Korea

Suka Sejarah? Coba Kunjungi Tempat Bersejarah di Korea Selatan Ini

sejarah korea selatan - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

YOEXPLORE, Tour Operator – Sahabat explorer, siapa sih yang tidak tahu soal Korea Selatan? Mungkin banyak juga dari kamu yang sudah menjadi fans Drakor atau boyband dan girlband Korea. Baik lagu atau filmnya, keduanya memang sama-sama menarik untuk ditonton ya, Sahabat explorer. Apa film atau musisi favorit Korea kamu? Boleh jawab di kolom komentar, ya! Berbicara mengenai Korea Selatan dengan dunia entertaint-nya, membuat sebagian orang berpikir bagaimana sih Sejarah Korea Selatan? Apakah ada tempat-tempat peninggalannya yang dijadikan sebagai objek wisata? Tentu ada, Sahabat explorer. Sejarah dari negri ginseng ini juga tidak kalah menarik. loh, dibandingkan dengan sejarah negara lainnya. 

Tempat Wisata Sejarah Korea Selatan

Hampir seluruh negara memiliki sejarahnya masing-masing, tidak terkecuali Korea Selatan. Bagi kamu yang sedang ‘demam Korea’ sudah pasti mengidamkan untuk berkunjung ke sini ya, Sahabat explorer. Jika memang kamu sudah ada rencana untuk ke sana, maka kamu juga bisa mengunjungi beberapa tempat sejarah Korea Selatan yang akan kami bahas berikut ini. Seperti biasa, jangan lupa untuk foto dan tag ke Instagram YoExplore, ya! Langsung disimak, Sahabat explorer!

Baca Juga: Bingung Cara Urus Visa ke Korea? Simak Ulasannya Ya!



1. Hallasan National Park

sejarah korea selatan - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idYang pertama adalah Hallasan National Park. Hallasan National Park adalah salah satu tempat wisata sejarah Korea Selatan yang wajib kamu datangi ketika berlibur ke negara yang satu ini. Ini merupakan taman nasional yang juga menjadi landmark Pulau Jeju dan telah terdaftar sebagai warisan dunia UNESCO. Hallasan National Park berada di ketinggian kurang lebih 1950 meter, dan dihiasi oleh beberapa gunung dan juga banyak bukit vulkanik yang berada di sekelilingnya. Yang menjadi daya tarik dari tempat ini adalah ekosistem vertikal tanaman yang tumbuh dari hasil perbedaan suhu di sepanjang lereng gunung. 

Banyak orang yang meyakini jika terdapat lebih dari 1.800 jenis tumbuhan dan juga 4.000 jenis hewan yang hidup di kawasan Hallasan National Park ini. Jika kamu ingin sampai ke puncak, kamu bisa melalui satu trek dari lima trek pendakian yang telah disiapkan pihak pengelola taman nasional ini. Pemandangannya dijamin sangat luar biasa, Sahabat explorer! Pasti kamu puas deh berlama-lama di tempat ini. 

2. Changgyeonggung

sejarah korea selatan - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idYang selanjutnya adalah Changgyeonggung. Tempat ini merupakan istana pada masa pemerintahan Dinasti Joseon. Istana yang satu ini dibangun di tempat yang dekat dengan Istana Changdeok. Istana yang satu ini memiliki luas yang lebih kecil jika dibandingkan dengan istana-istana lain yang ada di wilayah Korea Selatan. Sebagian besar area istana ini terbuka, Sahabat explorer. Mulai dari area tanaman hijau, pepohonan dan juga berbagai macam kolam. Pasti kamu bisa mendapatkan spot foto yang keren deh di tempat ini!



3. Haedong Yonggungsa

sejarah korea selatan - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idTempat wisata yang selanjutnya adalah Haedong Yonggungsa. Tempat yang satu ini adalah destinasi wisata sejarah korea selatan yang wajib kamu kunjungi. Kenapa? Hal ini dikarenakan bangunan suci yang satu ini memiliki cerita sejarah yang sangat berharga bagi penduduk Korea Selatan. Kuil yang terletak di wilayah Busan ini sampai sekarang masih digunakan oleh masyarakat lokal sana untuk beribadah. 

Haedong Yonggungsa terletak di pinggir tebing yang lebih menjorok ke arah laut. Dengan demikian, kamu juga bisa menikmati keindahan deburan ombak dan angin laut yang sepoi-sepoi. Biar bisa mirip dengan adegan film di Drakor! Setuju gak, Sahabat explorer? Jangan lupa nanti fotonya di tag, ya!

4. Korean Folk Village

sejarah korea selatan - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idYang selanjutnya adalah Korean Folk Village. Dari namanya saja, pasti kamu sudah bisa membayangkan bagaimana suasana pedesaan di desa yang satu ini ya, Sahabat explorer. Namun, ini bukanlah desa sungguhan, melainkan ini adalah taman buatan yang sering dijadikan lokasi syuting film Korea yang berlatarkan sejarah Korea Selatan. Ketika kamu memasuki lokasi Korean Folk Village, kamu akan merasakan nuansa klasik dan seketika seperti dibawa mundur ke zaman dinasti Joseon yang pernah memerintah Korea dari tahun 1392 sampai 1897. 

Bangunan kuno yang berada di Korean Folk Village merupakan daya tarik utama dari destinasi wisata yang satu ini. Kamu dapat melihat replika rumah, pengadilan, penjara, sampai gazebo yang sering digunakan oleh para bangsawan untuk menghabiskan hari bersama teman. Semua replika ini dibuat semirip mungkin dengan bentuk dan juga ukuran aslinya. Wah, sudah jelas menjadi spot foto yang keren banget, Sahabat explorer!

5. Gyeongbokgung

sejarah korea selatan - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idYang tidak kalah menarik selanjutnya adalah Gyeongbokgung. Gyeongbokgung adalah sebuah istana yang digunakan untuk tempat tinggal utama bagi keluarga kerajaan selama pemerintahan dinasti Joseon. Istana yang satu ini juga memiliki makna sebagai tempat raja baru menikmati kemakmuran dan juga berkat yang melimpah. Gyeongbokgung adalah  istana pertama yang dibangun selama dinasti Joseon memerintah Korea pada zaman tersebut. 

Istana yang satu ini sangat unik karena wilayahnya yang sangat luas dan juga bangunannya yang tampak harmonis. Selain itu Gyeongbokgung merupakan satu-satunya istana yang masih memiliki gerbang utama hingga saat ini. Wah kayaknya bagus banget ya, Sahabat explorer. Kamu jangan lupa untuk mengunjungi tempat yang ini juga, ya!

6. Bukchon Hanok Village

sejarah korea selatan - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idYang selanjutnya adalah Bukchon Hanok Village. Tempat yang satu ini seakan tidak pernah lelah untuk ‘memamerkan’ kecantikan dan keindahannya, Sahabat explorer. Tempatnya di dominasi dengan bangunan tradisional Korea. Bukchon Hanok Village ini merupakan tempat tinggal kerabat kerajaan. Maka tidak heran apabila tempat yang satu ini dibangun dengan sangat megah. 

Ketika kamu mengunjungi komplek pedesaan ini, jangan lupa untuk menyewa pakaian tradisional Korea yang disebut dengan Hanbok agar perjalanan kamu lebih lengkap dan dapat merasakan sensasi hidup seperti di masa kerajaan Korea. Wah, pasti akan terlihat cantik dan ganteng banget deh kamu semua!

Sahabat explorer, itulah beberapa destinasi wisata sejarah Korea Selatan yang bisa kami bagikan kepada kamu. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk mentaati peraturan kenormalan baru ini agar dapat mencegah penularan Covid-19. Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments