Gaya Hidup

3 Cara Diet Alami Untuk Versi Terbaik Dirimu!

Motivasi Diet
sumber: female first

YOEXPLORE.CO.ID – Bagi kamu yang merasa tidak puas dengan bentuk tubuhmu saat ini, atau kurang bahagia karena tidak berada di berat ideal, sudah pernah dengar being curvy is beautiful? Yes, you are! Your body types should not define who you are, sahabat explorer! Tidak ada pakaian yang lebih baik daripada kepercayaan diri! When you got the confidence, you will always look great, sahabat explorer. Namun jika kamu memang ingin melakukan sedikit perubahan gaya hidup, terutama di pola makan, beberapa cara diet alami ini mungkin layak untuk kamu coba! Tapi jika kamu mencari cara diet yang instan dengan sederet risiko kesehatan jangka panjang yang dapat menghantui, mungkin artikel ini kurang membantu. Menjalani diet dengan bantuan obat-obatan, bahkan yang lebih instan lagi seperti operasi lemak, tentu memiliki risiko yang cukup tinggi dan tentu dapat berdampak pada kesehatan dalam jangka waktu yang lama, bahkan permanen. 

Tiga Cara Diet Alami Untuk Versi Terbaik Dirimu

Bagi yang sudah merasa tidak nyaman karena berada di gaya hidup yang kurang sehat dan mau melakukan gebrakan baru dalam hidup, ini dia 3 cara diet alami untuk versi terbaik dirimu!



Niat = Konsistensi = Kebiasaan = Keberhasilan

Dalam dunia perdietan, niat merupakan kunci dari keberhasilan dietmu. Dengan niat yang kuat, maka konsistensi dalam menjalani diet akan terlaksana dengan baik. Perlu digarisbawahi bahwa diet merupakan kegiatan mengatur pola makan. Jika berhasil dijalankan secara konsisten, maka pola makan tersebut akan menjadi kebiasaan atau gaya hidup. Diet yang dilakukan dalam jangka waktu panjang bukan hanya akan memberikan hasil penurunan berat badan yang baik, tetapi juga menghasilkan kestabilan berat badan.

cara diet alami

sumber: markethustl

Ketika kamu menerapkan cara diet alami yang tidak instan, maka hasil yang muncul juga tidak instan, baik munculnya maupun hilangnya! Wah, kerja keras selama melaksanakan diet jadi tidak sia-sia ya, sahabat explorer! Banyak kasus diet instan menghasilkan penurunan berat badan yang instan pula, namun sayang ketika kembali ke pola makan yang sebelumnya, berat badan langsung naik secara instan juga. Berbeda jika diet kamu lakukan secara alami dengan niat yang kuat. Pola makan tersebut akan menjadi gaya hidup sehingga dalam jangka waktu panjang, jika kamu kebablasan cheat day, maka beratmu tidak akan melonjak drastis.

Defisit Kalori? Dijamin Berhasil!

Salah satu cara diet alami yang dapat kamu jalani adalah defisit kalori. Segala sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik, sama seperti diet. Ketika kamu menjalankan diet yang terlalu ekstrim, bukannya kehilangan lemak, justru kamu malah akan kehilangan keseimbangan gizi. Jadi bukan menghilangkan suatu serat dalam pola makan, tetapi mengurangi. Tidak ada yang lebih aman dan efektif selain defisit kalori.

Pahami bahwa kalori yang kamu konsumsi dalam jumlah yang lebih banyak daripada yang diperlukan hanya akan tersimpan sebagai kalori ekstra, alias lemak. Sebaliknya, ketika tubuh tidak mendapatkan jumlah kalori yang dibutuhkan, ia akan mencari sumber lain yang bisa digunakan untuk menghasilkan energi. Sumber-sumber lain yang dimaksud, adalah lemak ekstra yang tersimpan di pinggul, paha, perut, dan seluruh bagian tubuh lainnya. Ketika defisit kalori terjadi, tubuh akan membakar lemak cadangan tersebut untuk menghasilkan energi.

defisit kalori

sumber: inbody uk

Ketika lemak-lemak berlebih tersebut dibakar, disitulah proses penurunan berat badan terjadi. Tapi lagi-lagi, segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan tidak akan berhasil baik. Pastikan untuk tidak memangkas kalori secara berlebihan atau bahkan hanya mengonsumsi 1000 kalori per hari. Salah satu cara termudah yang dapat kamu lakukan untuk menghitung jatah konsumsi kalori harian kamu alias Body Mass Index adalah dengan kalkulator online. 

Selain defisit kalori dengan menjaga asupan yang masuk ke dalam tubuh, kamu juga bisa sembari mengalihkan bentuk serat yang dikonsumsi. Misalnya, mengganti karbohidrat sederhana seperti nasi putih, pasta, dan tepung roti menjadi karbohidrat kompleks seperti beras merah, oatmeal, dan kentang. Bisa juga mengganti lemak jenuh seperti minyak kelapa sawit atau lemak hewani menjadi lemak nabati seperti minyak yang disari/diekstrak dari berbagai bagian tumbuhan. Contohnya minyak zaitun, minyak jagung, minyak almond, dan minyak biji bunga matahari.­­­ Kamu juga bisa defisit kalori dengan mengganti sweet tooth mu ke buah-buahan!

Cara Diet Alami Yang Dipandang Sebelah Mata

Minum air putih, sahabat explorer! Rajin minum air putih mampu meningkatkan metabolisme tubuh yang akan memperlancar proses pembakaran kalori. Kamu pasti tahu kan, sahabat explorer? Minum air putih sebelum makan merupakan salah satu teknik jitu agar merasa lebih cepat kenyang sehingga kita tidak kalap saat mengambil porsi makan. Jika kamu terbiasa meminum minuman manis berkalori tinggi, coba ganti dengan air putih. Kalori air putih hanya sebesar 0 kalori saja!

Tahukah kamu, sahabat explorer? Rasa lapar yang kamu rasakan bukan selalu merupakan tanda bahwa tubuh memerlukan makanan lho! Hati-hati tertipu! Dengan minum air putih di saat merasa lapar, kamu dapat memastikan apakah rasa lapar tersebut benar-benar perlu diisi dengan makanan, atau hanya sekedar tanda bahwa tubuh perlu diisi cairan. Dengan menerapkan cara ini, secara tidak langsung kamu sedang melakukan defisit kalori lho! Jika setelah minum air putih kamu masih merasakan lapar, silahkan konsumsi makanan yang kamu inginkan. Namun apabila belum saatnya makan besar, sahabat explorer bisa mengkonsumsi camilan sehat terlebih dahulu.

diet air putih

sumber: the independent

Selain untuk mendukung cara diet alami, minum air putih memang penting untuk tubuh, sahabat explorer. Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari cairan. Menjaga tubuh agar tidak dehidrasi sangatlah penting. Karena ketika mengalami dehidrasi, tubuh tidak dapat menjalankan fungsi organ tubuh dengan baik dan hal ini bisa berakibat fatal bagi kesehatan. Selain memenuhi kebutuhan kalori harian, pastikan kamu juga memperhatikan kebutuhan minum air putih harianmu ya! Caranya sangat mudah, sahabat explorer. Kamu hanya perlu mengalikan per kilogram berat badan dengan angka 30 ml. Hasilnya merupakan jumlah cc air yang kamu perlukan dalam sehari, sahabat explorer. Misalnya YoExplore memiliki berat sebesar 50 kilogram, maka rumusnya adalah 50 kilogram x 30ml. Sehingga, kebutuhan cairan harian YoExplore adalah 1500 ml atau sekitar 1,5 liter. Mudah kan, sahabat explorer?

Itulah 3 Cara Diet Alami Untuk Versi Terbaik Dirimu! Walau dilakukan tanpa olahraga, kamu akan mampu menurunkan massa lemak dan berat badan tanpa kehilangan massa penting lainnya. Jika kamu memangkas alias menghentikan konsumsi suatu serat dalam pola makanmu, yang terjadi justru kamu hanya kehilangan massa air, bahkan massa otot. Hal ini tidak baik untuk kesehatan lho! Sahabat explorer, pastikan penurunan berat badan dalam cara diet alami mu terjadi secara bertahap.

Penurunan berat badan yang dianjurkan adalah kehilangan tidak lebih dari 0,5 – 1 kilogram per minggu. Jika kamu menurunkan berat badan secara berlebihan dalam jangka waktu yang singkat, bukannya mencapai goals, yang ada malah mencapai sejumlah masalah kesehatan! Selamat menjalankan 3 Cara Diet Alami Untuk Versi Terbaik Dirimu! Dijamin sukses apalagi jika ditambah dengan rutin berolahraga agar hidup semakin sehat.

 

Tentang penulis

Marisa

Marisa

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE, seorang hospitality enthusiast yang menyukai seni musik.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments