Gaya Hidup

Berikut Adalah Mitos Tempat Wisata Di Indonesia Yang Perlu Kalian Ketahui!

mitos wisata indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: jurnalfaktual

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, Indonesia memang sudah terkenal sebagai gudangnya mitos dan juga mistis. Hampir di setiap daerah memiliki kepercayaan terhadap mitosnya masing-masing. Meskipun terkadang tidak masuk akal, namun masih banyak masyarakat yang mempercayainya loh sahabat explorer. Hal ini tentunya berkaitan dengan mitos wisata Indonesia juga. Dengan demikian, kita sebagai turis juga harus memperhatikan dan menghormati kepercayaan masyarakat asli daerah tersebut ya sahabat explorer. Walaupun memang kita tidak mempercayainya sekalipun, namun rasa saling menghormati tetap harus ditumbuhkan ya sahabat explorer. Ini merupakan salah satu keunikan dan juga daya tarik wisatawan yang mengunjungi Indonesia sahabat explorer. Tidak sedikit juga dari mereka yang pada akhirnya ingin mengetahui asal muasal mitos tersebut. 

Mitos Wisata Indonesia

Indonesia memang sudah terkenal dengan pesona alamnya yang luar biasa, namun di dalamnya tersimpan mitos yang harus dihormati. Judulnya memang mitos, namun biasanya cukup erat dengan nilai adat setempat sahabat explorer. Baiklah kalau begitu, langsung saja kita simak yuk mitos wisata Indonesia! Kira-kira ada dimana saja sih? Cekidot!

Baca Juga: Mulai Coba Deh Tidur Menggunakan Kaus Kaki! Manfaatnya Banyak!



1. Bali

Mitos wisata Indonesia yang pertama berada di Bali. Pulau yang satu ini memang sudah terkenal dengan banyaknya mitos dan mistis sahabat explorer. Bagi kalian para pecinta kebudayaan, cocok banget nih untuk mengunjungi Bali. Karena selain memiliki panorama yang indah, Bali juga memiliki kebudayaan yang sangat unik dan hebat!

Namun, ada satu mitos yang harus kalian taati sahabat explorer. Mitosnya yaitu dilarang menginjak sajen atau biasa disebut Canang di Bali. 

Canang merupakan sebuah Upakara (perlengkapan) keagamaan umat Hindu Dharma untuk ritual persembahyangan sehari-harinya. 

Canang bisa ditemukan dimanapun di Bali. Misalnya di depan toko, perempatan, depan pagar rumah, pohon, tempat suci dan lain-lainnya. Masyarakat Bali percaya jika Canang merupakan makanan yang disediakan untuk Buta Kala yang merupakan roh halus penunggu pulau tersebut. Masyarakat Bali menghimbau kepada para pendatang dan turis lainnya agar tidak menginjak, melangkahi atau menendang Canang tersebut apalagi dengan niatan sengaja. Masyarakat percaya hal tersebut akan membawa musibah bagi para pelakunya. 

2. Ranu Kumbolo

Mitos wisata Indonesia yang selanjutnya adalah di Ranu Kumbolo. Di gunung tertinggi Pulau Jawa, terdapat sebuah danau yang sangat indah dengan nama Ranu Kumbolo. Tempat ini dipercaya oleh masyarakat dengan air sucinya. Bahkan, sampai saat ini air suci danau Ranu Kumbolo masih digunakan untuk proses ritual suci keagamaan disana sahabat explorer. Dikarenakan ada keyakinan oleh masyarakat sekitar, maka ada beberapa aturan-aturan yang harus ditaati oleh para pendaki, seperti tidak boleh mandi dan mencuci. Selain itu, semua kegiatan juga harus dilakukan dengan jarak 10 meter dari bibir danau termasuk untuk membangun tenda. ‘

Larangan tersebut juga bukan sembarangan, namun ada maksud tertentu sahabat explorer. Hal ini dikarenakan suhu dari air yang tidak bisa diprediksi dan cukup ekstrim yang bisa menyebabkan kram dan gangguan tubuh lainnya. Pada tahun 2005 pernah ada kejadian ketika seorang pendaki yang nekat berenang, ia kemudian kram lalu tenggelam. Jenazahnya baru bisa ditemukan 3 hari kemudian. Jadi, bagi kalian yang sedang berwisata ke sini, perhatikan sekali peraturannya ya sahabat explorer!



3. Baduy Dalem, Banten

Mitos wisata Indonesia yang selanjutnya berlokasi di Baduy Dalem, Banten. Desa yang satu ini dikenal dengan memegang teguh adat dan istiadat sahabat explorer. Dengan demikian, ada beberapa peraturan yang memang harus kalian perhatikan dan juga taati. Di Baduy Dalem kalian tidak boleh mengambil foto ataupun video. Kemudian, jika kalian mandi di sungai tidak boleh menggunakan sabun, sampo dan juga pasta gigi. 

Larangan memotret dan memainkan perangkat elektronik di Baduy Dalem sudah tertera di gerbang masuk Baduy yaitu Desa Ciboleger. Sanksinya pun tertulis jelas dikenakan denda dan hukuman dibalik jeruji besi. Selain dari sanksi tersebut, para pendatang yang berani melanggar aturan juga akan mendapatkan hukuman dari “penjaga” desa sahabat explorer. Konon, hukumannya mengerikan dan dapat membahayakan diri loh

Sahabat explorer, itulah beberapa mitos wisata Indonesia yang bisa YoExplore berikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments