0

Trip Budaya Yogyakarta 3H2M – Festival Topo Bisu Mubeng Beteng

Not Available
Not Available

Trip Budaya Yogyakarta 3H2M – Festival Topo Bisu Mubeng Beteng

Culture Yogyakarta
3 hari
  • Menghadiri festival perayaan Topo Bisu di Keraton Yogyakarta
  • Menikmati keindahan budaya yang terpancar dari Candi Prambanan
  • Menikmati indahnya matahari terbenan di pantai Parangtritis
  • Menikmati indahnya matahari terbit di Candi Borobudur
  • Menjelajahi Gunung Merapi
What You'll Do
Mari bersama kami, Jotu Indonesia, menikmati kekayaan budaya Yogyakarta dan keindahan alamnya. Dengan memesan paket Trip Budaya Yogyakarta 3 (tiga) hari 2 (dua) (3H2M) ini, secara khusus, kami akan membawa Anda untuk menghadiri festival perayaan Topo Bisu Mubeng Beteng di Keraton Yogyakarta. Perayaan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 10-11 September 2018. Tentang Festival Topo Bisu Mubeng....

Mari bersama kami, Jotu Indonesia, menikmati kekayaan budaya Yogyakarta dan keindahan alamnya. Dengan memesan paket Trip Budaya Yogyakarta 3 (tiga) hari 2 (dua) (3H2M) ini, secara khusus, kami akan membawa Anda untuk menghadiri festival perayaan Topo Bisu Mubeng Beteng di Keraton Yogyakarta. Perayaan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 10-11 September 2018.

Tentang Festival Topo Bisu Mubeng Beteng | Trip Budaya Yogyakarta

Festival Topo Bisu Mubeng Beteng merupakan sebuah ritual perayaan tahun baru berdasarkan penanggalan Jawa. Sistem penanggalan (kalender) tersebut diciptakan oleh Sultan Agung, Raja Agung di  Jawa pada abad ke-17. Beliau menciptakan sistem kalender dengan menggabungkan sistem kalender Islam dan Hindu. Komunitas lokal tetap menggunakan kalender ini untuk membantu mereka menentukan tanggal “baik” untuk acara budaya dan keagamaan khusus.

Kegiatan Perayaan Topo Bisu Mubeng Beteng

“Topo” berarti berdoa dan “Bisu” berarti diam tanpa sepatah kata pun. “Mubeng”, di sisi lain, berarti berjalan di sekitar benteng pertahanan Keraton Yogyakarta. Oleh karena itu, “Topo Bisu Mubeng Beteng” berarti cara bersembahyang yang dilakukan dengan nurani tanpa ada kata yang diucapkan selama proses sembahyang tersebut. Saat prosesi, orang harus berjalan sekitar 4km di atas kawasan Keraton. Prosesi ini dilakukan untuk menunjukkan kemurnian mereka dalam bersembahyang.

Awalnya, ritual Topo Bisu Mubeng Beteng ini dumulai oleh para abdi dalem Keraton. Kemudian, masyarakat lokalnya melihat dan mengapresiasi perayaan ini sebagai sesuatu yang indah yang dapat memberikan nilai lebih dalam kebudayaan Keraton Yogyakarta. Karenanya, mereka pun mulai ikut melaksanakan ritual tersebut. Oleh karena dukungan yang tinggi dari masyarakat lokal terhadap perayaan ini, Kementerian  Pariwisata dan Budaya Indonesia, pada tahun 2015, menetapkan ritual (perayaan) ini sebagai bagian dari Kekayaan Budaya Nusantara.

Itinerary Trip Budaya Yogyakarta

Melalui Trip Budaya Yogyakarta ini, selain mengikuti dan menikmati festival budaya Topo Bisu Mubeng Beteng, Anda juga aka mengunjungi objek-objek wisata budaya lainnya seperti Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Selain itu, kami juga akan membawa Anda menikmati indahnya pantai Parangtritis, dan menjelajahi keindahan kawasan Gunung Merapi.

Hari – 1 | Trip Budaya Yogyakarta

09:00  – 24:00 (WIB)

Kami akan menjemput Anda di bandara, stasiun kereta, atau hotel yang ada di Yogyakarta dan langsung mengantar Anda menuju Candi Prambanan. Anda dapat menikmati kemegahan Candi yang menceritakan kekayaan budaya Hindu.

Dari Candi Prambanan, kami akan mengantar Anda menikmati makan siang di salah satu restoran lokal sebelum mengunjungi Candi Plaosan. Anda akan diantar menggunakan Andong hingga tiba di pelataran Candi. Nikmati pengalaman berwisata dengan Andong ini hingga pukul 16:00 WIB.

Setelah berwisata dengan Andong dan menikmati keagungan Candi Plaosan,  kami akan mengantar Anda kembali ke hotel sehingga Anda dapat beristirahat untuk persiapan menghadiri perayaan Topo Bisu Mubeng Beteng pada tengah malam.

Sekitar pukul 20:00 WIB, kami akan menjemput Anda kembali dari Hotel dan mengantar Anda untuk makan malam. Setelah itu, kita akan menuju ke lokasi perayaan Topo Bisu Mubeng Beteng.

 

Hari – 2 | Trip Budaya Yogyakarta

00:00 – 20:30 (WIB)

Perayaan Topo Bisu Mubeng Beteng sendiri, dimulai tepat pukul 00:00, yang menandakan  pergantian tahun pada kalender Jawa. Perayaan ini berlangsung selama 2 (dua) jam di Keraton Yogyakarta. Setelah itu, kami akan mengantar Anda kembali ke hotel untuk beristirahat.

Sekitar pukul 09:00 pagi, kami akan menjemput Anda di hotel. Kami akan membawa Anda untuk menikmati wisata bersepeda mengunjungi desa wisata dan tempat pembuatan kerajinan tangan. Setelah itu, kita akan menikmati makan siang di salah satu restoran lokal sebelum melanjutkan tour untuk mengunjungi Kota Gede. Di sini Anda dapat melihat keagungan Masjid pertama di Yogyakarta. Dari Kota Gede, kami akan membawa Anda menuju pantai Parangtritis untuk menikmati keindahan matahari terbenam.

 

Hari – 3 | Trip Budaya Yogyakarta

04:00 – 15:00 (WIB)

Di hari terakhir Trip Budaya Yogyakarta, kami akan mengajak Anda untuk menikmati keindahan matahari terbit di Bukit Setumbu dengan Candi Borobudur sebagai latarnya. Untuk menikmati pengalaman ini, kami berharap Anda telah siap pada pukul 04:00 dini hari untuk penjemputan. Dari Bukit Setumbu, kami akan membawa Anda menjelajahi kawasan Gunung Merapi dengan menggunakan Jeep. Kunjungan ke tempat ini, sekaligus menjadi aktivitas terakhir dari Trip Budaya Yogyakarta sebelum kita menikmati makan siang dan kami mengantar Anda kembali ke hotel, bandara, atau stasiun kereta.

Peninapan

Mohon diperhatikan, harga yang kami tawarkan hanyalah untuk kegiatan tour nya saja. Apabila Anda ingin memesan penginapan dan/atau tiket penerbangan, silakan hubungi admin YoExplore untuk tambahan layanan ini.

Tambahan Informasi:

Itinerary dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan jadwal festival yang dikoordinir oleh panitia setempat.

Max. Booking Hours
2 hari 0 jam di muka
Waktu Mulai Aktivitas
08:30
Kebijakan pembatalan
1 hari 0 jam di muka
Jika Anda membatalkan paling lambat 1 hari 0 jam di muka, Anda akan mendapat pengembalian sebesar 50%. Namun, bila Anda membatalkannya kurang dari 1 hari 0 jam sebelum pelaksanaan aktivitas yang Anda pesan, Anda tidak akan mendapatkan pengembalian.
What's Included
  • Jeep
  • Air Mineral
  • Breakfast
  • Entrance Fee
  • Full-day Car
  • Parking Fee
  • Tour Guide
What's Excluded
  • Hotel
  • Perlengkapan pribadi
Participants Per Booking
Child: Maksimum 1
Adult: Minimum 2, Maksimum 6
Participants Age
Adult: from 7 until 65 years old
Child: from 1 until 6 years old
Layanan privat
Available for minimum 2 people
Voucher Type
Voucher cetak atau voucher elektronik

Jotu Indonesia

Dikelola oleh Ahmad Sapari
Verified merchant
Jotu travel designs epic trips for people who will be traveling in Indonesia. Started by friends who shared about their experience traveling in Indonesia. Today, Jotu travel continues to seek out and explore the hottest new travel destination. We offer some tour packages program, visit Yogyakarta, Bali, Bromo, Karimun Jawa Island, Ijen crater and also we have a Cycling Village Tour who will give new experience stories to share. So join our boat and explore Indonesia with us. We always strive to provide the best & exciting experience for ... read more

Lokasi

Nearby Airport
Adisucipto International Airport (Adisutjipto Airport)
Experience Location
Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Meeting Point
  1. Adi Sutjipto International Airport
    Airport Adi Sutjipto (JOG), Jl. Raya Solo KM.9, Maguwoharjo, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
  2. Hotel in Yogyakarta City
    Yogyakarta City, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
  3. Train Station Yogyakarta
    Jogjakarta, Sosromenduran, Kota Yogyakarta, Jawa Barat, Indonesia

Review

There is no review yet.