Gaya Hidup

Berikut Adalah Tips Berpuasa Di Tengah Pandemi Corona

tips puasa di tengah pandemi - yoexplore, liburan keluarga- yoexplore.co.id
image source: detikfood

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, menjalani puasa tahun ini tentu akan sangat terasa berbeda. Biasanya puasa memang selalu menyenangkan, jalanan juga menjadi ramai di setiap sore hari, cafe-cafe, dan restoran juga selalu penuh pada jam berbuka puasa. Namun, secara drastis semua itu berubah, sahabat explorer. Pandemi SARS-CoV-2 yang dapat menyebabkan penyakit Covid-19 sedang mewabah hampir di seluruh dunia. Jumlah pasien sampai dengan tanggal 29 April 2020 berjumlah 3,22 juta orang terinfeksi, dan 1.000.303 orang dinyatakan sembuh. Hal inilah yang menjadi pembeda bulan Ramadhan tahun ini. Oleh karena itu, ada beberapa perubahan yang memang harus terjadi. Tentu saja ada juga tips puasa di tengah pandemi yang bisa kamu lakukan nih, sahabat explorer

Tips Puasa Di Tengah Pandemi

Walaupun tetap di rumah saja, kita tetap harus menjalankan ibadah puasa. Mungkin sudah sangat bosan mengingat anjuran untuk stay at home sudah berjalan lebih dari sebulan. Namun, apa daya yang bisa kita lakukan, sahabat explorer. Banyak hal yang pada akhirnya menjadi terbatas. Tetapi kamu jangan sedih, kita tetap bisa sehat walaupun di rumah saja dan sedang berpuasa. Berikut adalah beberapa tips puasa di tengah pandemi yang bisa kami bagikan.

Baca Juga: Masuk Bulan Ramadhan Di Tengah Pandemi Corona, Berikut Tips Agar Tetap Aman



1. Tidur Yang Cukup

Menjaga pola tidur yang benar pada saat puasa adalah hal yang sangat penting, sahabat explorer. Apa lagi di tengah pandemi virus corona ini yang memang membuat kita harus menjaga kesehatan dan juga imunitas tubuh. Salah satunya, adalah dengan tidur yang cukup, sahabat explorer. Kekurangan jam tidur, akan membuat kita menjadi rentan terserang penyakit. Dalam sebuah riset, orang yang kurang jam tidurnya akan rentan sakit pilek dibandingkan mereka yang memiliki jam tidur cukup. 

Maka dari itu, jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk begadang di malam hari dan tidur panjang di siang hari. Tetaplah pada jam tidur yang normal, namun memang bedanya kita akan bangun kira-kira jam 3 atau 4 untuk santap sahur, kemudian lanjut lagi tidur, sahabat explorer. Tidur yang cukup sangat penting, untuk orang dewasa, yang direkomendasikan adalah 7-9 jam sehari. 

2. Perbanyak Makan Nabati

Umumnya, pada saat bulan puasa orang tidak memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Banyak yang berpikiran “yang penting kenyang”, padahal itu bisa berakibat buruk untuk sistem imunitas tubuh kita. Kita disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak nabati seperti sayuran, kacang-kacangan, hingga buah-buahan pada saat santap sahur atau berbuka puasa. Makanan bernabati tersebut kaya akan antioksidan yang baik untuk memperkuat sistem imunitas tubuh kita, sahabat explorer



3. Konsumsi Lemak Baik

Yang selanjutnya adalah mengonsumsi lemak baik. Tips puasa di tengah pandemi yang satu ini memang sedikit tricky, sahabat explorer. Kenapa? Karena tidak semua makanan mengandung lemak yang baik. Lemak yang satu ini biasanya ditemukan pada minyak zaitun atau ikan salmon yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh kita dan juga dapat mengurangi peradangan di dalam tubuh. Peradangan ini dapat menghambat sistem kerja dari imun kita ini, sahabat explorer. Kamu bisa konsumsi makanan dengan lemak baik ini pada saat buka puasa dan juga santap sahur. 

4. Olahraga

Saat melihat sub-judul “olahraga” tentu bayangan kita adalah olahraga yang berat seperti di tempat gym atau sebagainya. Namun, khusus bulan puasa dan di tengah pandemi corona ini memang rada sedikit berbeda, sahabat explorer. Tentunya, olahraga yang dimaksud adalah olahraga yang ringan saja, yang bisa kamu lakukan di dalam rumah. Bagi kamu yang punya treadmil di rumah, tentu ini bisa menjadi keuntungan sendiri. 

Selagi puasa, kamu bisa melakukan olahraga ringan ini di jam-jam menjelang buka puasa, sahabat explorer. Jangan di pagi hari ya, karena bisa menyebabkan kamu terlalu lemas dan juga dehidrasi yang berakibat tidak baik untuk tubuh. 

5. Menghindari Stress

Hal yang satu ini juga termasuk sulit untuk dilakukan. Namun tips puasa di tengah pandemi corona yang satu ini dampaknya akan sangat terasa apabila kita mampu menanganinya. Stress bisa mengacaukan sistem imunitas tubuh kita, sahabat explorer. Oleh karena itu, kita harus bisa mengolah stress kita ini. Kamu bisa melakukan meditasi, yoga, dan juga berolahraga. 

Stress juga menjadi penyebab utama psikosomatik yang dapat membuat kita seakan-akan sakit padahal sebenarnya tidak. Jadi, penting sekali nih untuk mengetahui informasi yang satu ini, sahabat explorer

6. Minum Air Putih Lebih Teratur

Pada saat bulan puasa, banyak orang yang lebih suka mengonsumsi minuman yang manis dan melupakan air putih. Padahal air putih ini sangat penting untuk organ-organ yang ada di dalam tubuh kita, sahabat explorer. Air putih juga dapat membantu menjaga sistem imun tubuh kita agar tetap dalam kondisi yang prima. Tidak ada larangan untuk mengonsumsi minuman yang manis, namun biasakan untuk mengonsumsi air putih terlebih dahulu, sahabat explorer

7. Kurangi Asupan Gula

Mengonsumsi gula berlebih pada saat bulan puasa dapat menyebabkan kegemukan dan juga obesitas, sahabat explorer. Perlu kita ketahui, dengan berat badan yang lebih, kita akan lebih rentan untuk terserang suatu penyakit. Selain itu, mengonsumsi gula berlebih juga dapat meningkatkan risiko diabetes tipe-2 dan juga penyakit jantung. Semua penyakit ini memang bisa melemahkan sistem imun kita, maka dari itu anjuran pemerintah dan juga WHO terkait Covid-19 ialah menjaga asupan pola makan termasuk gula. 

8. Mengonsumsi Suplemen

Hal ini juga tidak kalah penting, kamu bisa mengonsumsi suplemen pada saat sahur karena ini juga penting untuk menjaga imunitas tubuh kita. Kamu bisa konsumsi Vitamin C,D dan juga zinc. Jika memang perlu, kamu bisa konsultasi ke dokter agar dosisnya bisa disesuaikan lagi dengan kondisi tubuh kita. 

Sahabat explorer, itulah beberapa tips puasa di tengah pandemi coronavirus yang bisa kami bagikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa tetap aman dengan #dirumahaja, dan stay safe, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments