Jawa Tengah Liburan Keluarga

Oleh-Oleh Khas Semarang Yang Wajib Kalian Beli!

oleh-oleh khas semarang - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: airyroom

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, Semarang memang kota yang sangat indah dan tentram. Berbagai macam objek wisata dan juga kuliner bisa kalian temukan di sana. Kota yang satu ini juga penuh akan sejarah panjang kemerdekaan Indonesia. Tidak heran jika waktu liburan telah tiba, kota yang satu ini dipenuhi oleh para turis sahabat explorer. Selain itu, Semarang juga terkenal dengan beberapa oleh-oleh kuliner yang sangat nikmat. Oleh-oleh khas Semarang ini wajib kalian beli saat berkunjung ke sini ya sahabat explorer. Sebab, beberapa oleh-oleh ini memang khas, jadi tidak bisa ditemukan di kota lainnya. Keunikan ini lah yang membuat Indonesia sangat kaya akan tradisi dan juga budaya ya sahabat explorer.

Oleh-Oleh Khas Semarang

Oleh-oleh khas Semarang ini tentunya memiliki kualitas yang sangat baik sahabat explorer. Yang dimaksud adalah kualitas bahan-bahan yang digunakan dan juga kemasan yang diberikan kepada para pelanggan. Kalau soal rasa, wah sudah tidak perlu diragukan lagi sahabat explorer! Dijamin rasanya enak banget! Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja yuk ulasannya, kira-kira ada apa saja ya? Cekidot!

Baca Juga: Berikut Adalah Skater Paling Berpengaruh Di Dunia!



1. Kue Mochi

Oleh-oleh khas Semarang yang pertama adalah kue mochi. Mochi ini dibuat dari tepung ketan dengan isian kacang tumbuk yang dicampur dengan gula atau karamel. Dari gambar dan bahan pembuatannya saja sudah terasa manisnya di mulut ya sahabat explorer

Jajanan yang satu ini mirip onde-onde tapi dengan bentuk yang lebih kecil, lembek dan juga kenyal. Biasanya terdapat taburan wijen di atas mochi khas Semarang tersebut. Salah satu merk mochi  yang terkenal di Semarang adalah mochi atau moaci gemini. 

2. Wingko Babat

Oleh-oleh khas Semarang yang selanjutnya adalah Wingko Babat. Wingko atau yang sering disebut juga dengan “wingko babat” ini adalah makanan tradisional khas Semarang. Wingko adalah sejenis kue yang terbuat dari parutan kelapa muda, tepung beras ketan dan juga gula pasir.

Wingko ini sangat terkenal di pantai utara Pulau Jawa sahabat explorer. Rasa manis bercampur dengan legit membuat makanan ini selalu menjadi incaran wisatawan yang berwisata ke Semarang. Jajanan wingko babat ini, sangat cocok untuk menemani minum teh di pagi hari. Tenang saja sahabat explorer di Semarang terdapat banyak produk makanan jenis wingko ini. Banyak produk makanan ini dari berbagai merek yang bisa kalian temukan.



3. Lumpia

Oleh-oleh khas Semarang yang selanjutnya adalah Lumpia. Siapa sih yang tidak tahu jajanan yang satu ini sahabat explorer? Lumpia adalah jajanan legendaris Semarang yang memadukan cita rasa dari Tionghoa dan juga Jawa. Tidak heran jika camilan yang satu ini merupakan oleh-oleh wajib dibawa saat kalian liburan ke Semarang, Jawa Tengah.

Lumpia khas Semarang ini berbahan dasar rebung, daging ayam, udang ebi dan juga telur yang dibungkus dengan kulit lumpia. Di Semarang kalian bisa menemui banyak sekali penjual lumpia yang tersebar di hampir seluruh sudut kota. Tempat penjual lumpia yang terkenal seperti Lumpia Gang Lombok, Lumpia Mataram, Lumpia Cik Me Me. Ada pula Lumpia Mbak Lien, Lumpia Pak Sastro, Lumpia 57, Lumpia Sari Rasa, Lumpia Djoe dan juga masih banyak lagi yang lainnya. Harga rata-rata satu buah lumpia ini dihargai mulai dari Rp. 15.000 sahabat explorer

4. Bandeng Presto

Oleh-oleh khas Semarang yang selanjutnya adalah Bandeng Presto. Semarang merupakan rajanya bandeng presto dengan berbagai macam toko yang menjual merk berbeda. Bandeng presto ini, biasanya dikirim dari Juwana, sebuah daerah di Pati yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Semarang.  Bandeng presto merupakan ikan bandeng yang dipresto sampai lunak hingga ketulang-tulangnya.

Hidangan yang satu ini sangat nikmat jika disajikan dengan sambal bawang atau sambal goreng dan juga nasi hangat. Jika kalian ingin membawa pulang makanan ini, banyak toko yang sudah membungkus ikan dengan rapat dengan teknik vacuum.  Saat bandeng presto sudah sampai rumah maka kalian harus cepat-cepat untuk memasukkannya kedalam kulkas sahabat explorer, agar bisa lebih tahan lama. 

Bandeng yang akan dibawa pulang merupakan bandeng yang sudah selesai di presto dan belum digoreng. Kalian bisa menemui toko bandeng presto yang nikmat di Semarang. Antara lain Bandeng Bonafide, Bandeng Juwana-Elrina, Bandeng Djoe, Bandeng Hj. Djum. Harga satu ekor bandeng presto di banderol mulai dari puluhan sampai dengan ratusan ribu rupiah, tergantung bobot ikan tersebut.

Sahabat explorer, itulah beberapa oleh-oleh khas Semarang yang bisa YoExplore informasikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments