0

Tour Workshop Tenun Sri Widhi Bali dan Pura Goa Lawah | Bali, Indonesia

From Rp530.000 / person

Tour Workshop Tenun Sri Widhi Bali dan Pura Goa Lawah | Bali, Indonesia

Culture Karangasem
10 jam
  • Mengunjungi Workshop Pembuatan Tenun Khas Bali
  • Mencoba Menenun
  • Alat Menenun Tradisional
  • Pemberdayaan Komunitas Ibu-Ibu Rumah Tangga
What You'll Do
Tour Workshop Tenun Sri Widhi Bali YOEXPLORE.co.id - Tour Workshop Tenun Sri Widhi Bali adalah aktivitas yang akan memberikan pengalaman unik berwisata bagi Anda. Melalui Tour Workshop Tenun Sri Widhi, Anda akan melihat salah satu tempat pembuatan Tenun asli khas Bali. Tenun tersebut dibuat menggunakan peralatan tenun tradisional untuk menghasilkan tenun buatan tangan dengan kualitas tinggi. Dalam....

Tour Workshop Tenun Sri Widhi Bali

YOEXPLORE.co.id – Tour Workshop Tenun Sri Widhi Bali adalah aktivitas yang akan memberikan pengalaman unik berwisata bagi Anda. Melalui Tour Workshop Tenun Sri Widhi, Anda akan melihat salah satu tempat pembuatan Tenun asli khas Bali.

Tenun tersebut dibuat menggunakan peralatan tenun tradisional untuk menghasilkan tenun buatan tangan dengan kualitas tinggi. Dalam waktu sekitar dua jam kunjungan di tempat workshop ini, Anda  dapat melihat proses pembuatan tenun secara tradisional, menggunakan tangan. Selain itu, Anda juga berkesempatan untuk mencoba menenun dengan alat tenun yang telah disediakan.

Sekilas Tentang Tenun Sri Widhi

Secara sederhana, kain tenun Bali terdiri dari dua jenis. Pertama, kain tenun ikat, biasa disebut endek, biasa dipakai warga untuk keperluan sehari-hari. Kedua, adalah kain tenun songket yang sering digunakan untuk upacara keagamaan. Biasanya biaya produksi kain tenun songket lebih mahal dibandingkan kain tenun ikat karena bahan baku benangnya.

Tenun Sri Widhi merupakan merek yang telah dipatenkan oleh pemiliknya, Bapak Wayan Widyantara dan Ibu Ni Ketut Sriani. Bapak Wayan Sendiri memulai usaha tenun ini sejak tahun 2000, saat beliau memutuskan berhenti dari pekerjaannya sebagai cleaning service di salah satu Hotel di Bali.

Untuk memproduksi kain tenun, Bapak Wayan memberdayakan warga Klungkung, Bali. Karena terbatasnya penenun, Bapak Wayan pun berinisiatif melatih anak-anak muda di Desanya. Beliau tidak saja melatih mereka, namun terus memotivasi supaya anak-anak muda tersebut semakin peduli dan ikut melestarikan tenun khas Bali. Saat ini, 30% dari 70 penenun yang bekerja kepadanya adalah penenun muda.

Mengunjungi tempat workshop tenun Sri Widhi Bali ini berarti mengunjungi salah satu tempat pemberdayaan komunitas lokal di Bali. Kunjungan Anda akan memberikan kontribusi yang signifikan buat pengembangan ekonomi dan sekaligus pelestarian budaya Bali di desa Besang, Kabupatan Klungkung.

Makan siang di Warung Lesehan Sari Baruna

Setelah menikmati proses pembuatan tenun khas Bali, saya akan membawa Anda ke Warung Lesehan Sari Baruna untuk menikmati makan siang.

Warung ini terletak di sebelah kiri jalan, dari arah Denpasar, sekitar 200 meter sebelum Goa Lawah. Sebenarnya, di kawasan ini, cukup banyak terdapat warung yang menjajakan paket sate ikan lilit khas Klungkung. Namun demikian, saya merekomendasikan warung ini sebagai tempat pilihan makan siang Anda karena tempatnya yang cukup luas dan bersih. Selain itu, pengelola juga menyediakan lahan parkir yang cukup luas.

Di tempat ini, Anda dapat menikmati suguhan paket makanan yang satu porsinya sudah lengkap dengan nasi putih, 5 tujuk ikan lilit, plecing kangkung khas Bali, pepes ikan, sop kuah dengan 3 butir bakso ikan, dan sambal matah khas Bali. Selain itu, Anda akan mendapat suguhan camilan semangkuk kacang tanah goreng kering yang renyah.

Mohon diperhatikan, biaya makan siang ini tidak termasuk dalam harga yang saya cantumkan untuk Aktivitas ini. Anda dapat membayar langsung ke kasir warung setempat. Saya pun mempersilakan apabila Anda menginginkan makan di tempat makan siang lain yang menjadi preferensi Anda.

Pura Goa Lawah

 

 

Selanjutnya, saya akan membawa Anda menikmati indahnya Pura Goa Lawah, yang terletak di Desa Pesinggahan, Kab. Klungkung. Obyek wisata ini berlokasi di seberang Patai Kusamba. Karenanya, Anda dapat sekalian mengunjungi Pantai Kusamba setelah mengunjungi Goa Lawah.

Goa Lawah terletak di bagian utara Pura, habitat dari ribuan kelelawar. Masyarakat setempat sangat mensakralkan tempat ini. Mereka berkeyakinan bahwa akan timbul bencana bila ada orang yang mencoba mengganggu atau bahkan membunuh kawanan kelelawar tersebut. Oleh karena kesakralannya, sebelum masuk ke kawasan Pura Goa Lawah, Anda akan diminta mengenakan kain (kamben) yang telah tersedia. Selain itu, mohon tidak berkata-kata kasar selama mengunjungi kawasan ini. Bagi kaum perempuan yang sedang datang bulan, tidak diperkenankan untuk masuk ke kawasan Pura Goa Lawah.

Aktivitas kunjungan ke Pura Goa Lawah bersifat fleksibel. Anda dapat mengusulkan perubahan kunjungan obyek wisata sepanjang total tour satu hari masih di kisaran 10 jam. Bila diperlukan, Anda bisa menambah jam kegiatan wisata dalam satu hari. Dalam hal ini, saya akan mengenakan tambahan Rp.50,000.- per kelebihan jam per harinya. Mohon diperhatikan biaya tiket masuk untuk menikmati aktivitas tambahan yang Anda usulkan tidak termasuk dalam harga penawaran yang saya cantumkan di iklan ini.

Transportasi

Saya akan melayani Anda menggunakan Daihatsu Ayla atau yang sejenisnya apabila Anda memesan 1 (satu) voucher untuk 1-3 orang. Bila 1 (satu) voucher untuk 4-7 orang, saya akan melayani menggunakan Totoya Avansa, Nissan Evalia atau yang sejenisnya.

Pesan Tour Workshop Tenun Sri Widhi sekarang di YoExplore!

Anda ingin menikmati pengalaman unik lainnya? Silakan lihat di laman bisnis saya di sini.

Max. Booking Hours
2 hari 0 jam di muka
Waktu Mulai Aktivitas
08:00, 09:00, 10:00
Kebijakan pembatalan
1 hari 0 jam di muka
Jika Anda membatalkan paling lambat 1 hari 0 jam di muka, Anda akan mendapat pengembalian sebesar 50%. Namun, bila Anda membatalkannya kurang dari 1 hari 0 jam sebelum pelaksanaan aktivitas yang Anda pesan, Anda tidak akan mendapatkan pengembalian.
What's Included
  • 1 Botol Air Mineral (600 ML)
  • Entrance Fee
  • Full-day Car
  • Parking Fee
What's Excluded
  • souvenir
  • Drinks
  • Meals
Participants Per Booking
Adult: Minimum 1, Maksimum 6
Participants Age
Adult: from 12 until 65 years old
Child: from 4 until 11 years old
Layanan privat
Available for minimum 1 person
Voucher Type
Voucher cetak atau voucher elektronik

JAYANTI TOUR BALI

Dikelola oleh I Kadek Wardana Dukuh
Verified merchant
... read more

Lokasi

Nearby Airport
Ngurah Rai International Airport (Bali International Airport)
Experience Location
Semarapura Tengah, Kabupaten Klungkung, Bali, Indonesia
Meeting Point
  1. Kuta
    Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Indonesia
  2. Denpasar
    Kota Denpasar, Bali, Indonesia
  3. Jimbaran
    Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali, Indonesia
  4. Nusa Dua
    Nusa Dua Highland, Benoa, Kabupaten Badung, Bali, Indonesia

Review

There is no review yet.