Gaya Hidup

Adakah Cara Lebih Cepat Proses Masuk Pesawat?

proses masuk pesawat - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: motulz

YOEXPLORE, Tour Operator – Terkadang rencana liburan yang sudah kita buat matang-matang akan sedikit berantakan dikarenakan lambatnya proses masuk pesawat yang kita lalui. Namun, bukan berarti rencana kalian menjadi batal, sahabat explorer. Pada umumnya, kita akan memerlukan waktu minimal dua jam untuk keberangkatan internasional dan satu jam untuk keberangkatan dalam negeri. Sampai bandara kalian harus melakukan beberapa hal seperti check-in, mengantre untuk pemeriksaan, dan keperluan lain seperti ke toilet, misalnya. 

Proses Masuk Pesawat

Dalam kesempatan kali ini, YoExplore akan memberikan kalian tips agar bisa melewati proses masuk pesawat tersebut dengan cepat. Mulai berangkat dari rumah sampai duduk di kursi pesawat, sahabat explorer. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja yuk ulasannya!

Baca Juga: Tempat Wisata Di Natuna, Indonesia!



1. Cek Status Penerbangan

Yang pertama adalah cek terlebih dahulu status penerbangan. Persiapan perlengkapan untuk terbang sudah harus dimulai sejak 24 jam sebelum penerbangan, sahabat explorer. Kalian harus mengecek selalu status penerbangan. Biasanya, sebagian besar maskapai penerbangan akan mengirimkan jadwal pembaruan dari status penerbangannya tersebut. Terkadang jadwal penerbangan harus dipindahkan ke waktu tertentu dan penerbangan juga bisa saja dibatalkan, sahabat explorer. Dari pihak maskapai penerbangan biasanya akan memberi kabar untuk calon penumpang jika ada terjadi perubahan jadwal penerbangan. Maka dari itu selalu cek e-mail atau sms yang masuk ke nomor kalian, sahabat explorer, dan siap sedia jika menerima telepon resmi dari pihak maskapai penerbangan. Selain itu, kalian juga bisa menggunakan aplikasi untuk mengecek status penerbangan kalian. Salah satunya, aplikasi FlightStats yang dapat kalian unduh secara gratis dari Google Play Store atau App Store. Kalau tidak ingin mengunduh, kalian bisa masuk ke situsnya aja di FlightStats.com

2. Check-In Online

Selanjutnya adalah check-in online. Masih banyak nih orang yang masih suka check-in secara manual di lokasi, sahabat explorer. Tentu saja proses masuk pesawat akan sedikit lebih lambat jika kita masih menggunakan cara yang lama. Kalian dapat menghemat banyak waktu jika melakukan check-in secara online. Untuk melakukan check-in online kalian dapat mengunjungi situs resmi dari maskapai penerbangan yang akan kalian tumpangi. Bisa juga melalui aplikasi booking online di tempat kalian membeli tiket. Sebagai calon penumpang, kalian harus melakukan check-in online beberapa jam sebelum waktu keberangkatan (tergantung peraturan dari maskapai). Jika lewat batas waktu tersebut maka kalian harus check-in mandiri di mesin atau loket check-in jika waktunya masih memungkinkan.



3. Cek Tempat Parkir

Yang selanjutnya adalah cek tempat parkir terlebih dahulu, sahabat explorer. Bagi kalian yang datang ke bandara dengan mengendarai kendaraan pribadi, kalian perlu mengecek seputar tempat parkir kendaraan kalian, sahabat explorer. Kalian harus mengetahui terlebih dulu di mana harus parkir, lot yang terbuka, dan seberapa jauh dari terminal tujuan kalian, sahabat explorer. Kalian bisa memeriksa harga inap di dalam bandara untuk mobil atau motor yang akan kalian tinggal selama bepergian. 

Jika kalian ingin parkir inap di bandara, biasakan untuk meluangkan waktu lebih banyak, sahabat explorer, jangan datang terlalu mepet dengan jam penerbangan. Hal ini bertujuan agar kalian bisa terhindar dari sibuknya mencari parkir dan mengurus inap kendaraan di bandara. Beberapa bandara menambahkan beberapa pembaruan status parkir ke situs web mereka, selain itu juga bisa mendapat informasi melalui telepon.

4. Timbang Bagasi

Selanjutnya adalah timbang bagasi. Ini merupakan proses masuk pesawat yang terkadang suka memakan waktu lama, sahabat explorer. Banyak bandara yang memasang timbangan di depan area check-in. Jika kalian merasa bahwa bagasi terdaftar kalian memiliki berat berlebih, timbang sebelum kalian mengantre ke petugas check-in.

Jika melampaui batas berlebih, kalian dapat menyiapkan uang untuk dapat membayar ekstra bagasi. Kalian juga bisa memastikan berat bagasi terdaftar kalian saat berada di rumah dengan menimbangnya. Selain itu kalian jadi biasa mengatur barang bawaan agar tidak melebihi berat dan dimensi yang sudah ditentukan dari pihak maskapai.

Sahabat explorer, itulah beberapa cara agar proses masuk pesawat menjadi lebih cepat yang bisa dipersembahkan oleh YoExplore. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa, jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer.

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments