Makanan Dan Minuman

Resep Kue Apem Panggang Tanpa Tape!

resep kue apem panggang tanpa tape - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: cookpad

YOEXPLORE, Tour Operator – Sahabat explorer, kembali lagi dalam tema kuliner dan juga resep makanan dari YoExplore. Kemarin kita sudah sempat membahas mengenai kue apem ya, sahabat explorer. Sekarang kita akan bahas lagi, namun kali ini berbeda, karena kita akan membahas resep kue apem panggang tanpa tape yang rasanya juga tidak kalah lezat dengan apem goreng biasa! Kue apem adalah kue tradisional yang terbuat dari bahan dasar tepung beras dan santan. Kue apem ini memiliki bentuk yang sangat unik, yakni menyerupai mangkuk. Kue ini begitu populer di seluruh daerah Indonesia, bahkan sampai ke mancanegara.

Resep Kue Apem Panggang Tanpa Tape

Kue apem berhasil mempertahankan kepopulerannya sebagai kue tradisional khas Indonesia meskipun saat ini banyak kue modern beredar di pasaran. Dan tentunya, hal ini menjadi kebanggaan tersendiri. Kue apem populer dikarenakan memiliki rasa yang enak dan juga khas. Kue ini sangat manis dan sedikit gurih karena dicampur juga dengan santan. Kue apem biasanya diolah dengan cara dikukus. Namun, lain halnya dengan kue apem yang satu ini, yang mana kue ini diolah dengan cara dipanggang. Sama dengan cara membuat kue apem lainnya, kue apem panggang ini juga cukup mudah dibuat. Nah, berikut ini resep dan cara membuat kue apem panggang tanpa tape yang enak, nikmat dan lembut.

Baca Juga: Mau Tau Cara Bikin Kue Apem Jawa Yang Enak? Simak Resepnya Ya!



Bahan-Bahan

Sebelum masuk ke dalam cara pembuatannya, ada beberapa bahan-bahan yang terlebih dahulu harus kalian kumpulkan. Semuanya ada di pasar atau di toko kue terdekat kok, sahabat explorer. Berikut adalah bahan-bahannya:

  • 200 gr tepung beras
  • 30 gr tepung terigu
  • 200 gr gula pasir
  • 500 ml santan hangat
  • 1 sdt fermipan
  • 1 sachet susu kental manis putih
  • secukupnya garam
  • secukupnya selai coklat

 Mudah dicari kan, sahabat explorer? Mungkin tidak perlu ke pasar, di warung sembako dekat rumah kalian juga pasti menjual bahan-bahan tersebut, sahabat explorer

Cara Membuat

Setelah bahan-bahan tersebut sudah dikumpulkan, barulah kita bisa mulai membuat resep kue apem panggang tanpa tape ini, sahabat explorer. Berikut adalah langkah-langkah pembuatannya, ikuti sesuai dengan nomor ya, sahabat exlorer, agar hasilnya maksimal!

  1. Dalam wadah campur semua bahan jadi satu kecuali selai coklat, kemudian aduk rata hingga tidak ada tepung yang bergerindil. Kemudian diamkan adonan selama 1 jam.
  2. Tuang adonan ke dalam cetakan yang sudah diolesi margarin ato minyak terlebih dahulu sebanyak 1/2 cetakan, kemudian beri selai coklat lalu tuang lagi adonan hingga 3/4 bagian cetakan.
  3. Tata cetakan di atas loyang lalu masukkan loyang ke dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Oven hingga matang.
  4. Setelah matang, keluarkan kue dari dalam cetakan dan biarkan dingin.
  5. Setelah dingin, tata di atas piring saji dan sajikan bersama dengan minuman kesukaan kalian.

Sahabat explorer, itulah resep kue apem panggang tanpa tape yang bisa YoExplore bagikan kepada kalian. Caranya sangat mudah dan tidak memakan waktu yang lama. Cocok untuk camilan di sore hari ditemani dengan segelas kopi atau teh, sahabat explorer.  Rasanya yang sedikit gurih bakal membuat siapa saja akan ketagihan saat mencicipinya. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments