Gaya Hidup

15 Aplikasi Cerdas Untuk Rencana Traveling

aplikasi cerdas untuk rencana traveling - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: harapanrakyat

YOEXPLORE, Tour Operator – Sahabat explorer, kehadiran smartphone dan juga teknologi pendukung lainnya memang bisa dibilang merubah dunia. Kita bisa berkomunikasi dengan kerabat atau keluarga yang jauh disana tanpa harus saling mengunjungi. Walaupun memang ada dampak negatif yang cukup banyak, namun kita harus mengambil hal positif dan juga manfaatnya, sahabat explorer. Salah satu hal positifnya adalah tentu kemudahan dalam melakukan rencana traveling. Ada beberapa aplikasi cerdas untuk rencana traveling kamu yang tentunya akan sangat memudahkan kamu dimana saja dan kapan saja. Mulai dari pembelian tiket, perencanaan perjalanan sampai navigasi saat kamu berada di tempat liburan dapat dikendalikan dengan sangat mudah dan juga melalui berbagai macam aplikasi di dalam smartphone kamu. 

Baca Juga: Adakah Cara Lebih Cepat Proses Masuk Pesawat?

Aplikasi Cerdas Untuk Rencana Traveling

Kalau kamu belum pernah menggunakan aplikasi smartphone selama liburan, mungkin ini adalah saatnya untuk mulai mencobanya, sahabat explorer! Jangan cuma media sosial aja yang kamu install. Mau tahu aplikasi smartphone apa saja yang bakal bikin liburan kamu makin asyik? Mari kita langsung simak ulasannya!



1. Google Maps

Aplikasi cerdas untuk rencana traveling kamu yang pertama adalah Google Maps. Tentu saja kamu akan punya aplikasi yang satu ini baik di sistem Android atau IOS. Google Maps adalah aplikasi untuk navigasi yang paling penting dan kamu butuhkan saat sedang traveling. Google Maps memiliki fitur navigasi yang lengkap mulai dari estimasi waktu dan juga jarak tempuh. Selain itu Google Maps juga bisa melihat apakah ada pom bensin, mesin atm, restoran dan lain-lainnya di sekitar kamu. 

2. Qloti

Untuk pemesanan tiket pesawat, kamar hotel, atau paket wisata dengan harga hemat dan selalu mendapatkan cashback, kamu bisa mengunduh aplikasi Qloti di Playstore kamu, sahabat explorer. Selain itu, kamu juga bisa menjadi member Qloti dan akan mendapatkan keuntungan lainnya seperti pelatihan Digital Marketing secara gratis. Kamu bisa klik tautan di atas atau langsung cari di Playstore kamu!



3. TripAdvisor

Aplikasi cerdas untuk rencana traveling kamu yang selanjutnya adalah TripAdvisor. Kalau yang satu ini memang cukup penting bagi kamu yang memang ingin melihat review dari suatu tempat wisata, hotel, villa, dan juga penginapan jenis lainnya, sahabat explorer. Kamu bisa terlebih dahulu melihat bagaimana tanggapan orang akan tempat tersebut, sehingga bisa menjadi salah satu pertimbangan kamu dalam mengambil keputusan. 

4. Flightaware

Aplikasi cerdas yang selanjutnya adalah Flightaware. Klaimnya aplikasi yang satu ini bisa menampilkan laju pesawat secara real-time, sahabat explorer. Artinya, kamu para pengguna bisa mengetahui betul di mana lokasi pesawat yang kamu cari. Namun lagi-lagi data yang dimuat masih terbatas, sahabat explorer.

5. Triposo – Guide Book

Yang selanjutnya adalah Triposo- Guide Book. Aplikasi yang satu ini cukup memudahkan kamu untuk menggunakan map pada saat kondisi sedang offline, sahabat explorer. Triposo berbasis di Berlin, Jerman, yang didirikan oleh mantan pekerja Google pada tahun 2010 yang lalu. Seperti halnya Lonely Planet, aplikasi yang satu ini menyediakan panduan kota dan negara untuk diunduh yang bisa kamu pakai secara offline selama perjalanan sehingga bebas biaya roaming. 

6. Prioritypass

Aplikasi cerdas untuk rencana traveling kamu yang selanjutnya adalah Priority Pass. Priority pass ini merupakan kartu keanggotaan airport lounge yang digunakan untuk akses masuk ke lounge Priority Pass lebih dari 100 negara di dunia, sahabat explorer Priority Pass juga ini merupakan program yang dimiliki oleh Collinson Group.

7. Time Shifter

Yang selanjutnya adalah aplikasi Time Shifter. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang cukup unik, sahabat explorer. Isinya adalah tips-tips untuk meredakan jetlag yang kamu dapatkan akibat perjalanan jauh dan melelahkan. Pantas buat dicoba nih!

8. SkyGuru

Yang selanjutnya adalah SkyGuru. Kamu takut pada turbulensi pesawat saat sedang di udara, sahabat explorer? Aplikasi yang satu ini bisa memperkirakan turbulensi pada sebuah pesawat yang kamu tumpangi. Dengan demikian, jika kamu takut akan turbulensi, kamu bisa mengetahuinya lebih dahulu dan tentunya akan menjadi lebih tenang, sahabat explorer

9. Calm

Aplikasi cerdas untuk rencana traveling kamu yang selanjutnya adalah Calm. Aplikasi yang satu ini sebenarnya adalah aplikasi untuk meditasi bagi para pemula, sahabat explorer. Calm merupakan salah satu aplikasi yang terbaik bila kamu menginginkan sebuah aplikasi meditasi untuk seluruh kegiatan. Mulai dari santai, fokus, atau istirahat yang lebih baik. Cocok juga digunakan dalam perjalanan jauh, sahabat explorer

10. XE Currency Converter

Kalau aplikasi yang satu ini sudah jelas sesuai dengan namanya, sahabat explorer. Kamu bisa cek nilai tukar mata uang ke negara yang akan kamu tuju, sehingga kamu dapat lebih jelas mengetahui jumlahnya dan juga kira-kira berapa uang yang kamu butuhkan untuk dibawa selama traveling. 

11. Google Translate

Kalau yang satu ini pasti kamu sudah banyak yang tahu ya, sahabat explorer. Aplikasi pembantu penerjemah ini memang sangat penting dikala sedang kepepet, sahabat explorer. Walaupun masih banyak kesalahan dalam terjemahan, tapi setidaknya bisa sedikit membantu kamu. 

12. Globe Tips

Yang selanjutnya adalah Globe Tips. Aplikasi yang satu ini dapat memudahkan kamu untuk menghitung berapa tips yang kamu bisa berikan saat belanja atau makan di restoran tertentu di negara-negara yang menganut budaya tipping. 

13. Trip Whistle

Aplikasi cerdas untuk rencana traveling yang selanjutnya adalah Trip Whistle. Aplikasi yang satu ini dapat membantu kamu untuk menjaga keamanan kamu saat traveling. Aplikasi ini membantu memetakan lokasi kamu dan memudahkan kamu untuk kirim test atau koordinat GPS kamu. Di Aplikasi ini  juga tertulis nomor-nomor darurat di 200 lebih negara yang bisa kamu hubungi.

14. Whatsapp, We Chat, Telegram

Tentunya yang satu ini kamu sudah familiar ya, sahabat explorer. Hanya dengan menggunakan koneksi internet saja, kamu bisa melakukan komunikasi baik chat atau telepon dengan menggunakan aplikasi tersebut kapanpun dan dimanapun. 

15. Taxi Online

Yang terakhir ini juga tentu kamu sudah familiar ya, sahabat explorer. Aplikasi taksi online yang memudahkan kamu untuk bepergian selama traveling jika kamu tidak menggunakan pemandu wisata. 

Sahabat explorer, itulah beberapa aplikasi cerdas untuk rencana traveling yang bisa kamu unduh di smartphone kamu. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kamu di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments