0

Tour Budaya Yogyakarta – 4 Hari – Upacara Grebeg Besar

Not Available
Not Available

Tour Budaya Yogyakarta – 4 Hari – Upacara Grebeg Besar

Culture Yogyakarta
4 hari
  • Menghadiri Upacara Grebeg Besar
  • Mengunjungi Candi Prambanan
  • Mengunjungi Candi Plaosan
  • Menikmati Malioboro
  • Menikmati permainan tradisional Masangin
What You'll Do
Pesan Tour Budaya Yogyakarta 4 (empat) hari untuk menikmati keindahan budaya Yogyakarta. Anda akan menghadiri pelaksanaan upacara Grebeg Besar serta mengunjungi beberapa obyek wisata lainnya. Tentang Upacara Grebeg Besar | Tour Budaya Yogyakarta Sri Sultan, Raja Kesultantan Yogyakarta mengadakan acara keagamaan Grebeg 3 kali setahun berdasarkan kalender Jawa. Acara ini bertujuan untuk menyembah Tuhan atas....

Pesan Tour Budaya Yogyakarta 4 (empat) hari untuk menikmati keindahan budaya Yogyakarta. Anda akan menghadiri pelaksanaan upacara Grebeg Besar serta mengunjungi beberapa obyek wisata lainnya.

Tentang Upacara Grebeg Besar | Tour Budaya Yogyakarta

Sri Sultan, Raja Kesultantan Yogyakarta mengadakan acara keagamaan Grebeg 3 kali setahun berdasarkan kalender Jawa. Acara ini bertujuan untuk menyembah Tuhan atas berkah yang diberikan-Nya kepada Keraton dan masyarakat Yogyakarta. Setiap tanggal pelaksanaan Grebeg tersebut diadakan bersamaan dengan tanggal perayaan berikut:

Perayaan hari kelahiran Nabi Muhammad S.A.W ( disebut “Grebeg Maulud”)
Perayaan hari raya Idul Fitri (disebut “Grebeg Syawal”), dan
Perayaan hari raya Idul Adha (disebut “Grebeg Besar”).

Donasi Sultan di Upacara Grebeg

Setiap kali Sri Sultan menggelar acara Grebeg, ia akan selalu membagikan sumbangan produk pertanian seperti buah dan sayur. Orang-orang menyebutnya sebagai “Gunungan” karena produknya disusun menyerupai bentuk gunung.

Sebelum melakukan pendistribusian, dengan berjalan kaki, para pelayan Keraton akan membawa Gunungan menuju Masjid Agung Yogyakarta. Prajurit Keraton akan mengiringi perjalanan yang didampingi oleh kelompok musisi tradisional yang akan membawa dan memainkan musik tradisional.

Di Masjid, pemimpin agama akan memimpin sholat untuk bersyukur kepada Tuhan dan mengharapkan keselamatan dan perlindungan-Nya bagi Keraton dan masyarakat Yogyakarta. Setelah shalat, orang-orang yang menghadiri acara ini bisa membawa Gunungan dan membawanya pulang. Karena jumlah Gunungan mungkin terbatas, orang akan berusaha keras untuk mendapatkan Gunungan karena mereka percaya bahwa membawanya pulang akan membawa mereka berkah seperti kemakmuran dan kesehatan.

Upacara Grebeg Besar sesuai kalender Islam / Jawa akan diadakan setiap tanggal 10 bulan Dhu al-Hijjah pada tanggal yang sama dimana umat Islam akan merayakan Idul Adha. Pada tahun ini, upacara akan berlangsung pada tanggal 22 Agustus 2018.

Itinerary Tour Budaya Yogyakarta

Hari – 1 | Yogyakarta Heritage Trip
08:00 – 17:30 (WIB)

Kita akan memulai Tour Budaya Yogyakarta dari titik pertemuan. Kami akan menjemput Anda di salah satu titik pertemuan yang Anda pilih: bandara, hotel, atau stasiun kereta, yang terdapat di kota Yogyakarta.

Dari titik pertemuan tersebut, kita akan mengunjungi Candi Prambanan dan Candi Plaosan. Setelah itu, kita akan mampir ke restoran lokal untuk menikmati makan siang sebelum mengunjungi Malioboro, ikon kota Yogyakarta. Tour hari pertama ini diperkirakan berakhir pada pukul 17:00. Kami akan mengantara Anda ke hotel untuk acara bebas Anda.

Hari – 2 | Yogyakarta Heritage Trip
07:00 – 19:30 (WIB)

Mohon Anda sudah siap pada pukul 07:00 pagi untuk penjemputan guna menyaksikan Upacara Grebeg Besar, yang diselenggarakan di Keraton Yogyakarta. Setelah menghadiri upacara ini, kami akan membawa Anda menikmati makan siang di salah satu restoran lokal sebelum kita berkunjung ke Candi Borobudur. Setelah mengunjungi tempat ini, kami akan mengantar Anda kembali ke hotel. Dalam perjalanan, kita akan mampir di salah satu restoran lokal untuk menikmati makan malam.

Hari – 3 | Tour Budaya Yogyakarta
08:00 – 10:00 (WIB)

Di hari ketiga Tour Budaya Yogyakarta ini, Anda akan mengikuti tour bersepeda yang akan membawa Anda melewati persawahan di pedesaan. Melalui tour ini pula, Anda akan mampir ke bengkel kerajinan tangan lokal.

Setelah menikmati tour dengan bersepeda, kami akan membawa Anda mengunjungi Kota Gede, Mesjid pertama di Yogyakarta, dan dilanjutkan dengan mengunjungi pasar tradisional Yogyakarta.

Setelah menikmati makan siang di salah satu restoran lokal, kami akan membawa Anda mengunjungi tempat pembuatan batik tulis dan cap. Di sini, Anda dapat menyaksikan proses pembuatan batik bahkan memcoba membatik di atas gambar pola yang disediakan. Setelah itu, kita akan mengunjungi kastil Taman Sari dan Mesjid bawah tanah.

Setelah menikmati ragam jenis kegiatan sightseeing tersebut di atas, Anda dapat mencoba permainan tradisional Masangin di Alun-alun. Di permainan ini, Anda akan masuk di antara dua pohon beringin besar. Dari Alun-alun, kita akan mampir di restoran lokal untuk menikmati makan malam sebelum mengantar Anda kembali ke hotel.

Hari – 4 | Tour Budaya Yogyakarta
04:00 – 05:00 (WIB)

Untuk tour hari keempat ini, kami mengharapkan Anda telah siap pada pukul 04:00 pagi untuk penjemputan. Kami akan membawa Anda ke bukit Mangunan sehingga Anda dapat menikmati indahnya matahari terbit dari atas bukit. Setelah itu, Anda dapat menikmati sarapan dengan memesan hidangan lokal di sekitar kawasan bukit tersebut.

Setelah menikmati keindahan matahari terbit di bukit Mangunan, kami akan membawa Anda ke area Lava Tour Merapi. Pemandu lokal setempat akan membawa Anda menjelajahi tempat-tempat yang pernah terkena dampak erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan jeep. Setelah menyelesaikan tour ini, kami akan membawa Anda menuju restoran lokal untuk makan siang sebelum mengantar Anda ke hotel, stasiun kereta, atau bandara.
Catatan:

Itienrary dapat berubah sewaktu-waktu. Diskusikan bersama kami untuk kebutuhan wisata Anda yang lebih personal. Kami mengharapkan Anda akan menyukai tour ini. Sampai jumpa di Yogyakarta!

Max. Booking Hours
2 hari 0 jam di muka
Waktu Mulai Aktivitas
08:30
Kebijakan pembatalan
1 hari 0 jam di muka
Jika Anda membatalkan paling lambat 1 hari 0 jam di muka, Anda akan mendapat pengembalian sebesar 50%. Namun, bila Anda membatalkannya kurang dari 1 hari 0 jam sebelum pelaksanaan aktivitas yang Anda pesan, Anda tidak akan mendapatkan pengembalian.
What's Included
  • Jeep
  • Air Mineral
  • Entrance Fee
  • Full-day Car
  • Parking Fee
  • Tour Guide
What's Excluded
  • Hotel
  • Perlengkapan pribadi
Participants Per Booking
Child: Maksimum 1
Adult: Minimum 2, Maksimum 6
Participants Age
Adult: from 6 until 65 years old
Child: from 4 until 5 years old
Voucher Type
Voucher cetak atau voucher elektronik

Jotu Indonesia

Dikelola oleh Ahmad Sapari
Verified merchant
Jotu travel designs epic trips for people who will be traveling in Indonesia. Started by friends who shared about their experience traveling in Indonesia. Today, Jotu travel continues to seek out and explore the hottest new travel destination. We offer some tour packages program, visit Yogyakarta, Bali, Bromo, Karimun Jawa Island, Ijen crater and also we have a Cycling Village Tour who will give new experience stories to share. So join our boat and explore Indonesia with us. We always strive to provide the best & exciting experience for ... read more

Lokasi

Nearby Airport
Adisucipto International Airport (Adisutjipto Airport)
Experience Location
Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Meeting Point
  1. Adi Sutjipto International Airport
    Airport Adi Sutjipto (JOG), Jl. Raya Solo KM.9, Maguwoharjo, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
  2. Hotel in Yogyakarta City
    Yogyakarta City, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
  3. Train Station, Yogyakarta
    Jogjakarta, Sosromenduran, Kota Yogyakarta, Jawa Barat, Indonesia

Review

There is no review yet.