Gaya Hidup

3 Cara Hidup Dengan Sehat Yang Mudah Diterapkan Versi YoExplore!

Cara Hidup Dengan Sehat
sumber: bigrock people performance

YOEXPLORE.CO.ID – Sahabat explorer, ditengah new normal ini, cara hidup dengan sehat merupakan salah satu prioritas utama yang perlu dijaga. Mulai dari kesehatan fisik seperti mata dan otot-otot tubuh yang menegang karena semua serba menatap layar gadget, sampai kesehatan mental yang mulai lelah karena merindukan human touch dan nongki bersama orang-orang terkasih. Kita tetap harus bertahan di tengah perubahan kebiasaan yang terjadi. Namun, beradaptasi memang bukanlah perkara yang mudah ya, sahabat explorer

Berikut 3 Cara Hidup Dengan Sehat Yang Mudah Diterapkan Versi YoExplore!



Cara Hidup Dengan Sehat? Mulai Dari You Are What You Eat!

Apa yang kamu makan ikut berperan penting dalam menjaga kesehatanmu dari dalam. Seperti yang sudah sering kita dengar, buah dan sayur mengandung banyak senyawa yang diperlukan tubuh. Mulai dari vitamin, mineral, hingga serat penting lainnya untuk tubuh kita. Usahakan untuk menyimpan buah-buahan dan sayuran di lemari es ya, sahabat explorer! Hal ini bertujuan untuk mempertahankan nutrisi yang terkandung serta tentunya membuat buah dan sayuran tetap segar saat dimakan. Tahukah kamu, sahabat explorer? Mengonsumsi buah dan sayur dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Ditengah pandemi COVID-19 ini, daya tahan tubuh merupakan hal penting yang perlu dijaga dengan baik. Jika imunitas tubuh kuat, maka virus dan bakteri akan lebih rentan untuk masuk ke dalam tubuh.

You Are What You Eat

sumber: simply sky

Ditengah masa stay at home ini, banyak dari kita yang mengandalkan jasa delivery untuk membeli makanan. Namun sayangnya, kadang kita lupa untuk memperhatikan bagaimana makanan tersebut akan mempengaruhi kesehatan kita. Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih dan penuhi kebutuhan air harian mu ya, sahabat explorer! Usahakan mengonsumsi minimal 2 liter atau 8 gelas air setiap hari untuk menyalurkan kadar oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini akan membuat sistem peredaran darah menjadi lancar. Air putih juga mampu membersihkan racun berbahaya dari tubuh dan menjaga fungsi ginjal lho, sahabat explorer.

Masak Sendiri Untuk Hidup Sehat

sumber: antonio carluccio

Kemudahan dalam memesan makanan dan minuman kadang membuat kita kalap dan lupa menjaga kualitas gizi yang kita konsumsi. Kalau kamu malah menjadi semakin sering mengonsumsi fast food atau minuman dan makanan tinggi gula, lemak dan minyak, ada baiknya untuk stop kebiasaan order delivery kamu sebentar dan mulai memasak sendiri. Memasak makanan di rumah juga meningkatkan kepastian kebersihan makanan, mulai dari saat mengolah bahan makanan pilihan sampai dihidangkan. Dengan memasak makanan sendiri di rumah, pengeluaran juga menjadi lebih hemat lho, sahabat explorer! Wah, win-win solution banget ya! Hidup sehat dan hidup hemat dapat kita nikmati bersamaan.

Olahraga Sekaligus Jaga Kebersihan? Bisa!

Selain meningkatkan daya tahan tubuh lewat makanan, olahraga juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh lho! Olahraga juga mampu memperbaiki suasana hati, mantul banget deh khasiatnya. Tidak lupa bagaimana olahraga mampu menjaga kebugaran dan kekencangan tubuh, sudah terbukti salah satunya di media TikTok. Banyak orang yang rutin melakukan olahraga selama beberapa bulan pertama di awal pandemi COVID-19 menyerang. Mereka memperlihatkan keberhasilan transformasi tubuh mereka lewat TikTok. Memanfaatkan momen di rumah aja memang sangat mendukung konsistensi dalam melakukan workout. Sahabat explorer, sebaiknya olahraga dilakukan secara rutin dan disertai istirahat yang cukup.

Workout Sebagai Cara Hidup Dengan Sehat

sumber: elite daily

Tidur bukan hanya untuk menghilangkan rasa ngantuk, tetapi juga sangat baik untuk kesehatan jiwa dan raga. Istirahat dan tidur yang cukup dapat menjaga kesehatan tubuh kita. Jika kita memaksa tubuh untuk olahraga secara berlebihan, justru daya tahan tubuh malah akan menurun lho, sahabat explorer. Pastikan untuk memberikan jeda istirahat serta day-off saat melakukan olahraga dengan intensitas yang tinggi dan rutin.

Workout Dengan Alat Rumah Tangga

sumber: the new york times

Menjaga tubuh tetap sehat, selain dengan berolahraga secara teratur, juga bisa kamu dapatkan dengan membersihkan rumah lho, sahabat explorer! Tidak perlu olahraga berat, olahraga ringan, seperti membersihkan rumah juga cukup bermanfaat sebagai pengganti olahraga ringan. Mulai dari menyapu dan mengepel lantai, merapikan halaman, sampai membersihkan kamar mandi dan masih banyak lagi. Yang penting harus tetap bergerak ya, sahabat explorer! Kamu juga bisa menjaga kebersihan rumah serta diri sendiri dengan mencuci tangan secara teratur serta menyemprot barang-barang yang sering disentuh dengan menggunakan desinfektan. Penyemprotan desinfektan secara rutin mampu membunuh virus dan bakteri yang ada di permukaan barang yang sering kita sentuh lho!

Jangan Lupakan Kesehatan Mental!

Rasanya menjaga kewarasan ditengah pandemi ini sangatlah sulit ya, sahabat explorer. Dengan segala problematika yang ada, mulai dari interaksi sosial, adaptasi teknologi, sampai masalah ekonomi, semua menyerang tanpa jeda. Walau rasanya sulit, tapi semoga kamu tidak putus harapan dan semangat ya, sahabat explorer! Berpikir positif memang tidak semudah membalik telapak tangan, tapi sadarilah bahwa kebiasaan tersebut dapat menenangkan perasaan di tengah era penuh kecemasan ini. Tahukah kamu, sahabat explorer? Ternyata pola pikir memiliki andil besar dalam mempengaruhi kesehatan seseorang lho. Banyak orang-orang yang terbiasa berpikir positif, memiliki hidup yang cenderung lebih sehat. Karena kemampuan menghadapi stres dengan baik, kesehatan tubuh pun jadi ikut terjaga dengan baik.

Mental Health

sumber: inc. magazine

Pasti sahabat explorer pernah mendengar bahwa stres dapat menimbulkan beberapa gangguan kesehatan, kan? Tidak main-main, penyakit yang disebabkan oleh stres dapat berupa sakit kepala, iritasi usus besar, gula darah yang meningkat alias resiko diabetes, Alzheimer, sampai gangguan jantung. Di tengah pandemi yang penuh dengan pemberitaan informasi yang tidak selalu benar alias hoax, namun mampu membuat kita cemas dan stres, kemampuan menjaga pikiran sangatlah penting. Kita perlu tetap tenang dan tidak mudah panik agar tidak stres.

Workout Agar Happy

sumber: well+good

Kita dapat menjaga kesehatan mental dengan rajin berolahraga agar mood terjaga dengan baik, tidur yang cukup kurang lebih 7 sampai 8 jam sehari, serta bijaksana dalam menyaring informasi yang kita terima perihal kejadian di sekitar. Jangan sampai berita hoax justru menyia-nyiakan waktu dan pikiranmu ya! Atasi anjuran physical distancing yang berdampak pada social distancing dengan cara rajin menelpon atau melakukan video call bersama keluarga dan orang-orang terkasih. Jaga terus tali silaturahmi dengan para support system mu dan jadilah support system bagi orang lain!

Itulah 3 cara hidup dengan sehat yang mudah diterapkan versi YoExplore. Di tengah pandemi ini, penting bagi kita untuk melakukan berbagai tindakan pencegahan. Mulai dari melakukan physical distancing dengan tetap dirumah aja, serta menerapkan protokol kesehatan saat berada di luar rumah. Jangan  lupa untuk menggunakan masker dan biasakan rajin mencuci tangan.  Usahakan selalu membawa masker cadangan, hand sanitizer, tisu kering, dan tisu basah. Selain itu, kamu juga bisa membawa face shield jika ada. Demikian juga, kamu bisa menjaga kewarasan di tengah pandemi dengan tetap menikmati traveling secara aman jika tetap mengikuti protokol yang ada. Jangan biarkan protokol new normal menghambat keseruan travelingmu ya, sahabat explorer!  Bersama kita bisa melewati pandemi ini, tetap semangat dan stay safe, sahabat explorer! 

 

Tentang penulis

Marisa

Marisa

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE, seorang hospitality enthusiast yang menyukai seni musik.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments