Liburan Keluarga

5 Tempat Wisata di India Yang Recommended!

tempat wisata di india jodha akbar

YOEXPLORE.CO.ID – Para pecinta serial drama pasti tahu bahwa selain drakor alias drama Korea, ada juga drama Bollywood yang gak kalah seru. Sahabat explorer penikmat serial Bollywood harusnya tahu drama sejarah berjudul Jodha Akbar deh. Perjalanan cinta antara Raja Jalaluddin Mohammed Akbar atau Raja Akbar dengan Ratu Mariam-uz-Zamani atau Ratu Jodha berhasil memikat hati penonton. Kisah cinta berbeda keyakinan antara Ratu Jodha dengan Raja Akbar ini sendiri berlatar tempat di India. Tahukah kamu, sahabat explorer? Selain serial Bollywoodnya yang terkenal menguras air mata, India juga memiliki tempat – tempat wisata yang mampu menguras hati karena keindahannya! 

Ini dia 5 Tempat Wisata di India Yang Recommended:



Taj Mahal

Jika berbicara soal India, rasanya tidak jauh dari Taj Mahal. Monumen ini merupakan ikon wisata dari India. Dibangun atas dasar cinta, perjalanan cinta yang satu ini berbeda dengan kisah Jodha Akbar. Bangunan ini merupakan bentuk cinta dari Raja Shah Jahan atau Sultan Jehan untuk istrinya, Mumtaz Mahal. Istri ketiganya tersebut meninggal saat melahirkan anak ke-14. Untuk mengenang beliau, Raja Shah Jahan membangun kompleks bangunan bernama Taj Mahal. Dengan total waktu pembangunan kurang lebih 22 tahun, Taj Mahal berhasil dibangun dengan sangat indah. Dikerjakan oleh lebih dari 20.000 pekerja dan 1.000 gajah untuk membawa bahan bangunan, serta biaya mencapai lebih dari 6 triliun rupiah.

taj mahal destinasi india

sumber: travelade

Monumen cinta ini memiliki daya tarik yang luar biasa kaya. Dengan luas lahan 22,4 hektar, kamu dapat menikmati air mancur, makam, serta kolam memanjang yang menambah keindahan landscape dari Taj Mahal. Setiap hari Jumat, Taj Mahal juga digunakan sebagai tempat ibadah umat Islam. Namun uniknya, hanya penduduk kota Agra yang dapat melaksanakan salat di Taj Mahal.

Menjadi bagian dari 7 Keajaiban Dunia, Taj Mahal juga berada dibawah naungan UNESCO World Heritage Centre. Selain kekayaan sejarahnya, nilai arsitekturnya juga sangat indah. Taj Mahal mengusung konsep seni Persia dan Mughal awal. Terinspirasi dari Dinasti Timurid, kita dapat melihat arsitektur bumbung, kubah, dan menara dari marmer putih. Dalam bangunannya, terdapat kurang lebih 43 jenis batu, mulai dari permata, berlian, jed, kristal, topaz, sampai nilam. Sudah terbayang kan indahnya seperti apa?

Benteng Agra, Salah Satu Latar di Serial Jodha Akbar

Another situs warisan dunia dibawah naungan UNESCO, yaitu Benteng Agra. Dikenal juga sebagai Benteng Merah Agra, lokasinya sekitar 2.5 kilometer barat laut dari Taj Mahal. Monumen ini sendiri pernah muncul dalam salah satu episode serial Jodha Akbar. Benteng Agra atau dikenal oleh penduduk setempat sebagai Lal Qila, merupakan sebuah kota berdinding. Pada masanya, banyak kekayaan negara yang disimpan dalam benteng ini. Luas dari keseluruhan kompleks benteng ini mencapai 380.000 meter persegi. Konon katanya diperlukan lebih dari 4.000 pekerja dengan delapan tahun masa pengerjaan yang berat untuk menyelesaikan benteng ini.

Benteng Agra dijadikan sebagai kediaman utama para Kaisar Dinasti Mughal sampai tahun 1638. Beberapa penguasa Dinasti Mughal yang terkenal, seperti Babur, Humayun, Akbar, Jehangir, Shah Jahan, dan Aurangzeb pernah tinggal dan memerintah negara dari sini. 

benteng agra jodha akbar

sumber: taj mahal agra

Bangunan dengan tinggi 21 meter ini memiliki 4 gerbang di keempat sisinya. Dulu tercatat sebanyak 500 bangunan Mughal dengan design Bengal dan Gujarat berada di dalam benteng. Namun sampai saat ini, yang bertahan hanya sekitar 30 bangunan karena beberapa diantaranya telah dihancurkan oleh Shah Jahan. Shah Jahan, pendiri Taj Mahal, diketahui menyukai bahan marmer. Itulah mengapa beliau banyak menghancurkan bangunan asli dalam Benteng Agra dan digantikan dengan bangunan marmer kesukaannya. 

Benteng Agra merupakan salah satu situs yang sangat penting dalam hal sejarah dan arsitektur, khususnya Islam. Benteng ini pernah menjadi saksi kejayaan agama Islam di negara Hindustan ini. Selain itu, keindahan arsitekturnya pun sangat menarik perhatian. Batu bata yang disusun dengan apik berhasil merekat begitu erat walau tanpa plester antara bahan satu dan lainnya. Warna merah menyala yang dihasilkan oleh antara batu bata dan pasir merah terpadu dengan indah. Sepertinya akan asik banget ya berkunjung ke benteng yang satu ini, sahabat explorer! 

Kepulauan Andaman

Mungkin dalam serial Jodha Akbar tidak ada adegan dengan latar pulau, tapi wisata bahari di tempat ini sayang jika kamu lewatkan lho! Berlokasi di Teluk Benggala, Kepulauan Andaman dan Nikobar merupakan sebuah wilayah persatuan di India. Kepulauan Andaman merupakan kumpulan lebih dari 325 pulau cantik dengan berbagai bentuk dan ukuran. Di sini kamu dapat menjelajah gua-gua batu kapur sambil diving bersama ikan-ikan terumbu karang yang cantik. Ingin bermain wahana air? Kamu bisa naik speedboat atau jetski sambil menikmati wisata bahari yang mewah disini. Tidak lupa untuk makan malam dengan seafood segar, nikmat banget kan, sahabat explorer! 

kepulauan andaman

sumber: instagram (@neilbanjara)

Salah satu pulau yang menarik disini adalah Pulau Neil. Sahabat explorer tahu Pura Batu Bolong di Bali? Di Pulau Neil, ada salah satu spot yang menyerupai Pura Batu Bolong lho! Beberapa destinasi utama lainnya di kepulauan ini, adalah Pulau Baratang, Pulau Diglipur, Pulau Ross, Pulau Havelock, dan Port Blaire. 

Di Kepulauan Andaman, kamu dapat menikmati kegiatan island hopping yang memuaskan. Sahabat explorer mau coba ‘berjalan di atas air’ atau naik perahu beralas kaca? Semua bisa kamu lakukan di Kepulauan Andaman! Pecinta wisata bahari wajib banget deh berkunjung ke sini! 

Rajasthan

Pada salah satu episode di Jodha Akbar, terdapat adegan Raja Jalal mengorbankan dirinya untuk bertarung dengan harimau. Harimau India dikenal dengan nama Harimau Bengal atau Benggala. Apakah sahabat explorer ingat video viral sekelompok turis safari yang mobilnya dikejar harimau pada tahun 2019? Kejadian tersebut berlangsung di Taman Nasional Ranthambore, salah satu dari beberapa konservasi yang ada di Rajasthan. Negara bagian India yang dikenal sebagai Tanah Para Raja ini memiliki daya tarik wisata yang sangat beragam. Mulai dari wisata sejarah, arsitektur nan indah sampai wisata fauna. 

Salah satu tujuan wisata di negara bagian India ini ada Kota Jaipur yang terkenal sebagai Kota Kemenangan. Kota Jaipur juga dikenal sebagai Kota Pink karena Raja Sawai Ram Singh pernah memerintahkan untuk mengecat kota dengan warna merah muda dalam rangka menyambut Prince of Wales. Ada juga Kota Biru, yaitu Jodhpur. Kota Jodhpur terkenal akan bangunan-bangunannya yang didominasi warna biru muda. Sejarah awal dari pengecatan ini diawali oleh para Brahmana, yaitu orang yang dianggap menduduki kasta tertinggi di India. Para Brahmana mengecat rumah mereka dengan warna biru untuk menjaga perbedaan kelasnya. Namun lama kelamaan, tradisi ini diikuti oleh warga lain. Hingga saat ini, semua rumah di Jodhpur, terutama di Kota Tua Navchokiya, berwarna biru.

rajasthan india

sumber: traveller.com.au

Tidak lupa benteng-bentengnya yang indah nan megah, salah satunya adalah Benteng Amber atau Amer. Benteng ini juga merupakan istana yang memiliki bentuk menyerupai tembok raksasa di China. Ada juga Benteng Jaisalmer yang berusia lebih dari 800 tahun dengan daya tarik gurun pasir nan megah. Selain Benteng Jaisalmer dan Benteng Amber atau Amer, ada beberapa benteng lainnya yang merupakan bagian dari Bukit Benteng Rajasthan, yaitu serangkaian situs sejarah yang dimiliki India. Beberapa bagian yang dapat kamu temukan di benteng ini, adalah Benteng Chittorgarh, Benteng Kumbhalgarh, Benteng Ranthambore, dan Benteng Gagron. Yakin tidak mau ke Rajasthan, sahabat explorer? 

Fatehpur Sikri, Kota Kuno Yang Jadi Latar Syuting Jodha Akbar

Ini dia kota yang menjadi latar syuting dari serial Jodha Akbar. Fatehpur Sikri merupakan sebuah kota kuno dengan benteng yang megah. Kota kuno ini sendiri pernah menjadi ibu kota dari Kerajaan Mughal lho, sahabat explorer. Salah satu tujuan wisata terkenal di Fatehpur Sikri adalah Makam seorang sufi sakti bernama Hazrat Salim Chisti. Berawal ketika Raja Akbar datang ke Desa Sikri untuk menemui beliau yang tinggal di sebuah goa. Konon kataya, Raja Akbar berjalan tanpa alas kaki dari Benteng Agra ke Desa Sikri yang berjarak kurang lebih 40 kilometer.

Selama perjalanan, beliau berdoa untuk meminta keturunan kepada seorang sufi sakti yang terkenal memiliki kekuatan besar,  dikenal sebagai Sheikh Salim Chisti. Sufi Salim Chisti mengatakan bahwa Raja Akbar akan memiliki 3 orang putra. Pada tahun 1569, Ratu Jodha pun akhirnya melahirkan bayi laki-laki. Sebagai penghargaan terhadap Sufi tersebut, bayi laki-laki itu diberi nama Salim yang kelak menggantikan Raja Akbar. Raja Salim juga merupakan ayah dari Shah Jahan, yaitu sang pendiri Taj Mahal.

fatehpur sikri jodha akbar

sumber: traveltriangle

Dari segi arsitektur, kamu dapat langsung merasakan kemewahan dari Fatehpur Sikri. Salah satunya, adalah gerbang spektakuler setinggi 54 meter, bernama Buland Darwaza. Setelah melewati gerbang, maka akan terlihat bangunan marmer putih kecil dengan desain unik beratapkan bentuk kubah. Bangunan ini merupakan makam dari Sufi Salim yang dibangun pada tahun 1580. Di sini terdapat ritual mengikat benang merah 3 ikatan pada dinding layar marmer sambil berucap maksimal 3 keinginan. Penduduk setempat mempercayai bahwa keinginan tersebut akan terkabul.

Di Fatehpur Sikri, ada juga Masjid Jama atau Masjid Jumat dengan lebar 165 meter yang merupakan salah satu masjid terbesar di India. Memiliki 3 istri dengan 3 agama berbeda, yakni Islam, Hindu dan Kristen, terdapat 3 Mihrab di setiap 7 bagian dinding. Raja Akbar mendesain Masjid Jama dengan 3 unsur agama tersebut.

 

Pecinta Jodha Akbar Harus Coba ke 5 Tempat Wisata di India Yang Recommended Ini! Kira-kira, sahabat explorer mau kemana nih? Jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan ya! Gunakan masker dan sediakan hand sanitizer serta masker cadangan di tas. Hindari kebiasaan menyentuh wajah dan rajinlah mencuci tangan. Kita bisa kok menikmati traveling tanpa harus merasa terbebani dengan bayang – bayang COVID-19 asal selalu mematuhi protokol – protokol yang ada. Bagi para sahabat explorer yang sudah pernah traveling ke India, jangan lupa tulis pengalamanmu di kolom komentar ya!

 

Tentang penulis

Marisa

Marisa

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE, seorang hospitality enthusiast yang menyukai seni musik.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments