Gaya Hidup

Andai Terjadi Lockdown, Kegiatan Ini Bisa Mengisi Hari-Hari Kamu Di Rumah!

lockdown corona - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: disway

YOEXPLORE, Tour Operator – Sahabat explorer, Indonesia sedang dilanda dengan banyaknya saudara kita yang terjangkit dengan coronavirus atau Covid-19 ini. Jumlah orang yang terjangkit di Indonesia sudah bisa dibilang jumlah yang serius. Kira-kira bagaimana langkah pemerintah untuk mengantisipasi pencegahan dari Covid -19 ini? Atau mungkin akan ada penerapan Lockdown Corona di Indonesia? Semuanya memang mungkin saja, sahabat explorer. Mari kita doakan saja yang terbaik untuk negeri kita ini dan tetap mendukung dan membantu para staf  medis yang bertugas dengan mengikuti anjuran para ahli, pemerintah, dan juga WHO.

Lockdown Corona

Andaikan terjadi lockdown corona di Indonesia, kira-kira apa yang akan kamu lakukan, sahabat explorer? YoExplore mungkin bisa membantu kamu dengan memberikan beberapa rekomendasi hal yang bisa kamu lakukan andaikan terjadi lockdown tersebut. Kira-kira ada apa saja ya? Yuk, mari kita simak ulasannya!

Baca Juga: Coronavirus Sedang Mewabah, Jaga Imunitas Tubuh Kita!



1. Olahraga Bersama

Kesibukan kadang memang menjadi alasan kita untuk tidak berolahraga. Dengan WFH (work from home) kamu bisa mengajak anggota keluarga kamu untuk melakukan olahraga bersama setiap harinya selama masa karantina atau lockdown corona tersebut. Di dalam rumah, kamu bisa melakukan senam, yoga, atau sekedar pemanasan. Apabila kamu punya treadmill di rumah, tentunya akan sangat berguna sekali, sahabat explorer,di momen-momen seperti sekarang ini. Bermain kejar-kejaran bersama anak juga tentunya bisa membakar kalori, sahabat explorer! Hitung-hitung bermain sambil berolahraga juga. Jika kamu memiliki halaman rumah, maka kamu bisa melakukan kegiatan seperti bermain sepak bola, badminton, atau bermain basket. 

Jika kamu tetap ingin jogging atau lari? Usahakan pagi-pagi sekali sebelum banyak orang yang beraktivitas, sahabat explorer, walaupun kami tetap menyarankan kamu untuk #tetapdirumah selama wabah ini masih menjadi pandemi khususnya di Indonesia. Ingat, sahabat explorer, semua kegiatan olahraga sangat bermanfaat  untuk meningkatkan imunitas kamu! Hal ini tentu bagus untuk melawan virus-virus tersebut. 

2. Masak

Ajak anak dan anggota keluarga kamu untuk  ikut serta saat kamu mempersiapkan sarapan, makan siang, dan juga makan malam. Biarkan mereka membantu seperti menyiapkan bahan atau menyiapkan alat agar ada kegiatan lain. Untuk anak yang lebih besar, kamu boleh ajak dia untuk membantu memotong bahan makanan yang mudah sambil diawasi juga tentunya. Atau kamu ingin lebih menghabiskan waktu?  

Coba membuat resep baru bersama mereka, sahabat explorer. Membuat kue atau kreasi minuman, bahkan  membuat mie sendiri dari adonan dan tanpa MSG bisa menjadi pilihan. Tidak perlu khawatir rumah kotor, yang penting semua keluarga senang walaupun tidak keluar rumah, sahabat explorer!



3. Bersih-Bersih Rumah

Yang selanjutnya adalah bersih-bersih rumah. Selama ini, ibu biasanya identik dengan bebersih rumah. Namun kali ini, dengan anggota keluarga yang lengkap di rumah, ibu juga bisa melibatkan seluruh anggota keluarga untuk membantu. Selain bisa meningkatkan rasa memiliki dan juga mengurangi ketergantungan terhadap asisten rumah tangga, membersihkan rumah pada momen ini juga mampu mencegah penyebaran dari  Virus Corona itu sendiri, sahabat explorer.

Gunakan disinfektan  pada benda mati yang paling banyak terpapar kuman, kurangi barang yang tak lagi digunakan, dan juga rapikan tempat penyimpanan. Jadikan ini sebagai aktivitas rutin kamu, buat daftar ruangan yang perlu dibersihkan, dan juga buat jadwal beres-beres bersama. 

4. Mengeluarkan Hobi

Jika memang benar lockdown corona terjadi, ini merupakan momen di mana kamu dapat ‘bermain’ dengan hobi kamu di dalam rumah, sahabat explorer. Apabila kamu adalah orang yang suka dengan seni, maka tidak ada salahnya untuk coba lebih dalam lagi ilmu seni kamu tersebut. Misalkan saja kamu hobi bermain musik, maka kamu bisa bikin video cover, tutorial, atau mungkin live music di Instagram Stories kamu! Kemungkinan yang menonton banyak juga lebih besar disaat-saat seperti ini, sahabat explorer

5. Memilah Sampah

Dengan meningkatnya penggunaan dapur pada saat kamu berada di rumah, meningkat pula volume sampah yang ada di rumah kamu, sahabat explorer. Jika petugas sampah masih beroperasi sampai saat ini, maka kamu beruntung. Bagaimana jika suatu saat nanti petugas sampah pun juga harus ikut mengkarantina diri?  

Memilah sampah organik dan anorganik bisa menjadi solusinya, sahabat explorer. Sediakan 3 tempat sampah, untuk sampah kering yang bersih, sampah anorganik kotor, dan juga untuk sisa makanan (organik). Ajak seluruh anggota keluarga kamu untuk membuang sampah sesuai dengan kategorinya. Buat komposter agar dapat menampung sampah organik yang dengan pengolahan minimal setiap hari bisa menjadi sebuah pupuk kompos. Kamu bisa lihat cara-caranya di youtube, sahabat explorer. Sampah kering juga bisa disalurkan ke bank sampah. Dengan sampah yang terpisah, kamu tidak perlu khawatir sampah berbau jika tidak diambil segera oleh para petugas sampah. 

6. Membaca Buku

Kalau kegiatan yang satu ini memang sudah pasti banyak yang suka ya, sahabat explorer, baik sedang lockdown corona atau tidak. Kegiatan yang satu ini juga bisa kamu lakukan dan tentunya bisa mengisi waktu luang kamu di rumah dikala weekend. Mungkin ada beberapa buku yang belum pernah kamu baca pada saat baru beli. Sekarang adalah kesempatannya, sahabat explorer!

Sahabat explorer, itulah beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan di rumah andaikan terjadi lockdown corona di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat, tetap di rumah dan stay safe, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments