Makanan Dan Minuman

Klepon atau Kelepon?

Klepon

YOEXPLORE.CO.ID – Pada akhir juli 2020, Indonesia digegerkan dengan viralnya “Klepon Tidak Islami”, berbagai spekulasi pun bermunculan. Namun demikian, hal menarik yang dapat kita ulik disini adalah penyebutan dari camilan jajanan pasar berwarna hijau ini, jadi Klepon atau Kelepon, sahabat explorer?

Klepon, Jajanan Pasar Ori Indonesia

Kue khas tanah air ini sering dianggap camilan khas dari Pulau Sumatra, Pulau Sulawesi, bahkan sampai negara tetangga, Malaysia. Namun, dapat dipastikan bahwa Klepon atau Kelepon berasal dari Pulau Jawa. Karena itu dapat disimpulkan bahwa penulisan Klepon sering berubah menjadi Kelepon karena pelafalan logat saja. Jajanan tradisional berbahan dasar tepung ketan ini ada sejak tahun 1950-an. Kabarnya, kue ini pertama kali diperkenalkan oleh imigran Indonesia ke Belanda. Kue ini pun menjadi bagian dari menu yang ditawarkan di restoran Indonesia-Belanda serta etnis Tionghoa. Walau camilan yang cocok untuk disantap pada pagi atau sore hari ini dapat disebut sebagai kue jadoel, ternyata rasanya sangat menarik dan bervariasi lho!



Beras Ketan Gula Merah

Jenis kelepon yang satu ini paling banyak kita temui di gerobak dorong penjual kelepon, sahabat explorer. Ya, klepon beras ketan berwarna hijau berisikan gula merah lumer di dalamnya serta dibalurkan dengan parutan kelapa di luarnya. Kelepon yang satu ini juga bisa menjadi camilan kue yang menyehatkan karena dibuat dengan menggunakan bahan-bahan alami. Beberapa bahannya, yaitu tepung beras ketan, daun pandan hijau sebagai pewarna, gula merah jawa, garam, kapur sirih untuk endapan air kapur, serta kelapa yang tidak terlalu tua untuk parutan luarnya. 

 Klepon Beras Ketan Gula Merah

sumber: Sweetrip Indonesia

Jaja Klepon Bali

Sahabat explorer, perbedaan mencolok antara kelepon Bali dan kelepon Jawa yang biasa ditemui adalah bentuknya yang sedikit oval dan meruncing di kedua ujungnya. Kelepon Jawa biasanya berbentuk bulat seperti onde-onde. Walaupun sama-sama berisikan gula merah, klepon Bali memberikan sensasi lebih kenyal ketika digigit serta ketebalan kulit yang lebih tipis sehingga gula di dalamnya langsung melted di dalam mulut.

Jaja Klepon Bali

sumber: Svarga

Ubi Ungu

Mau klepon yang anti mainstream? Sahabat explorer bisa mencoba versi ubi ungu yang menjadi pembeda utamanya. Untuk isi adonannya tetap menggunakan gula merah jawa namun dapat dipastikan taste yang akan kamu nikmati sensasinya berbeda dengan varian beras ketan gula merah. Camilan berbahan dasar ubi ungu ini akan semakin lezat jika disantap dengan secangkir kopi atau teh hangat.

 Klepon Ubi Ungu

sumber: Pixabay

Nangka

Jika kamu bosan dengan isian hanya gula merah jawa, klepon juga dapat dipadukan dengan buah mata nangka yang dipotong dadu. Untuk varian ini, tepung yang digunakan adalah campuran  tepung ketan putih dan tepung ketan hitam, serta santan hangat, yang kemudian diaduk hingga rata.

Klepon Nangka
sumber: Instagram (@ikka_yafienano)

 Ubi Nangka 

Makanan biasa akan terasa lebih spesial ketika digabungkan dengan kreativitas, salah satunya adalah klepon dengan isi ubi nangka. Varian ini memang terdengar out of the box, namun dapat dijamin rasanya sangat menarik dan enak karena menggunakan tepung sagu sebagai bahan dasar adonannya dan perasa vanili.

Klepon Ubi Nangka

sumber: Cookpad

Singkong 

Kelepon merupakan camilan yang terkenal akan taste manisnya, namun bukan berarti sahabat explorer tidak bisa menikmati versi gurih. Singkong berhasil menjadi pengganti yang baik sebagai bahan dasar adonan dari jajanan tradisional ini karena rasa gurihnya yang banyak digemari dan mudah  masuk ke lidah orang Indonesia. Selain itu, menggunakan singkong sebagai bahan dasar, membuat tekstur kelepon lebih lembut dibandingkan versi varian lainnya. Gabungan rasa gurih pada klepon singkong dengan manisnya isian gula merah jawa memberikan sensasi tersendiri saat melahapnya.

Klepon Singkong
sumber: Instagram (@deamerici27)

Labu Kuning

Kreasi kue kelepon lainnya yaitu menggunakan labu kuning sebagai bahan dasar dari adonan. Varian kali ini sangat unik dan menarik lho, sahabat explorer. Jajanan pasar ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar yaitu labu kuning yang dilunakkan dengan cara dikukus. Meskipun masih terdengar kurang familiar, rasa yang dihasilkan dari klepon labu kuning sangat enak dan lezat, serta dengan menggunakan labu kuning, kreasi kue jadoel yang satu ini menjadi lebih menyehatkan.

Klepon Labu Kuning
sumber: Instagram

Buah Naga

Jika sahabat explorer ingin mencoba kelepon dengan warna yang lebih menarik lagi, bisa mencoba kreasi resep kelepon buah naga. Klepon buah naga merupakan resep  yang cukup favorit lho, sahabat explorer! Kue ini berwarna cantik dan sangat menggugah selera. Rasanya lebih maknyus karena perpaduan manis dari buah naga dengan isian gula merah jawa.

 Klepon Buah Naga

sumber: Cookpad

Keju

Berbeda dengan beberapa varian klepon di atas yang rata-rata menggunakan parutan kelapa sebagai pembalur luarnya, resep kelepon kali ini menggunakan keju sebagai pembalur bagian luar nya.

Klepon Keju
sumber: Cookpad

Mochaccino Keju

Jika tadi kita mengganti adonan klepon dengan ubi, pada varian ini kita dapat menggunakan tambahan pasta mochaccino untuk adonannya, lalu kita berikan isi dengan potongan keju sebagai pengganti gula merah jawa. Varian kali ini sangatlah sesuai dengan taste para generasi milenial.

Klepon Moccachino Keju 

sumber: Instagram (anisanisyah90)

Cara  Paling Afdol Menikmati Klepon 

Sahabat explorer, di zaman kekinian ini, eksistensi camilan khas ini perlu dipertahankan walau memiliki citra makanan jadoel. Disebutkan dalam buku yang berjudul Local Development Heritage: Traditional Food and Cuisine as Tourist Attractions in Rural Areas (1998) oleh Bessire, kelepon dihargai sebagai salah satu warisan budaya yang menjadi simbol identitas kolektif suatu daerah atau kelompok. Masa kini, menikmati kelepon bukan hanya dengan bentuk versi originalnya saja, tetapi juga inovasi-inovasi baru yang menonjolkan kelepon didalamnya.  Beberapa contoh inovasi kelepon, diantaranya Boba Klepon oleh Street Boba milik influencer bernama Jovi Adhiguna, ada juga kreasi para pecinta sweets and dessert yaitu cake klepon dan dessert box klepon, serta juga dijadikan makanan ringan yaitu cookies.  

Variasi Klepon

sumber: Le Soho Cupcakes, The Shonet, Facebook, Tokopedia

Sang Makanan Jadoel dengan Value yang Berlangsung Sampai Masa Kini

Sebagai jajanan pasar, hingga saat ini kelepon sangat mudah untuk sahabat explorer temui di berbagai pasar tradisional. Banyak orang menggemari camilan tradisional ini karena rasanya yang enak dan harganya yang murah. 

Selain dinikmati sebagai camilan, ternyata kelepon juga bisa memberikan pelajaran moral, loh, sahabat explorer. Ketika menyantap klepon atau kelepon, isian yang ada di dalam kue ini akan lumer di mulut, nah saat kita memakannya dengan keadaan mulut terbuka, maka isian dari kelepon yang meleleh tersebut akan berantakan kemana-mana. Pelajaran moral yang dapat yaitu cara makan yang baik dan sopan dengan menutup mulut dan tidak berbicara saat makan.

Jangan lupa untuk mencoba varian klepon atau kelepon ya sahabat explorer! Semoga artikel ini berguna dan sampai bertemu lagi di tulisan selanjutnya!

Tentang penulis

Marisa

Marisa

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE, seorang hospitality enthusiast yang menyukai seni musik.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments