Gaya Hidup

Tips Meredakan Stress Tanpa Obat Penenang!

tips meredakan stress - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: tipspengembangandiri

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, stress memang kapan saja bisa terjadi kepada kita. Penyebabnya macam-macam, mulai dari rutinitas yang membosankan, tensi pekerjaan yang tinggi, atau juga kelelahan karena aktivitas. Bisa dibilang stress itu merupakan pemicu kepada penyakit-penyakit yang serius, seperti asam lambung atau maag, jantung, hingga penyakit lainnya. Stress itu kadang tidak kita sadari sahabat explorer, bahayanya adalah tau-tau sudah jadi penyakit. Kadang kita juga tidak paham penyebabnya, merasa sudah makan tepat waktu, makanan yang dikonsumsi juga sehat dan tidur juga sudah cukup. Bisa dipastikan, penyebab utamanya adalah stress sahabat explorer. Namun kira-kira stress itu bisa diredakan tidak? Tentu saja bisa! Ada beberapa tips meredakan stress yang bisa kalian lakukan tanpa harus meminum obat penenang. 

Tips Meredakan Stress

Minum obat tenang memang mungkin adalah cara singkat bagi kalian yang memang ingin serba cepat. Namun perlu diingat, bahwa tiap obat kimia itu juga memiliki efek samping yang tidak baik terhadap organ-organ di tubuh kita sahabat explorer. Tapi jangan takut, karena ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk dapat meredakan stress tanpa obat penenang. Baiklah kalau begitu, tanpa berlama-lama lagi, mari kita simak langsung ulasannya yuk!

Baca Juga: Beberapa Tokoh Dari Partai Komunis Indonesia



1. Dengarkan Musik Menggunakan Headset

Tips meredakan stress yang pertama adalah mendengarkan musik via headset sahabat explorer. Intinya adalah membiarkan diri kalian sejenak untuk tidak mendengarkan suara-suara yang ada di sekitar. Menyendiri itu memang perlu saat kita sedang stress sahabat explorer, jadi kalian setidaknya membiarkan diri kalian untuk tidak mendengarkan perkataan orang lain selain musik di telinga. 

Mendengar dengan headset juga bukan tanpa alasan, sudah jelas karena kalian benar-benar bisa menikmati seluruh musiknya dengan jelas. Tidak heran jika kalian mulai menggoyangkan kepala dan menggerakkan kaki mengikuti irama. 

2. Follow Akun Humor Atau Video Bayi

Tips meredakan stress tanpa obat penenang yang selanjutnya adalah follow akun humor atau video bayi yang lucu. Hanya butuh waktu sebentar untuk membuat diri kalian tertawa sendiri setelah melihat postingan dari akun-akun tersebut sahabat explorer!

Jelas banget menghibur nih sahabat explorer, mulai dari  tertawa kecil hingga ngakak gak karuan bisa kalian alami! Percaya deh sahabat explorer, membaca caption, sambil melihat videonya yang lucu akan membuat kalian semangat lagi secara perlahan!



3. Olahraga

Tips meredakan stress yang selanjutnya adalah dengan berolahraga sahabat explorer. Cobalah untuk melakukannya rutin. Jika kalian memang benar-benar tidak ada waktu, setidaknya naik turun tangga di kantor saja deh sahabat explorer. Karena menurut penelitian, olahraga sangat membantu untuk meredakan stress loh. Dengan berolahraga, seluruh tubuh kalian itu aktif bergerak, mau tidak mau otak kita akan bersinkronisasi dengan tubuh, sehingga pada akhirnya stress terlupakan dan hilang deh!

4. Mencuci

Tips meredakan stress yang selanjutnya adalah mencuci. Penelitian dari Florida State University  yang telah meneliti 51 mahasiswa pencuci piring. Hasilnya mereka mendapati, mahasiswa yang cuci piring dengan penuh kesadaran (fokus dengan aroma sabun, merasakan suhu air, dan juga menyentuh peralatan makan) menaikkan perasaan inspirasi sampai dengan 25 persen! Sedangkan kegugupan turun hingga 27 persen. Selain cuci piring, cuci baju secara manual juga bisa menurunkan stres sahabat explorer!

Sahabat explorer, itulah beberapa tips meredakan stress yang bisa YoExplore berikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments