Gaya Hidup

Tips Foto Low Light Dengan Smartphone!

low light dengan smartphone - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: fstoppers

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, zaman sekarang fotografi semakin berkembang saja. Banyak kamera keluaran baru yang memiliki spesifikasi yang ciamik! Dengan demikian dapat menghasilkan foto yang berkualitas untuk diunggah ke dalam sosial media kita. Sekarang kamera seakan-akan menjadi kebutuhan utama bagi setiap orang. Wajar saja, paltform Instagram memang sudah sangat mendunia dengan konsepnya yang bisa membagikan foto dan video. Dengan foto dan video yang bagus, kita memang bisa menghasilkan uang yang banyak sahabat explorer di Instagram. Terbukti banyak bermunculan Selebgram yang memang memiliki konten foto dan video yang berkualitas. Baik konsepnya soal traveling, fashion, make up, kuliner dan masih banyak lagi ragam lainnya. Namun, perusahaan-perusahaan smartphone juga melihat peluang bisnis yang besar dengan adanya hal tersebut. Tidak heran, banyak smartphone sekarang yang bermunculan memiliki spesifikasi kamera yang tidak kalah ciamik! Bahkan, untuk foto low light dengan smartphone saja bisa loh sekarang!

Low Light Dengan Smartphone

Dalam kesempatan kali ini, YoExplore akan memberikan kalian tips fotografi low light dengan smartphone. Foto low light memang memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi bagi orang yang hobi fotografi. Sudah jelas, untuk mendapatkan foto yang baik kita juga membutuhkan cahaya yang cukup sahabat explorer. Tantangannya adalah pada saat malam hari dimana cahaya sudah jelas sangat minim. Tetapi bukan berarti tidak bisa foto sahabat explorer, justru kalau kita tau cara mengakalinya, tentu foto yang dihasilkan akan lebih ciamik lagi! Simak tips low light dengan smartphone berikut ini ya!

Baca Juga: Cara Menahan BAB Yang Benar? Bukan Pegang Batu!



1. Spesifikasi Smartphone

Foto low light dengan smartphone yang pertama adalah melihat terlebih dahulu spesifikasi smartphone kita sahabat explorer. Dalam hal ini, yang penulis bicarakan adalah ukuran megapikselnya, umumnya smartphone zaman sekarang sudah memiliki minimum megapiksel yaitu 12. Dengan kapasitas tersebut, cahaya yang bisa diserap sudah cukup sahabat explorer, jadi untuk bisa menghasilkan foto low light yang bagus, 12mp sudah sangat cukup. Perhatikan hal ini bagi kalian yang memang hobi fotografi saat sedang membeli smartphone ya sahabat explorer

2. Peka Terhadap Cahaya

Foto low light dengan smartphone yang selanjutnya adalah peka terhadap cahaya. Walaupun bertajuk “Low Light” namun bukan berarti kita tidak peka terhadap cahaya ya sahabat explorer. Mau bagaimanapun juga elemen cahaya itu penting dalam fotografi. Manfaatkan cahaya yang ada di sekitar kita, seperti misalnya cahaya lampu jalanan, cahaya lampu mobil atau perapian yang ada di dekat kita. Dengan demikian, foto yang kita hasilkan akan jauh lebih terang, dramatis dan memiliki makna. 

Mungkin juga kalian bisa membawa flash untuk berjaga-jaga apabila sama sekali tidak menemukan sumber cahaya alami yang cukup. Intinya, manfaatkan cahaya dalam konsep foto low light kalian ya sahabat explorer!



3. Kenali Lingkungan Yang Mau Difoto

Tips foto low light dengan smartphone yang berikutnya adalah memahami lingkungan yang mau kalian foto. Untuk mendapatkan objek yang bagus, maka kalian harus melihat-lihat sekitar terlebih dahulu sebelum menentukan bagian mana yang akan kalian ambil fotonya sahabat explorer. Penting banget loh ini dalam hal fotografi, karena kalian harus melihat apakah objek yang mau diambil ini sudah memiliki cahaya yang cukup dan terlihat baik agar hasilnya maksimal. 

4. Kamera Harus Stabil

Tips foto low light dengan smartphone yang selanjutnya adalah kamera harus dalam posisi yang stabil. Dengan demikian, kalian memerlukan yang namanya tripod khusus untuk smartphone sahabat explorer. Dengan rendahnya cahaya, otomatis speed yang akan kita dapat juga rendah, dengan demikian kita membutuhkan tumpuan yang bisa menahan kamera stabil dalam waktu yang disesuaikan dengan keadaan cahaya tersebut. Biasanya, shutter speed akan muncul otomatis dan informasikan kita berapa speed yang dibutuhkan untuk mendapatkan foto tersebut. Jika dibawah 1/20 kami sarankan menggunakan tripod agar tidak blur hasilnya ya sahabat explorer

Sahabat explorer, itulah beberapa tips foto low light dengan smartphone yang bisa YoExplore berikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa, jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments