Makanan Dan Minuman

Menu Makan Sahur dan Buka Puasa Di Tengah Pandemi Corona

menu buka puasa dan sahur di tengah corona - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: wolipop

YOEXPLORE, Tour Operator – Ramadhan telah tiba, bulan suci bagi umat Muslim untuk menjalankan ibadah puasa. Tidak hanya menahan lapar dan juga haus, namun juga menahan hawa nafsu termasuk emosi. Bulan ini juga bisa dibilang sebagai bulan berbagi, karena memang umat muslim, wajib, bila mampu, untuk memberikan zakat (sedekah) kepada mereka yang membutuhkan. Namun, suasananya akan berbeda di Ramadhan tahun ini, sahabat explorer. Apa lagi kalau bukan karena pandemi Covid-19. Tentunya ini juga berpengaruh terhadap menu buka puasa dan sahur di tengah corona. Kita harus makan makanan yang lebih bergizi lagi. 

Baca Juga: Kenapa Buka Puasa Umum Dengan Kurma? Selain Sunnah Nabi Ternyata Manfaatnya Banyak Loh!

Menu Buka Puasa dan Sahur Di Tengah Corona

Imunitas kita tetap perlu dijaga, sahabat explorer. Kita memang harus makan makanan yang bergizi, namun tetap dengan porsi yang secukupnya dan jangan berlebihan. Dampaknya juga tidak baik untuk kesehatan tubuh kita, sahabat explorer. Lantas, apa menu buka puasa dan sahur di tengah corona ini yang cocok? Berikut adalah rangkumannya:



Perbanyak Asupan Energi

Agar dapat menjaga daya tahan tubuh kamu tetap sehat dan kuat selama puasa, ditambah lagi dengan adanya wabah virus corona yang kian merajalela, maka kamu perlu makanan sahur dan buka puasa yang mengandung cukup energi, seperti protein, vitamin, dan juga mineral.

Lalu, kamu juga harus mengurangi asupan makanan yang berkarbohidrat yang berasal dari gula dan sirup, gorengan, dan juga makanan yang berlemak tinggi seperti santan dan juga jeroan. Selain itu, asupan vitamin dan mineral yang cukup juga perlu dipenuhi. Makanlah sayuran serta buah-buahan untuk mencukupi vitamin di dalam tubuh. Semakin bervariasi buah dan sayur yang kamu konsumsi saat sahur dan buka puasa, maka asupan vitamin serta mineral untuk tubuh kamu semakin terpenuhi. Tetap menjaga makanan yang masuk ke dalam tubuh agar tidak berlebihan. Karena jika makanannya berlebihan akan memperburuk sistem pencernaan kamu, sahabat explorer. Meski sedang buka puasa, makanlah secukupnya saja, ya. 

Menu Buka Puasa

Untuk menjaga daya tahan tubuh, kamu mulai harus memilih makanan untuk berbuka puasa. Harus makanan yang bergizi tapi juga tetap nikmat. Kamu harus mengonsumsi makanan berbuka puasa yang rendah lemak. Selain itu, kamu juga harus makan makanan yang kaya akan cairan dan gula alami agar menambah energi di dalam tubuh. Jangan sampai kamu mengonsumsi makanan dan minuman dengan porsi banyak dengan mengandung gula tambahan. Hal itu sangat tidak dianjurkan, sahabat explorer. Berikut adalah makanan dan minumannya:

Minuman

Minuman yang cocok untuk kamu saat buka puasa adalah air putih, susu, jus buah, atau bisa juga smoothies. Minuman jus buah atau smoothies dapat memberikan nutrisi tanpa adanya tambahan kalori atau gula tambahan. Karena susu dan buah sudah mengandung rasa manis yang alami.

Kurma

Kurma merupakan buah yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW., sebagai menu untuk berbuka puasa. Buah kurma mengandung banyak nutrisi yang bagus untuk mengembalikan energi tubuh karena kurma mengandung gula yang alami. Selain gula yang alami, kurma juga mengandung mineral seperti kalium, tembaga, dan juga sumber serat yang baik untuk pencernaan kamu.  Jika kamu bosan mengonsumsi kurma tiap hari selama buka puasa, kamu bisa juga mencoba buah-buahan kering lainnya, seperti apricot, buah ara, kismis, prem, yang juga mengandung nutrisi yang tinggi. Disarankan ketika kamu menggunakan kurma sebagai menu buka puasa, konsumsilah 3 sampai 7 butir kurma dengan minuman air putih.

Sup

Di negara Timur Tengah, sup dipercaya mampu mengembalikan kebutuhan cairan yang hilang selama berpuasa. Menu tersebut sudah menjadi tradisi di banyak negara di Timur Tengah. Sup dengan kaldu daging ditambah dengan sayur dan juga kacang-kacangan, atau biji-bijian dapat membantu tubuh memenuhi kebutuhan nutrisi dan energi setelah hampir 14 jam berpuasa. 

Kualitas makanan yang kamu santap saat buka puasa sangatlah penting. Dengan demikian, cermatlah memilih menu buka puasa yang dapat melengkapi nutrisi dan cairan tubuh kamu. Supaya tubuh tetap bertenaga meski berpuasa di tengah pandemi virus corona.

Menu Sahur Untuk Menjaga Imunitas Di Tengah Pandemi Corona

Selain menu buka puasa yang sehat dan seimbang, kamu juga harus memikirkan menu sahurnya, sahabat explorer. Kamu disarankan untuk mengonsumsi banyak cairan ketika sedang santap sahur. Maka dari itu, pilihlah makanan yang mengandung banyak cairan untuk memastikan kamu tidak mengalami dehidrasi selama menjalani puasa. Selain itu, makanan yang bertepung juga disarankan untuk dapat memenuhi kebutuhan energi kamu. Makanan dengan serat yang tinggi dari gandum juga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh kamu. Selain mengenyangkan, makanan tersebut juga dapat membantu proses pencernaan serta mencegah sembelit.

Lalu, apa saja menu sahur yang cocok untuk disantap saat pandemi virus corona?

Oat

Oat adalah makanan yang terbuat dari biji gandum utuh. Makanan ini akan memberikan kamu nutrisi lengkap. Kamu juga dapat menambahkan buah segar, kacang-kacangan, atau biji-bijian, sahabat explorer. Biasanya oat ini dijadikan sebagai menu untuk sarapan pagi, namun berhubung puasa, jadi kamu bisa makan ini pada saat sahur. Oat sangat kaya akan nutrisi dan juga dapat menjaga daya tahan tubuh kamu seharian. 

Sereal

Menu santap sahur yang selanjutnya adalah sereal. Sereal merupakan menu sahur yang berserat tinggi dan juga diperkaya dengan vitamin hingga mineral. Sereal dapat memberikan nutrisi tambahan. Apa lagi jika sereal tersebut kamu konsumsi bersama susu, kamu juga bisa mendapatkan cairan dan nutrisi seperti kalsium, yodium, dan vitamin B. Menu ini sangat bagus untuk menjaga imunitas tubuh kamu. 

Karbohidrat

Selain sereal, makanan berkarbohidrat seperti nasi, tepung, kentang, dan yang lainnya juga akan menjadi sumber energi utama selama kamuberpuasa di tengah pandemi virus corona. Lauk pelengkap nasi pastikan jangan terlalu asin, karena asin dapat membuat kamu merasa haus selama berpuasa, sahabat explorer.

Yogurt

Selanjutnya adalah Yogurt. Yogurt juga menyediakan nutrisi yang banyak, protein, kalsium, vitamin, serta mengandung cairan. Yogurt juga mengandung probiotik yang baik untuk pencernaan kamu, sahabat explorer. Kamu juga bisa kombinasi yogurt dengan sereal dan buah-buahan. Menu salad buah yogurt sepertinya akan cocok untuk menu sahurmu. Sehat dan juga mengenyangkan, sahabat explorer

Sahabat explorer, itulah beberapa menu buka puasa dan sahur di tengah corona yang bisa kami informasikan. Semoga artikel ini bermanfaat, selamat menjalankan ibadah puasa, tetap #dirumahaja dan stay safe, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments