Gaya Hidup

Berikut Adalah Kota Di Indonesia Yang Merupakan Buatan Belanda

kota buatan belanda - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: tirto

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, jika berbicara mengenai Belanda maka tidak jauh kita akan membahas soal penjajahan terhadap Indonesia. Kurang lebih bangsa kita ini dijajah 350 tahun lamanya sampai akhirnya bisa merdeka pada 17 Agustus 1945. Tidak heran jika banyak peninggalan dari Belanda mulai dari bahasa, budaya, bangunan, kuliner dan masih banyak lagi yang lainnya sahabat explorer. Namun, pada waktu masa penjajahan dan juga perlawanan dari bangsa Indonesia tersebut, Belanda membutuhkan tempat-tempat strategis untuk mengakali perlawanan bangsa Indonesia. Dengan demikian, terbentuk beberapa kota buatan Belanda yang sampai sekarang mungkin kalian belum ketahui sahabat explorer! Kota-kota ini mungkin juga ada yang kita ketahui dengan nama lain. 

Kota Buatan Belanda

Kota-kota buatan Belanda ini memang dikhususkan untuk strategisasi perdagangan, perang dan juga pertahanan. Mereka melakukan banyak hal, mulai dari merubah struktur bangunan, memberikan nama kota dan juga nama jalan sahabat explorer. Bukan hanya nama dan bangunan, bahkan infrastruktur juga termasuk buatan Belanda sahabat explorer. Kira-kira ada apa saja ya kota buatan Belanda tersebut? Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak ulasannya yuk sahabat explorer!

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Harus Mengunjungi Batu Cave Malaysia!



1. Batavia (Jakarta)

Ibu Kota Indonesia ini dulu namanya adalah Sunda Kelapa sahabat explorer. Namun, setelah Belanda berkuasa, akhirnya berganti nama menjadi Batavia. Jadi sudah tidak heran lagi apabila warga Jakarta sudah familiar dengan nama tersebut. 

Untuk kata Batavia itu sendiri berasal dari nenek moyang orang Belanda yaitu suku Bafats. Kota Batavia juga merupakan wilayah yang strategis bagi mereka untuk menguasai Bumi Indonesia pada waktu itu. Bisa jadi karena letaknya dan juga pelabuhan yang sangat luas sahabat explorer. Belanda sendiri sudah meninggalkan banyak bangunan tua di Jakarta, kita sebut saja salah satunya Kota Tua. Kalian bisa jalan-jalan ke sana dan melihat sendiri bangunan pemerintah Belanda yang sekarang sudah berubah menjadi museum. 

Tempat yang satu ini sudah jelas sangat ramai orang karena Kota Tua sekarang sudah dijadikan destinasi wisata. Tidak heran jika kalian banyak melihat turis mancanegara sedang berkeliling tempat yang satu ini. 

2. Buitenzorg (Bogor)

Kota buatan Belanda yang selanjutnya adalah Buitenzorg atau yang sekarang kita kenal sebagai Kota Bogor alias Kota Hujan. Mulai dari nama hingga bangunannya, Belanda sangat berperan penting sahabat explorer

Nama tersebut juga bukan hanya sekedar nama loh sahabat explorer. Buitenzorg juga memiliki arti tanpa kecemasan atau aman tenteram. Dahulu kala, Bogor ini merupakan tempat yang sangat nyaman dengan udara yang sejuk dan cuaca yang bagus. Orang-orang Belanda menjadikan Buitenzorg sebagai tempat wisata pada waktu itu sahabat explorer. Jadi, tidak heran kalau namanya seperti itu, bahkan sampai hari ini kalau kita berkunjung ke Bogor, kita masih dapat merasakan cuaca yang sejuk tersebut ya sahabat explorer



3. Fort de Kock (Bukittinggi)

Kota buatan Belanda yang selanjutnya adalah Fort de Kock atau yang sekarang kita kenal dengan nama Bukittinggi. Kota yang terkenal dengan kuliner dan juga menara jamnya ini memang masih menjadi pilihan bagi para pelancong untuk berwisata. Bahkan kota yang satu ini memiliki nama khusus sahabat explorer

Dahulu, Fort de Kock ini merupakan wilayah yang strategis untuk urusan perdagangan. Hal itu dikarenakan wilayah ini dekat dengan Samudera Hindia, jadi tidak heran jika kota yang satu ini menjadi tempat penampungan barang-barang bawaan pedagang. 

Dalam kata lain, kota ini merupakan singgahnya barang-barang dagangan sebelum disebar ke wilayah Indonesia yang lainnya. Karena hal tersebutlah yang menjadi alasan kuat mengapa orang Belanda memberikan nama Fort de Kock pada wilayah ini. 

4. Fort Willem I (Ambarawa)

Kota buatan Belanda yang selanjutnya adalah Fort Willem I yang sekarang kita kenal dengan Ambarawa. Berlokasi di Jawa Tengah, Kabupaten Semarang, kota yang satu ini juga menjadi salah satu peninggalan Belanda yang sangat kentara dari segi bangunannya. Kota yang satu ini juga dinilai strategis untuk masalah perekonomian mereka sahabat explorer

Bahkan, di dalam kota ini juga terdapat sebuah benteng besar. Mengapa? Benteng tersebut dibangun untuk mempertahankan diri dari serangan militan Indonesia pada waktu itu. Seperti pada waktu itu Pangeran Diponegoro yang sangat ingin sekali merebut lagi wilayah ini dari tangan para penjajah tersebut. 

Karena bentengnya yang terkenal tersebut, maka kota ini diberi nama Fort Willem sahabat explorer. Kalian pasti bisa membayangkan bagaimana pentingnya kota ini pada saat zaman itu kan?

Sahabat explorer, itulah beberapa kota buatan Belanda yang harus kalian ketahui. Kenapa? Karena ini merupakan bagian dari sejarah yang mungkin jarang ditemukan dibuku sekolah. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments