Pusat Bantuan - Jadilah Merchant

Daftar Menjadi Merchant

Tentukan Harga Sendiri

Sistem Poin dan Reward

Untuk menikmati fasilitas tambahan seperti subsidi biaya pelatihan dan sertifikasi.



Jaminan Pembayaran

Melalui rekening bersama (ESCROW) dan tamu membayar 100% di depan. Sistem ESCROW memungkinkan kami mengelola pembayaran dari Explorers untuk nantinya diteruskan kepada Merchant. Proses pembayaran dari rekening bersama ke rekening Merchant akan dilakukan 48 jam setelah aktivitas diberikan kepada Explorer yang pembayarannya dilakukan menggunakan mata uang rupiah. (lihat Syarat dan Ketentuan)



Gratis Biaya Pendaftaran

Tidak ada biaya awal maupun bulanan, hanya komisi 15% untuk pemesanan yang berhasil.



Pelatihan dan Pendampingan



Optimisasi Biaya Operasi

Dilakukan secara bersamaan oleh YoExplore, komunitas Yo!Merchant dan komunitas Associate Partner.

    Nikmati sistem poin dan reward Yo!Merchant
  • Menjadi bagian dalam komunitas Yo!Merchant akan memberikan kesempatan kepada Anda mendapatkan layanan lebih yang kami sediakan seperti pelatihan, konsultasi dan dukungan pemasaran.
  • Semakin banyak Anda mendapatkan point Yo!Merchant semakin banyak tambahan layanan yang Anda nikmati seperti subsidi biaya pelatihan, slot iklan di sistem YoExplore, perangkat lunas gratis untuk membantu mengelola usaha, subsidi biaya sertifikasi pelaku usaha, dan sebagainya.
    Tingkatan Merchant( Dievaluasi per tiga bulan )
  1. Reward tidak dibayarkan dalam bentuk uang tunai. Melainkan, diberikan dalam bentuk tambahan layanan yang disediakan YoExplore untuk mendukung pengembangan bisnis para Merchant, contohnya melalui subsidi biaya pelatihan atau seminar yang diselenggarakan oleh YoExplore, subsidi biaya sertifikasi pekerja wisata, slot promosi iklan pada sistem YoExplore.
  2. Score Merchant akan dihitung secara otomatis pada tanggal terakhir setiap bulannya, untuk menentukan tingkatan Merchant.
  3. Score Merchant akan diakumulasikan per tiga bulanan. Tingkatan baru Merchant ditentukan berdasarkan evaluasi tiga bulanan. Tingkatan Merchant dapat saja dinaikkan atau diturunkan berdasarkan hasil evaluasi tersebut.
  4. Reward yang diberikan harus segera digunakan dalam waktu 3 (tiga) bulan, setelah tingkatan terkini diinformasikan kepada Merchant. Reward tidak dapat diakumulasikan.
  5. Untuk mempertahankan tingkatan Merchant, Merchant diwajibkan mencapai score minimum yang diperlukan saat proses evaluasi tiga bulanan.

Tingkatan Merchant ( Dievaluasi per tiga bulan )



Tingkatan Merchant ditentukan berdasarkan Score Merchant sebagaimana dijelaskan oleh data ini. ( Gambar di sebelah kiri )




Score Merchant akan ditambahkan apabila:

Penigkatan nilai transaksi bulanan. Score +1 untuk setiap IDR 1.000.000 nilai transaksi.

Rata-rata rating yang diberikan oleh Explorer, dihitung untuk semua aktivitas yang dibeli di bulan berjalan transaksi bulanan.




Score Merchant dapat dikurangi apabila Merchant:

Membatalkan Pemesanan yang telah dikonfirmasi dan dibayar oleh Explorer.

Tidak memberi tanggapan atas pemesanan “on-request” dalam waktu 48 jam sejak permohonan pemesanan dikirimkan oleh tamu (Explorer).







Keluhan yang disampaikan oleh Explorer melalui Sistem Penanganan Keluhan yang kami sediakan.







Tidak memberi tanggapan atas permohonan “Personalizing the Offer” (personalisasi aktivitas) dalam waktu 24 jam.





  • Tingkatan level akan dievaluasi berdasarkan total score hasil evaluasi 3 (tiga) bulanan.
    • Sebagai contoh:
    • Putu Asih mendaftar sebagai Merchant individu pada tanggal 1 Juni 2016. Pada tanggal 30 Juni 2016, total transaksi yang ia bukukan melalui YoExplore adalah IDR 3.000.000. Dia mendapatkan Score +3. Rata-rata rating yang dia peroleh untuk seluruh aktivitas yang terbeli di bulan ini adalah 4, maka ia mendapatkan tambahan score +4.
    • Pada tanggal 31 Juli 2016, total transaksi yang ia dapatkan ( 1 Juli - 31 Juli 2016) adalah IDR 10.000.000, ia mendapatkan score +10. Rata-rata rating yang dia peroleh untuk seluruh aktivitas yang terbeli di bulan ini adalah 4, maka ia mendapatkan tambahan score +4.
    • Pada tanggal 31 Agustus 2016, total transaksi yang ia dapatkan ( 1 Agustus - 31 Agustus 2016) adalah IDR 20.000.000, dia mendapatkan score +20. Rata-rata rating yang dia peroleh untuk seluruh aktivitas yang terbeli di bulan ini adalah 3, maka ia mendapatkan tambahan score +3.
    • Total score pada tanggal 31 Agustus ( 1 Juni - 31 Agustus 2016): 44. Pada tanggal ini, Putu Asih berhasil mendapt tingkatan Merchant Silver dan mendapat reward IDR 300.000. Reward ini wajib ditukar dalam jangka waktu 3 (tiga) bulan ( 1 September 2016 - 1 November 2016).
    • Pada tanggal 30 September 2016, total transaksi yang ia dapatkan ( 1 September 2016 - 30 September 2016) adalah IDR 5.000.000, dia mendaptkan score +5. Rata-rata rating yang dia peroleh untuk seluruh akrivitas yang terbeli di bulan ini adalah 4, maka ia mendaptkan tambahan score +4.
    • Pada tanggal 31 Oktober 2016, total transaksi yang ia dapatkan ( 1 Oktober 2016 - 31 Oktober 2016) adalah IDR 30.000.000, dia mendaptkan score +30. Rata-rata rating yang dia peroleh untuk seluruh aktivitas yang terbeli di bulan ini adalah 5, maka ia mendapatkan tambahan score+5.
    • Pada tanggal 30 November 2016, total transaksi yang ia dapatkan ( 1 November 2016 - 30 November 2016) adalah IDR 50.000.000, dia mendapatkan score +50. Rata-rata rating yang dia peroleh untuk seluruh aktivitas yang terbeli di bulan ini adalah 3, maka ia mendapatkan tambahan score+3.
    • Total Score pada tanggal 30 November 2016 ( 1 September - 30 November 2016): 97. Per tanggal ini, tingkatan Putu Asih adalah Diamond Merchant, untuk itu dia mendaptkan reward IDR 1.000.000, yang wajib ditukar dalam waktu 3 (tiga) bulan ( 1 Desember 2016 - 1 Februari 2017).
    • Pada tanggal 31 Desember 2016, total transaksi yang ia dapatkan ( 1 Desember 2016 - 31 Desember 2016) adalah IDR 3.000.000, dia mendaptkan score +3. Rata-rata yang dia peroleh untuk seluruh aktivitas yang terbeli di bulan ini adalah 5, maka ia mendapatkan tambahan score +5
    • Pada tanggal 31 Januari 2017, total transaksi yang ia dapatkan ( 1 Januari - 31 Januari 2017) adalah IDR 2.000.000, ia mendaptkan score +2. Rata-rata rating yang dia peroleh untuk seluruh aktivitas yang terbeli di bulan ini adalah 4, maka ia mendaptkan tambahan score +4.
    • Pada tanggal 28 Februari 2017, total transaksi yang ia dapatkan ( 1 Februari 2017 - 28 Februari 2017) adalah IDR 5.000.000, dia mendapatkan score +5. Rata-rata rating yang dia peroleh untuk seluruh aktivitas yang terbeli di bulan ini adalah 5, maka ia mendaptkan tambahan score +5.
    • Total score per tanggal 28 Februari 2017 ( 1 Desember 2016 - 28 Februari 2017): 19. Tingkatan Merchant

    Dengan demikian tingkatan merchant di turunkan menjadi Bronze.





    Daftar Sebagai Pengguna



    Atur Profil Pribadi



    Atur Profil Bisnis



    Tawarkan Aktivitas



    Terima Pesanan.
    Berikan Aktivitas ke Explorers.
    Terima Pembayaran dari YoExplore.



    1. Buka www.yoexplore.co.id/merchant

    2. Klik "Signup"

    3. Merchant dapat mendaftar dengan dua cara:

    a. Lengkapi form (disamping):

    • Langkah-1, lengkapi field first name, last name, email address, password, re-type password.
    • Langkah-2, klik "Terms & Conditions" dan "Privacy Policy".
      Mohon di baca dan di pahami.
      Bagian ini adalah dokumen Perjanjian Kerjasama YoExplore dan pengguna Sistem . Dengan Anda mengklik tombol "Register", telah mengkonfirmasi kami bahwa Anda telah memehami "Terms & Conditions" dan "Privacy Policy".
    • Langkah-3, klik kotak "I am not a robot/Saya bukan robot".
    • Langkah-4, klik register.
    • Langkah-5, buka inbox email Anda dan klik tautan dari YoExplore, "Click here to verify" untuk verifikasi. Apabila Anda tidak menemukan email verifikasi dari yoxplor.id, mohon cek folder spam Anda. Bila Email yoexplore masuk ke folder spam, mohon cek folder pindahkan email tersebut ke folder inbox. Caranya: klik kanan email dan klik "not spam" atau "bukan spam". Setelah dipindahkan ke inbox, klik tautan yang diberikan.
    • Langkah-6, kini Anda dapat login menggunakan username dan kata sandi Anda. Anda akan diarahkan masuk ke halaman User Dsahboard. Klik kembali "Become a Local Merchant" di menu top bar, Anda diarahkan masuk ke halaman Merchant Application

    b. Daftar sebagai user dengan klik salah satu akun media sosial:

    • Langkah-1, klik salah satu akun media sosial yang sesuai dengan ID media sosial Anda, tunggu prosesnya sampai Anda masuk kembali ke halaman User Dashboard, untuk mengatur profil pribadi.

    1. Klik Edit

  • Silahkan melengkapi data pribadi yang diperlukan pada tab "Personal Data", "Social Media", dan "Profile Picture".
  • Tab "Password" dapat dipergunakan bila Anda ingin mengganti kata sandi Anda.
  • Setelah selesai mengatur Profil Pribadi Anda, klik "Save & Update".

  • 2. Klik "Become a Local Merchant". Anda akan diarahkan masuk ke Merchant Application, untuk mengatur Profil Bisnis.



    Halaman Merchant Application, lengkapi field-field yang terdapat pada tab Business, Payment, Branding, dan Social:

    a. Tab-Business

  • Langkah-1, field Category of Business, klik salah satu kategori bisnis Anda. Klik "Individu" apabila bisnis Anda adalah bisnis perorangan. Klok "Business Entity" apabila bisnis Anda berbentuk Badan Hukum.
  • Langkah-2, field Business Name, cantumkan nama bisnis Anda di field Business Name
  • Langkah-3, field Description, beri deskripsi tentang bisnis Anda, bergerak di bidang apa, kapan berdirinya, misinya apa, dsb, sekreatif mungkin.
  • Langkah-4, field Business Website, bila ada, tuliskan alamat website bisnis Anda
  • Langkah-5, field Business Phone, wajib tuliskan nomor telpon yang dipergunakan untuk keperluan bisnis.
  • Langkah-6, field Business Country, secara default sistem telah mengunci bahwa negara tempat lokasi bisnis ada di Indonesia
  • Langkah-7, field Business Address, tuliskan alamat bisnis Anda atau tempat tinggal Anda, apabila kantor bisnis sama dengan alamat rumah.
  • Langkah-8, field City, tuliskan kota lokasi kantor bisnis Anda.
  • Langkah-9, field State/Country, pilih (dari daftar) nama provinsi lokasi kantor bisnis Anda.
  • Langkah-10, field Postcode, ZIP, tuliskan kode psot alamat kantor bisnis Anda.
  • Langkah-11, field Upload Document for Verification, unggah dokumen untuk verifikasi. Mohon dokumen dimampatkan dalam folder Zip:
    • Bila bisnis individu, cukup mengunggah scan KTP (wajib) dan NPWP (bila ada).
    • Bila badan hukum, unggah lisensi badan usaha, surat keterangan salinan dokumen, surat penunjukan perwakilan perusahaan untuk bermitra dengan YoExplore.


    Lengkapi field-field yang terdapat pada tab Business, Payment, Branding , dan Social

    b. Tab-Payment

  • Langkah-1: field Paypal Address, tuliskan alamat akun Paypal Anda bila Anda menginginkan pembayaran dari YoExplore diterima melalui akun Paypal.
  • Langkah-2: field Bank Account, wajib untuk Merchant Indonesia, tuliskan rincian rekening bank Anda, bila Anda menginginkan pembayaran dari YoExplore diterima melalui rekening Bank.
  • c. Tab-Branding

  • Langkah-1: field Business Banner, bila ada, unggah banner bisnis.
  • Langkah-2: field Business Logo, bila ada, unggah logo bisnis.
  • Klik "Apply Now"

    (Anda akna diarahkan ke halaman "Add Offer" untuk mulai mengunggah aktivitas wisata yang Anda tawarkan.)

    Tab General:

  • Langkah-1, field Offer Title, tuliskan judul aktivitas wisata
  • Langkah-2, field Highlight Offers, tuliskan aktivitas utama. Setelah menuliskan satu kalimat, klik "add". Anda dapat menambahkan lebih dari satu kalimat.
  • field Description, berikan penjelasan rinci tentang aktivitas yang ditawarkan.
    • Contoh
    • Sudah berapa lama Anda memasarkan aktivitas tersebut.
    • Norma-norma yang perlu diperhatikan oleh Traveler saat menjalani aktivitas yang ditawarkan tersebut.
    • Kondisi infrastruktur menuju lokasi.
    • Ketersediaan air bersih.
    • Kondisi toilet.
    • Dsb.


  • Langkah-3, field Category, pilih salah satu dari 4 kategori aktivitas: Petualangan (Adventure), Kuliner (Dining), Fun & Evenet, dan Tour.
  • Langkah-5, field Subcategories, pilih sub kategori. Setiap satu kategori bisa memiliki banyak sub kategori. Misalnya kategori Petualangan, memiliki sub kategori: Extreme Sport Hiking, River and Lake Sport, dsb.
  • Langkah-6, field Tags, tuliskan kata-kata kunci untuk membantu pencarian di mesin pencari. Anda bisa menuliskan lebih dari satu kata kunci.


  • Langkah-7, field Booking Requirements, klik salah satu jenis pemesanan untuk aktivitas yang Anda tawarkan:
    • Instant Booking, bila Anda mengizinkan Tamu memesan tanpa menunggu konfirmasi dari Anda. Memilih feature ini akan meningkatkan potensi pemesanan atas aktivitas yang Anda tawarkan. Namun, mohon diperhatikan apabila Anda membatalkan pemesanan tamu Anda, maka Anda akan mendaptkan pengurangan score Merhcant(-5) dan denda 15%.
    • On-request, bila Anda perlu mengkonfirmasi pemesanan oleh tamu Anda. Anda memiliki waktu 48 jam untuk mengkonfirmasi. Mohon diperhatikan, kelalaian mengkonfirmasi dalam waktu 48 jam dapat mengurangi score Merchant Anda(-5).
  • Langkah-8, field "Are you the local guide for this offer?", klik bila Anda yang akan menjadi pemandu wisata untuk aktivitas ini atau Anda yang akan menyampaikan aktivitas tersebut langsung ke tamu Anda. Pertanyaan ini hanya muncul untuk bisnis jenis "Individu".
  • Langkah-9, field "Do you have special license to offer this experience", klik bila Anda memiliki lisensi untuk menawarkan aktivitas tersebut. Anda akan diminta untuk mengunggah dokumen lisensi yang diperlukan.
  • Langkah-10, Klik Next.
  • Tab-Location, pada bagian ini Anda diminta memberikan informasi tentang lokasi aktivitas yang Anda tawarkan. Apabila ada beberapa lokasi dalam satu aktivitas, sebutkan lokasi aktivitas pertama.

  • Langkah-1, field Country, secara default sudah terkunci dengan nama "Indonesia".
  • Langkah-2, field Province, klik daftar propinsi untuk memilih yang menggambarkan lokasi aktivitas atau lokasi titik pertemuan untuk memulai aktivitas.
  • Langkah-3, field City, tulis kota, tempat aktivitas yang Anda tawarkan, atau kota tempat titik pertemuan sebelum keberangkatan untuk menikmati aktivitas yang ditawarkan.
  • Langkah-4, field Address, tuliskan alamat lengkap lokasi aktivitas atau titik pertemuan memulai aktivitas.
  • Langkah-5, field Peta, Anda dapat mengatur pin lokasi dan memindahkannya untuk membantu penentuan lokasi tempat aktivitas berlangsung atau lokasi pertemuan untuk memulai aktivitas.
  • Langkah-6, field Nearest Major Airport, klik dan pilih bandara terdekat dengan lokasi aktivitas atau lokasi pertemuan untuk memulai aktivitas.
  • Langkah-7, Klik Next.
  • Tab-Media:

  • Langkah-1, field Add Feature Image, unggah foto yang akan menjadi foto utama dari aktivitas yang ditawarkan.
  • Langkah-2, field Gallery, unggah foto-foto yang akan menjadi foto galeri dari aktivitas yang ditawarkan. Anda dapat mengunggah foto satu per satu atau sekalian banyak. Untuk tampilan aktivitas yang menarik, mohon unggah minimal 5 (lima) foto.
  • Langkah-2, field Gallery, unggah foto-foto yang akan menjadi foto galeri dari aktivitas yang ditawarkan. Anda dapat mengunggah foto satu per satu atau sekalian banyak. Untuk tampilan aktivitas yang menarik, mohon unggah minimal 5 (lima) foto.
  • Langkah-3, Klik Next.
  • Tab-Inclusion & Exclusion

  • Langkah-1, dibawah tulisan "inclusion", field "Pick some fro the list", klik dan pilih fasilitas yang akan didapat oleh tamu Anda dan sudah termasuk dalam biaya aktivitas yang Anda tawarkan. Anda dapat memilih lebih dari 1 (satu) fasilitas.
  • Langkah-2, field "Other Inclusions", bila ada, Anda dapat menambahkan fasilitas lain yang didapat tamu dan sudah termasuk dalam biaya aktivitas yang Anda tawarkan, apabila fasilitas tersebut belum tercantum di daftar "Pick some from the list".
  • Langkah-3, field "Do you offer inclusive accommodation?", klik "Yes" jika Anda memberikan fasilitas akomodasi sebagai bagian dari paket aktivitas yang ditawarkan. Bila Anda klik "Yes", lanjutkan ke Langkah-4. Bila tidak, lanjutkan ke Langkah-5.
  • Langkah-4, field "+Add Accommodation", KLIK "+Add Accommodation", dan tambahkan jenis akomodasi yang Anda akan berikan:
    • Klik "Day" untuk menunjukkan hari ke berapa
    • Klik "Type of accommodation" untuk menunjukkan jenis akomodasi.
    • Klik "Minimum Rating" untuk menunjukkan rating dari akomodasi yang Anda berikan
    • Berikan pernjelasan lebih lanjut tentang akomodasi tersebut dengan melengkapi kotak "Description".
    • Anda dapat klik "+Add Accommodation" beberapa kali, dan menghapusnya dengan klik tombol("-").


  • Langkah-5, field "+Add language", klik "+Add Language" untuk melengkapi jenis pelayanan dalam bahasa apa saja yang Anda sediakan pada saat pelaksanaan aktivitas.
    • Klik kotak dropdown list dibawah tulisan "Language" untuk memilih jenis bahasa.
    • Di bawah tulisan "Type of Communication", klik satu atau lebih kotak yang mewakili bentuk komunikasinya:
      • Conversation, bila ada pemandu wisata yang menyampaikan informasi secara verbal, menggunakan bahasa pengantar yang dipilih.
      • Audio(Listening), bila informasi disampaikan dalam bentuk rekaman suara menggunakan bahasa pengantar yang dipilih.
      • Written, bila informasi disampaikan dalam bentuk tulisan, menggunakan bahasa pengantar yang dipilih.


  • Langkah-6, field "Do you offer inclusive hotel/pick-up and drop-off?", klik "Yes" jika Anda menawarkan fasilitas penjemputan dan pengantaran ke hotel/bandara sebagai bagian dari paket aktivitas yang Anda tawarkan, tanpa ada biaya tambahan dan lanjutkan ke Langkah-7. Bila Anda tidak menawarkan fasilitas penjemputan/pengantaran, lanjut ke Langkah-10.
  • Langkah-7, field "Picking up coverage area", tuliskan wilayah/area yang dapat dijangkau untuk tambahan fasilitas penjemputan/pengantaran. Apabila tamu berada diluar dari jangkauan penjemputan/pengantaran, Anda dapat mendiskusikan ke tamu tentang kemungkinan adanya biaya tambahan tersebut. Diskusi nantinya dapat dilakukan melalui Sistem Layanan Pesan yang disediakan Sistem YoExplore. (untuk melihat, klik icon profile di pojok kanan atas menu bar, dan klik "Inbox").
  • Langkah-8, field "Time to pickup guests", tuliskan jam berapa Anda akan menjemput tamu Anda. Format 00:00.
  • Langkah-9, field "Additional info for guests", tuliskan tambahan informasi, bila diperlukan. Misalnya: "please wait at the lobby", meminta tamu Anda menunggu di Lobby -Hotel. Lanjutkan ke Langkah-10.


  • Langkah-10, di bawah tulisan "Exclusion", field "Pick some from the list", klik dan pilih fasilitas-fasilitas yang tidak termasuk di dalam biaya paket aktivitas yang Anda tawarkan. Artinya, tamu perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk mendapatkan fasilitas-fasilitas tersebut. Anda dapat memilih lebih dari satu fasilitas.
  • Langkah-11, field "Other Exclusions", bila ada, tulis fasilitas-fasilitas yang tidak termasuk di dalam biaya paket aktivitas yang Anda tawarkan, apabila fasilitas tersebut tidak tercantum pada daftar "Pick some from the list".
  • Langkah-12, Klik "Next".
  • Tab-Duration:

  • Langkah-1, field Duration dan Hours, tuliskan berapa lama pelaksanaan aktivitas. Contohnya 0 (nil) day(s), 4 hours. Berarti, aktivitas dilaksanakan selama 4 jam saja.
  • Langkah-2, field Available Starting Time, klik ketersediaan waktu untuk memulai pelaksanaan aktivitas yang Anda tawarkan. Anda dapat memilih lebih dari satu waktu.
  • Langkah-3, field Create Itinerary, klik bila Anda akan menyampaikan informasi itinerary dari aktivitas yang Anda tawarkan. Bila tidak, lanjut ke Langkah-4.
  • Langkah-4, field "+Add Itinerary Item", klik untuk menambah itinerary:
    • Klik "Day" untuk menunjukkan hari ke berapa.
    • Klik "Activity" untuk aktivitas ke berapa dalam hari "Day" tersebut.
    • Klik "Activities Description" untuk menjelaskan deskripsi dari aktivitas ke berapa yang dilakukan pada "Day" (hari ke-) yang dipilih.
    • Anda dapat klik "+Add Itinerary Item" beberapa kali, dan menghapusnya dengan klik tombol ("-").
  • Langkah-5, Klik "Next".
  • Tab-Availability & Pricing, pada bagian ini Anda diminta mengatur harga dari aktivitas yang Anda tawarkan:

  • Langkah-1, field Pricing Type, pilih jenis penentuan harga yang akan Anda gunakan untuk aktivitas yang ditawarkan. Klik "Per Person", bila penentuan harganya berdasarkan jumlah orang yang akan menikmati aktivitas tersebut, dan lanjut ke Langkah-3.
    Klik "Per Unit", bila penentuan harganya berdasarkan unit barang untuk keperluan aktivitas, mis. per bike (per sepeda), per car (per mobil), dsb, dan lanjut ke Langkah-22.
  • Langkah-2, field Available Days, secara default, sistem akan mengklik semua hari dalam satu minggu. Apabila terdapt hari-hari, dimana Anda tidak ingin menawarkan aktivitas, silahkan klik hari-hari untuk ketidaktersediaan aktivitas tersebut. Saat Andda klik, kotak yang semula berisi tanda "(centang)" akan menjadi "(kosong)".
  • Langkah-3, field Apply Available Days, klik tombol ini untuk memperbaharui data.


  • Langkah-4, field "Do you offer private service ?", klik “Yes” apabila Anda menawarkan layanan privat untuk tamu. Artinya pada saat pelaksanaan Aktivitas, Anda memberikan pelayanan khusus kepada tamu yang memesan layanan ini tanpa menyertakan tamu lainnya; lanjut ke Langkah-5. Bila kotak “Yes” tidak diklik, lanjut ke Langkah-6.
  • Langkah-5, field "Number of people required to get private service", tuliskan (dalam angka), jumlah orang paling sedikit diperlukan, supaya tamu yang memesan bisa menikmati layanan privat tersebut.
  • Langkah-6, di bawah tulisan "Min Number of People per Voucher", Anda diminta menuliskan orang paling sedikit diperlukan untuk dapat membeli 1 voucher Aktivitas yang Anda tawarkan. Cukup dituliskan angkanya saja. Tuliskan jumlah minimal anak-anak untuk field Child, dan jumlah minimal orang dewasa difield Adult. Jumlah minimal bisa dimulai dari angka 0 (nol).
  • Langkah-7, di bawah tulisan "Max Number of People per Voucher", serupa dengan Langkah-7, hanya saja, kali ini, yang dituliskan adalah jumlah maksimal anak-anak untuk field Child dan jumlah maksimal dewasa untuk field Adult.
  • Langkah-8, di bawah tulisan "Min Age", tuliskan usia minimal anak-anak di field Child, dan usia minimal orang dewasa di field Adult.
  • Langkah-9, di bawah tulisan "Max Age", tuliskan usia maksimal anak-anak di field Child, dan usia maksimal orang dewasa field Adult.


  • Langkah-10, field Minumum booking hours in advance, tuliskan waktu selambat-lambatnya bagi tamu untuk dapat memesan Aktivitas yang Anda (“Maximum Booking Hours in Advance”).
  • Langkah-11, field Cancelation policy, tuliskan waktu selambat-lambatnya untuk tamu masih bisa membatalkan pemesanan yang telah ia bayarkan.
  • Contoh:

    • Bila Anda mencantumkan angka 24, itu berarti tamu masih bisa membatalkan pemesananyang telah ia bayarkan, 24 jam sebelum Aktivitas dilaksanakan.
    • Apabila tamu membatalkan sebelum atau dalam jangka waktu “Cancelation Policy” sebagaimana yang Anda cantumkan, Anda akan mendapatkan 35% dari harga yang telah dibayarkan oleh tamu.
    • Apabila tamu baru membatalkan setelah melewati batas “Cancelation Policy”, Anda akan mendapatkan 85% dari harga yang dibayarkan oleh tamu.
  • Langkah-12, field Voucher Info, pilih Jenis Voucher yang dapat Anda terima.
    • Apabila Anda memilih “Paper Only”, tamu harus mencetak Voucher untuk ditunjukkan kepada Anda pada saat pelaksanaan Aktivitas.
    • Apabila Anda memilih “E-Voucer”, tamu dapat mencetak voucher atau menunjukkan voucher elektronik yang tersimpan di smartphone mereka.
    • Kami menyarankan Anda memilih “E-Voucher”.


  • Langkah-13, pengaturan harga dan ketersediaan voucher pada kalendar Aktivitas.
  • Klik dua kali (“double-click”) pada salah satu tanggal yang akan diberi pengaturan harga. Contoh: klik tanggal 17 Mei (dalam lingkaran kuning).

    • Setelah Anda mengklik dua kali, akan muncul sisi sebelah kanan tempat pengaturan harga.
    • Ada 3 (tiga) tombol utama, “Submit”, “Reset”, dan “Close”.
    • Tombol “Submit” diklik apabila Anda telah melengkapi field-field yang terdapat di bawah ketiga tombol tersebut.
    • Tombol “Reset” diklik apabila Anda akan menghapus data pada seluruh field yang terdapat di bawah ketiga tombol tersebut.
    • Tombol “Close” diklik untuk menutup form pengaturan harga. Untuk membukanya kembali, Anda perlu melakukan double-click pada salah satu tanggal di Kalendar.Tepat di bawah ketiga tombol, Anda akan melihat field Start Date dan End Date. Field-field ini terkunci oleh sistem yang pengaturannya hanya bisa dilakukan dengan mengklik pada kalendar.

    Apabila Anda menginginkan pengisian harga untuk beberapa tanggal yang berurutan, setelah mengklik dua kali pada salah satu tanggal di kalendar, yang menjadi Start Date, Anda perlu mengklik sekali lagi tanggal tersebut dan menggeser mouse Anda sampai ke tanggal akhir yang Anda inginkan, yang akan menjadi End Date.



  • Langkah-14, di bawah tulisan Set Status and Price, field Status, klik drop-down list Status, dan pilih salah satu dari tiga jenis status:
    • “Available”, apabila Aktivitas tersedia pada tanggal-tanggal tersebut;
    • “Booked”, apabilla Aktivitas telah dipesan pada tanggal-tanggal tersebut; atau
    • “Unavailable”, apabila Aktivitas tidak tersedia pada tanggal-tanggal tersebut.
  • Langkah-15, field Regular Price Rp, tuliskan harga regular untuk Aktivitas pada tanggal-tanggal yang dipilih.
  • Langkah-16, field Promo Price Rp, (bila Anda inginkan), tuliskan harga promosi untuk Aktivitas yang Anda tawarkan.
  • Langkah-17, field Number of Voucher(s) Available for the Dates, tuliskan jumlah voucher yang Anda sediakan untuk pemesanan melalui YoExplore pada tanggal-tanggal yang telah Anda atur sebelumnya.
  • Langkah-18, field Set Price for child Aged, Anda dapat mengatur harga khusus untuk anak-anak pada field ini. Bila harganya sama dengan harga dewasa, field dapat dikosongkan.


  • Langkah-19, field Set discount for #people, Anda dapat mengatur bagian ini bila Anda ingin memberikan potongan harga untuk jumlah tamu per voucher yang melebihi jumlah minimum tamu yang dipersyaratkan.
    • Klik “Set Price”, pada field Number of People. Akan muncul terlebih dahulu harga per orang (dewasa dan anak-anak) untuk jumlah minimum tamu per voucher.
    • Klik “Set Price” beberapa kali, sampai field price () people tidak bertambah lagi, menunjukan batas maksimal jumlah tamu. Silakan atur potongan harganya, bila diinginkan.
  • Langkah-20, klik "Submit".
  • Langkah-21, apabila semua pengaturan telah sesuai dengan keinginan Anda, klik “Publish”. Data yang Anda unggah, akan kami verifikasi. Apabila telah sesuai dengan ketentuan YoExplore, data tersebut akan kami publikasikan untuk siap di promosikan.
  • Apabila Anda masih ingin melihat kembali data pada form “Submit Penawaran Anda”, Anda sebaiknya mengklik “Save Draft” untuk menyimpan pekerjaan Anda.

    Selamat Anda telah Menyelesaikan Mengunggah Aktivitas Anda. Untuk Menambahkan Penawaran Aktivitas Baru, Klik “Add Offer” pada Tab “Offer”.



  • Langkah-22, pengaturan diperlukan apabila pada Langkah-1, Anda memilih jenis penetapan harga per unit.. Field Available Days, secara default, sistem akan mengklik semua hari dalam satu minggu. Apablia terdapat hari-hari, dimana Anda tidak ingin menawarkan aktivitas, silahkan klik hari-hari untuk ketidaktersediaan aktivitas tersebut. Saat Anda klik, kotak yang semula berisi tanda "(centang)" akan menjadi "(kosong)".
  • Langkah-23, field Apply Available Days klik tombol ini untuk memperbaharui data.
  • Langkah-24, di bawah booking, field Pick a unit type from the list, pilih tipe satuan unit yang Anda gunakan. Anda dapat memilih salah satu diantara tipe berikut: per car, per bike, per helicopter, per jetski, per boat atau per pacakage.
  • Langkah-25, field Write your own unit type, Bila tipe unit yang Anda inginkan tidak terdapat pada Langkah-25, silakan membuat tipe unit sendiri dengan menggunakan kata pertama “per…”.


  • Langkah-26, field Max Number of Unit Type per Booking, tuliskan Jumlah unit maksimum per voucher (dalam angka) – sesuaikan dengan kapasitas kesanggupan Anda. Misalnya dalam 1 voucher maksimal hanya boleh menyewa 5 sepeda,maka Anda cukup menuliskan angka “5”.
  • Langkah-27, field Max number of People per Unit Type, Tuliskan Jumlah maksimal orang per tipe unit. Misalnya, bila maksimal 6 orang per mobil, maka Anda cukup menuliskan angka “6”.
  • Langkah-28, di bawah tulisan "Min Number of People per Voucher" Anda diminta menuliskan jumlah orang paling sedikit diperlukan untuk dapat membeli 1 voucher Aktivitas yang Anda tawarkan. Cukup dituliskan angkanya saja. Tuliskan jumlah minimal anak-anak untuk field Child, dan jumlah minimal orang dewasa difield Adult. Jumlah minimal bisa dimulai dari angka 0 (nol).
  • Langkah-29, di bawah tulisan "Max Number of People per Voucher", serupa dengan Langkah-29, hanya saja, kali ini, yang dituliskan adalah jumlah maksimal anak-anak untuk field Child dan jumlah maksimal dewasa untuk field Adult.
  • Langkah-30, di bawah tulisan "Min Age", tuliskan usia minimal anak-anak di field Child, dan usia minimal orang dewasa di field Adult.
  • Langkah-31, di bawah tulisan "Max Age", tuliskan usia maksimal anak-anak di field Child, dan usia maksimal orang dewasa field Adult.


  • Langkah-32, field Minimum hours in advance, tuliskan waktu selambat-lambatnya bagi tamu untuk dapat memesan Aktivitas yang Anda (“Maximum Booking Hours in Advance”).
  • Langkah-33, field Cancelation Policy, tuliskan waktu selambat-lambatnya untuk tamu masih bisa membatalkan pemesanan yang telah ia bayarkan.
  • Contoh:

    • Bila Anda mencantumkan angka 24, itu berarti tamu masih bisa membatalkan pemesanan yang telah ia bayarkan, 24 jam sebelum Aktivitas dilaksanakan.
    • Apabila tamu membatalkan sebelum atau dalam jangka waktu “Cancelation Policy” sebagaimana yang Anda cantumkan, Anda akan mendapatkan 35% dari harga yang telah dibayarkan oleh tamu.
    • Apabila tamu baru membatalkan setelah melewati batas “Cancelation Policy”, Anda akan mendapatkan 85% dari harga yang dibayarkan oleh tamu.
  • Langkah-34, field Voucher Info, pilih Jenis Voucher yang dapat Anda terima.
    • Apabila Anda memilih “Paper Only”, tamu harus mencetak Voucher untuk ditunjukkan kepada Anda pada saat pelaksanaan Aktivitas.
    • Apabila Anda memilih “E-Voucer”, tamu dapat mencetak voucher atau menunjukkan voucher elektronik yang tersimpan di smartphone mereka.
    • Kami menyarankan Anda memilih “E-Voucher”.


  • Langkah-35, pengaturan harga dan ketersediaan voucher pada kalendar Aktivitas.
    Klik dua kali (“double-click”) pada salah satu tanggal yang akan diberi pengaturan harga. Contoh: klik tanggal 18 Mei (dalam lingkaran kuning).
    • Setelah Anda mengklik dua kali, akan muncul sisi sebelah kanan tempat pengaturan harga.
    • Ada 3 (tiga) tombol utama, “Submit”, “Reset”, dan “Close”.
    • Tombol “Submit” diklik apabila Anda telah melengkapi field-field yang terdapat di bawah ketiga tombol tersebut.
    • Tombol “Reset” diklik apabila Anda akan menghapus data pada seluruh field yang terdapat di bawah ketiga tombol tersebut.
    • Tombol “Close” diklik untuk menutup form pengaturan harga. Untuk membukanya kembali, Anda perlu melakukan double-click pada salah satu tanggal di Kalendar.
    • Tepat di bawah ketiga tombol, Anda akan melihat field Start Date dan End Date. Field-field ini terkunci oleh sistem yang pengaturannya hanya bisa dilakukan dengan mengklik pada kalendar.

    Apabila Anda menginginkan pengisian harga untuk beberapa tanggal yang berurutan, setelah mengklik dua kali pada salah satu tanggal di kalendar, yang menjadi Start Date, Anda perlu mengklik sekali lagi tanggal tersebut dan menggeser mouse Anda sampai ke tanggal akhir yang Anda inginkan, yang akan menjadi End Date.



  • Langkah-36, di bawah tulisan Set Status and Price, field Status, klik drop-down list Status, dan pilih salah satu dari tiga jenis status:
    • “Available”, apabila Aktivitas tersedia pada tanggal-tanggal tersebut;
    • “Booked”, apabilla Aktivitas telah dipesan pada tanggal-tanggal tersebut; atau
    • “Unavailable”, apabila Aktivitas tidak tersedia pada tanggal-tanggal tersebut.
  • Langkah-37, field Regular Price Rp, tuliskan harga regular untuk Aktivitas pada tanggal-tanggal yang dipilih.
  • Langkah-38, field Promo Price Rp, (bila Anda inginkan), tuliskan harga promosi untuk Aktivitas yang Anda tawarkan.
  • Langkah-39, field Number of Voucher(s) available for the dates, tuliskan jumlah voucher yang Anda sediakan untuk pemesanan melalui YoExplore pada tanggal-tanggal yang telah Anda atur sebelumnya.


  • Langkah-40, field Set discount for #(unit), Anda dapat mengatur bagian ini bila Anda ingin memberikan potongan harga untuk jumlah unit per voucher yang melebihi jumlah minimal unit yang dipersyaratkan per voucher.
    • Klik “Set Price”, pada field Number of (unit). Akan muncul terlebih dahulu harga per jumlah minimal (unit) per voucher.
    • Klik “Set Price” beberapa kali, sampai field price () unit tidak bertambah lagi, menunjukan batas maksimal jumlah unit per vocuher. Silakan atur potongan harganya, bila diinginkan.
  • Langkah-41, klik "Submit".

  • Langkah-42, apabila semua pengaturan telah sesuai dengan keinginan Anda, klik “Publish”. Data yang Anda unggah, akan kami verifikasi. Apabila telah sesuai dengan ketentuan YoExplore, data tersebut akan kami publikasikan untuk siap di promosikan.
    Apabila Anda masih ingin melihat kembali data pada form “Submit Penawaran Anda”, Anda sebaiknya mengklik “Save Draft” untuk menyimpan pekerjaan Anda.
  • Selamat Anda telah Menyelesaikan Mengunggah Aktivitas Anda. Untuk Menambahkan Penawaran Aktivitas Baru, Klik “Add Offer” pada Tab “Offer”.