day Car
  • Parking Fee
What's Excluded
  • Accommodation
  • Domestic/International Flight Tickets
  • Personal Expenses
  • tour guide
  • Train/Bus Tickets
  • Drinks
  • Meals
Participants Per Booking
Adult: Minimum 1, Maksimum 5
Participants Age
Adult: from 12 until 65 years old
Child: from 4 until 11 years old
Voucher Type
Voucher cetak atau voucher elektronik

Lokasi

Nearby Airport
Adisucipto International Airport (Adisutjipto Airport)
Meeting Point
  1. Adi Sutjipto International Airport Yogyakarta
    Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta, Indonesia
  2. Hotel around Yogyakarta
    Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta, Indonesia
  3. Train/Bus Station in Yogyakarta
    Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta, Indonesia

Review

There is no review yet.