Liburan Keluarga

Mampir Ke Wonosobo? Kunjungi Air Terjun Ini!

air terjun di wonosobo - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: jejakpiknik

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Liburan memang selalu menjadi hal yang menyenangkan bagi siapapun juga. Indonesia menyediakan berbagai macam destinasi wisata yang layak dikunjungi saat liburan panjang tiba. Salah satunya adalah Wonosobo. Wonosobo tidak pernah habis memuaskan para turis dengan aneka ragam tempat wisata di Jawa Tengah yang kaya akan keindahan alam berupa pegunungan, kawah, perbukitan, hutan, danau, dan masih banyak lagi yang lainnya. Salah satu spot wisata yang wajib dikunjungi ketika kalian berkunjung ke Wonosobo adalah wisata air terjun. Ada banyak air terjun di Wonosobo yang memiliki panorama indah. 

Air Terjun Di Wonosobo

Ada banyak wisata air terjun di Wonosobo yang sayang sekali kalau dilewatkan, sahabat explorer. Ketinggiannya variatif, dingin, dan airnya jernih. Lokasinya juga sangat asri dan membuat wisata di Wonosobo ini menjadi sangat menarik. Baiklah kalau begitu, berikut adalah wisata air terjun di Wonosobo yang wajib kalian datangi. 

Baca Juga: Musim Hujan, Cocoknya Minum Yang Hangat Dengan Kue Brownies!



1. Curug Winong Wonosobo

Air terjun di Wonosobo yang pertama adalah Curug Winong Wonosobo. Curug Winong adalah salah satu tempat wisata di Wonosobo yang sangat sayang untuk dilewatkan, sahabat explorer.  Curug Winong Wonosobo ini terletak di Satu, Winongsari, Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56364. Kalian cukup membayar Rp 1.000,- saja untuk dapat masuk ke tempat wisata yang satu ini. Jam operasional air terjun Curug Winong Wonosobo mulai dari jam 08.00 sampai 17.00. Apa sih yang membuat Curug Winong Wonosobo sayang untuk dilewatkan? Salah satu alasannya karena air terjun ini masih “perawan”, alias jarang banyak orang tahu dan mengunjungi Curug Winong Wonosobo ini.

2. Curug Tritis Surga Bidadari

Yang selanjutnya adalah Curug Tritis Surga Bidadari. Air terjung yang satu ini dari namanya saja sudah menarik sekali, sahabat explorer! Tidak hanya namanya saja, air terjunnya juga sangat menarik dan indah, sahabat explorer. Tempatnya memiliki udara yang sejuk dan dingin serta pemandangan yang sangat cantik. Banyak hal yang bisa kalian lakukan di tempat ini, mulai dari swafoto (selfie), bermain air, berenang, dan juga bersantai bersama teman atau keluarga kalian. Oleh karena itu, Air Terjun Tritis Surga Bidadari menjadi salah satu wisata air terjun di Wonosobo yang menjadi favorit para warga dan juga pengunjung.

Air Terjun Tritis Surga Bidadari terletak di Desa Gumelar, Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56364. Jam operasional air terjun ini dimulai dari jam 08.00 sampai jam 17.00. Dan satu lagi, kalian tidak perlu membayar untuk masuk ke Air Terjun Tritis Surga Bidadari. Asyik banget, kan, sahabat explorer?

Untuk menuju air terjun ini, kalian perlu menuruni puluhan anak tangga. Namun, percayalah, semua rasa capek tersebut akan terbayar lunas setelah kalian sampai di bawah. Untuk menyusuri air terjun ini pun tidak sulit karena sudah disiapkan bebatuan yang disusun untuk menapakkan kaki kalian dengan mudah.



3. Curug Sigludug

Selanjutnya adalah Curug Sigludug. Tempat yang satu ini baru saja dibuka bulan Maret 2019. Yang membuat air terjun ini istimewa adalah karena adanya air terjun yang hangat dan dingin yang berada pada satu tempat. Keunikan yang satu inilah yang membuat Air Terjun Sigludug Wonosobo banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Air Terjun Sigludug Wonosobo ini berlokasi di Dusun Lamok, Desa Kalidesel, Kecamatan Watumalang, Kabupaten Wonosobo. Untuk dapat sampai ke sana, kalian akan butuh sedikit perjuangan dan tenaga ekstra, karena jalur menuju air terjun ini masih berupa jalan setapak dan agak curam. Namun, setelah kalian sampai di sana, lelah kalian akan hilang seketika karena pemandangannya yang indah dan juga menawan. Untuk biaya masuk, kalian hanya perlu merogoh kocek Rp 5.000,- untuk tiket masuk dan biaya parkir hanya sebesar Rp 2.000,-.

Sahabat explorer, itulah beberapa air terjun di Wonosobo yang bisa kalian kunjungi bersama keluarga atau teman-teman. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments