Makanan Dan Minuman

Asal-Usul Minuman Tren Selama Social Distancing, Dalgona Coffee

asal-usul dalgona coffee - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: tribun

YOEXPLORE, Tour Operator – Sahabat explorer, selama masa pandemi coronavirus baru yang menyebabkan penyakit Covid-19 ini, kita memang dianjurkan untuk di rumah saja. Berbagai macam peraturan baru seperti PSBB sudah diresmikan oleh pemerintah dan berlaku untuk seluruh jajaran masyarakat. Hal ini demi memutus mata rantai penyebaran coronavirus itu sendiri. Aktivitas di rumah saja memang akan membosankan jika kamu tidak berbuat apa-apa. Banyak orang yang memanfaatkan waktunya dengan membuat minuman yang sedang trending ini, sahabat explorer. Namanya adalah Dalgona Coffee. Seperti apa sih asal-usul Dalgona Coffee ini? Kenapa bisa viral, ya?

Asal-Usul Dalgona Coffee

Dalgona Coffee atau kopi Dalgona memang menjadi tren minuman baru di Korea Selatan saat orang-orang sedang melakukan social distancing atau physical distancing karena pandemi virus corona baru yang menyebabkan COVID-19. Orang-orang Korea membuat Dalgona Coffee kemudian mengunggahnya di media sosial. Cara membuat dalgona coffee juga terbilang cukup mudah. Bahan yang dibutuhkan hanyalah kopi instan, gula, dan air yang kemudian dikocok hingga mengental dan ditaruh di atas es yang sudah disirami dengan susu. Dalgona coffee menjadi trend dan menyaingi seni latte atau latte art. Dikutip dari Los Angeles Times, Dalgona Coffee juga dikenal dengan whipped coffee di tempat-tempat seperti India, Pakistan dan Macao. Namun, kopi yang satu ini diberi nama Dalgona di Korea Selatan karena rasanya yang mirip dengan permen Dalgona.

Baca Juga: Data Dari Gilead Tentang Percobaan Obat Untuk Coronavirus Menunjukkan Respon Dari Pasien



Permen Dalgona

Biasanya toko serba ada menjual peralatan pembuatan permen Dalgona agar anak-anak dapat melakukannya sendiri setelah selesai sekolah. Dibuat dengan gula dan soda kue, Dalgona masih dijual di jalan di daerah wisata. Bentuk dari permen Dalgona ini mirip lolipop dengan bentuk-bentuk yang tercetak di atasnya dan jika kamu berhasil makan Dalgona di sekitar bentuk tanpa merusaknya, kamu bisa mendapatkan permen yang lain secara gratis. Asal usul permen Dalgona Korea ini tidak pasti. Namun, menurut Gwangju News, permen ini diduga berasal dari wilayah Busan pada tahun 1960-an. Berbeda dengan kopi asli dari Inggris dan juga negara Barat lainnya, resep permen Korea sangat sederhana.

Resep Permen Dalgona

Tuang satu sendok gula atau satu blok glukosa pada sendok logam, lelehkan, kemudian aduk. Ketika cairan berubah menjadi lengket dan kuning, tambahkan sedikit soda kue atau natrium bikarbonat agar membuatnya naik. Kemudian taruh gula dan soda yang sudah kembung di atas piring agar cepat dingin. Lalu, dapat diratakan kembali untuk menghilangkan bentuk yang berbeda. Resep cepat dan sederhana ini memudahkan kamu membuat Dalgona di rumah. Kembali pada tahun 1970-an sampai 1990-an, ada pedagang Dalgona yang menjual potongan-potongan Dalgona dengan harga 50 hingga 100 won. Permen ini dijual dalam berbagai bentuk, ada bentuk hati, bentuk bintang, dan juga banyak bentuk lainnya yang dibuat di area bundar sehingga mirip kue pipih.

Di masa lalu, ketika kompor gas masih jarang dimiliki, pedagang Dalgona harus memanaskan sendok mereka di atas briket batubara. Mulai sejak tahun 1980-an, Dalgona perlahan memudar karena alasan-alasan seperti kualitas yang rendah dan produksi yang tidak bersih. Tentu saja, permen yang satu ini juga jauh dari camilan sehat karena mengandung 99 persen gula. 

Belakangan ini, para penjual Dalgona terkadang masih muncul di sekitar taman dan tempat-tempat wisata. Kemajuan teknologi sekarang juga telah memungkinkan mesin pembuatan Dalgona secara otomatis, dan ini juga dapat ditemukan di depan toko alat tulis. Kamu juga dapat menemukan suguhan manis ini di jalanan Chungjang-ro dan Geumnam-ro.

Bagi kamu yang penasaran bagimana cara membuat Dalgona Coffee, simak video berikut ini:

Sahabat explorer, itulah asal-usul Dalgona Coffee yang mungkin bisa menemani waktu senggang kamu hari ini. Caranya sangat mudah, seperti yang ditunjukkan video di atas. Kamu bisa langsung buat sekarang juga, sahabat explorer!

Tetap aman dengan #dirumahaja, patuhi peraturan PSBB dan stay safe, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments