Aceh

Sudah Pernah Dengar Soal Aceh Tenggara? Ternyata Tempat Wisatanya Gak Kalah Keren!

wisata aceh tenggara - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

YOEXPLORE, Tour Operator – Sahabat explorer, pandemi memang masih ada, namun seperti yang kita ketahui, sekarang PSBB sudah melonggar dan kita juga sudah memasuki tahap kenormalan baru. Artinya, kemungkinan besar pariwisata sudah bisa berjalan lagi namun dengan protokol baru yang ditetapkan oleh pemerintah. Jika kamu memang sudah merasa yakin untuk keluar rumah dan traveling, maka kamu bisa coba mengunjungi tempat wisata Aceh Tenggara. Sekarang, sudah ada airport di Kutacane dan juga Alas Lauser Airport yang juga tidak jauh dengan Kutacane (Aceh Tenggara). Perjalananya sudah mudah, Sahabat explorer, jangan lewatkan kesempatan ini, ya!

Wisata Aceh Tenggara

Pesona keindahan alam di Aceh Tenggara masih belum banyak diketahui oleh orang. Maka dari itu, wisata alamnya masih sangat alami dan juga jauh dari keramaian. Cocok sekali bagi kamu sekeluarga yang ingin liburan dan mencari ketenangan yang jauh dari keramaian kota. Mulai dari tempat wisata yang tersembunyi, kuliner, budaya hingga spot-spot foto terbaik bisa kamu temukan di sini. Akses jalan untuk wisata Aceh Tenggara ini juga sudah gencar dibangun, Sahabat explorer. Dengan demikian, kamu bisa dengan nyaman pergi ke tempat-tempat wisata yang berada di wilayah Aceh Tenggara ini. Bagi kamu yang pergi ke sana tanpa mengikuti paket tour, maka tentunya akan membutuhkan panduan tempat wisata. Maka dari itu, kamu bisa langsung simak rekomendasi wisata Aceh Tenggara berikut ini!

Baca Juga: Pecinta Sejarah? Ke Aceh Udah Pernah Belom?



1. Air Terjun Gulo

wisata aceh tenggara - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idYang pertama kamu bisa mengunjungi Air Terjun Gulo. Jika bosan kalau ke tempat kolam renang di Aceh Tenggara, maka kamu dan keluarga bisa mengunjungi kolam renang alam yang satu ini, Sahabat explorer. Namanya adalah Air Terjun Gulo yang baru saja ditemukan pada tahun 2017 silam. Wisata air terjun yang satu ini merupakan yang terdekat dari Kutacane yang berlokasi di Kute Gulo, Darul Hasanah. 

Keindahan pemandangan dan juga kesejukan di sekitar air terjun ini pasti akan membuat kamu takjub, Sahabat explorer. Kalau sedang berkunjung ke Kutacane, rasanya sayang apabila tidak mengunjungi tempat yang satu ini. 

2. Ketambe

wisata aceh tenggara - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: steemit

Wisata Aceh Tenggara yang selanjutnya adalah Ketambe. Mungkin, akan sulit jika memilih untuk mengunjungi Bukit Lawang di Sumatera Utara atau Ketambe ini, dua-duanya sama-sama fenomenal! Menawarkan keindahan alam liar tapi menenangkan. Cocok sekali bagi kamu yang memang suka dengan wisata alam ini, Sahabat explorer

Ketambe ini merupakan wisata internasional di Aceh Tenggara. Sepanjang tahun 2019, sudah ada ratusan turis yang memulai ekspidisi petualangan di sini sebelum berpindah ke destinasi yang lainnya. Ketambe juga sudah memiliki fasilitas yang memadai. Mulai dari adanya tour guide, akomodasi seperti homestay juga sudah banyak tersedia. Dengan demikian kamu tidak perlu repot untuk memikirkan di mana kamu akan bermalam saat sedang mengeksplorasi keindahan alam yang satu ini. Dijamin seru deh, Sahabat explorer!

Karena pemandangan alamnya yang sangat bagus, jangan lupa untuk foto-foto, ya! Setelah itu, fotonya jangan lupa tag akun Instagram YoExplore agar di repost!



3. Bukit Cinta

wisata aceh tenggara - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idKatakan cinta ya paling pas di Bukit Cinta! Namun, kali ini berada di Kutacane, Aceh Tenggara, Sahabat explorer. Pemandangannya sangat menakjubkan. Kamu bisa lihat birunya langit tanpa polusi, hijau pepohonan dan juga aliran sungai yang menenangkan. Cocok sekali untuk bersantai sambil ngopi! Kamu juga bisa berkemping, loh di Bukit Cinta ini. Tentunya akan menjadi pengalaman yang sangat menarik, Sahabat explorer. Lokasinya juga tidak jauh dari Kutacane, hanya 0,5 kilometer saja. Tepatnya berada di Desa Mbarung. Hanya setengah kilometer dari pusat kota saja kamu sudah bisa menemukan pemandangan yang seperti ini. Dijamin tidak menyesal deh berkunjung ke Aceh Tenggara!

4. Arung Jeram Agara

wisata aceh tenggara - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idYang selanjutnya adalah Arung Jeram Agara. Wisata Aceh Tenggara yang satu ini sama sekali tidak boleh dilewatkan, Sahabat explorer! Rafting ini merupakan salah satu destinasi wisata utama di Aceh Tenggara. Riwayat arung jeram yang satu ini sudah berjalan bertahun-tahun, bahkan sebelum Gayo Lues memisahkan diri dari Kabupaten itu. 

Agar mendongkrak pariwisata, Disbudpar Aceh Tenggara rutin untuk mengadakan acara yang bertajuk arung jeram. Tidak jarang pula diikutsertakan dalam rangkaian event GAMIfest Tanah Gayo. Salah satu lokasinya adalah Sungai Alas yang merupakan salah satu sungai terpanjang dan terderas. Sungai Alas ini melewati beberapa Kabupaten di Aceh sebelum bermuara ke ujung Samudera Hindia. Banyak satwa liar yang bisa kamu lihat selama ‘perjalanan’ rafting. Selain itu di beberapa titik juga ada jeram dan tonjolan yang dahsyat yang membuat para rafter tertantang, Sahabat explorer!

5. Pantai Goyang

wisata aceh tenggara - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idYang selanjutnya adalah Pantai Goyang. Kamu jangan kira ini adalah wisata bahari di Aceh Tenggara, ya, ini hanya namanya saja, seperti yang diketahui kalau wilayah Aceh Tenggara ini mostly daratan, Sahabat explorer. 

Pantai Goyang merupakan taman wisata di Agara yang dibuat oleh Pemkab sebagai tempat untuk rekreasi keluarga. Asal nama ‘goyang’ ini bermula dari riuh pepohonan yang sering terdengar sampai ke telinga. Lokasinya berada di Desa Mamas tepatnya, Sahabat explorer. Kalau liburan bersama keluarga jangan lupa untuk menghampiri tempat yang satu ini, ya!

6. Air Panas Lawe Gerger

wisata aceh tenggara - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idWisata Aceh Tenggara yang selanjutnya adalah air panas Lawe gerger. Namun, ini bukanlah satu-satunya tempat pemandian belerang di Aceh Tenggara. Namun, bisa dibilang tempat inilah yang paling populer dibandingkan yang lainnya. Lokasinya berada di Gampong Jongar, Ketambe. Ketika sampai di sana, kamu sudah bisa melihat uap yang membumbung. 

Butuh waktu sekitar 20 menit dari Ibukota Kabupaten untuk sampai ke tempat ini. Infonya, sekarang tempat ini sudah direnovasi lagi, sehingga makin menarik perhatian para pengunjung. Katanya, air belerang yang mengaliri ini berasal dari pegunungan. Wah, pasti akan terasa sangat alami ya, Sahabat explorer! Tunggu apa lagi? Langsung berangkat ke Aceh Tenggara!

Sahabat explorer, itulah beberapa tempat wisata Aceh Tenggara yang bisa kami rekomendasikan. Semoga bermanfaat untuk kamu semua, ya! Jangan lupa untuk mematuhi protokol kesehatan yang dicanangkan pemerintah untuk memutus penyebaran Covid-19. Stay safe adn have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments