Makanan Dan Minuman

Resep Membuat Bakso Yang Gurih Dan Kenyal

resep membuat bakso - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: craftlog

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, siapa sih disini yang tidak suka bakso? Semua orang pasti suka kuliner yang satu ini! Sudah menjalar dimana-mana sahabat explorer. Mulai dari restoran sampai gerobak keliling juga ada. Makanan yang satu ini merupakan solusi perut kosong bagi masyarakat Indonesia. Daging berbentuk bulat dan kenyal ini memang paling asik dipadukan dengan kuah kaldu, bihun, saus dan juga sambal. Sekarang makin banyak variannya sahabat explorer, mulai dari ukuran yang besar sampai isian dari bakso yang bermacam-macam. Mulai dari isi daging, keju, bahkan sampai isi udang juga ada! Walaupun sering makan, kalian sudah tau belum resep membuat bakso yang enak dan gurih tersebut?

Resep Membuat Bakso

Dalam kesempatan kali ini, YoExplore akan memberikan kalian resepnya loh! Jadi kalian bisa bikin di rumah. Tentunya kalau bikin di rumah lebih terjaga kebersihannya kan sahabat explorer, oleh karena itu simak baik-baik resep yang akan kami berikan ini ya sahabat explorer. Seperti biasa kami akan menuliskan bahan-bahan dan juga cara pembuatannya. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak ya sahabat explorer! Cekidot!

Baca Juga: Suka Makanan Gurih? Langsung Bikin Cheese Stick Keju Yuk!



Bahan-Bahan

Ada beberapa bahan-bahan yang perlu kalian siapkan dalam membuat makanan yang satu ini. Bahan-bahannya mudah dicari di pasar kok sahabat explorer, tentunya tidak akan sulit. Berikut adalah bahan-bahannya:

  • Telur 2 butir, di ambil putihnya saja
  • Bawang putih
  • Bawang merah
  • Daging sapi
  • Daging ayam
  • Garam 1/2 sampai 1 sendok makan
  • Baking powder 2 sendok teh
  • Merica bubuk 1/2 sendok teh
  • Tepung tapioka / tepung sagu 8 – 10 sendok makan

Mudah kan sahabat explorer? Kalau bahan-bahan ini sudah siap kita langsung bisa praktek resep membuat bakso ini. Yuk lanjut!

Cara Membuat

Setelah bahan-bahan tersebut dipersiapkan, kita langsung masuk ke dalam cara pembuatannya sahabat explorer. Kami menyarankan kalian untuk menggunakan food processor agar daging bisa lebih halus lagi. Ikuti langkah-langkah berikut ini agar hasilnya maksimal ya sahabat explorer. Berikut adalah caranya:

  1. Untuk 500 gr daging, haluskan 2 siung bawang putih segar atau kalian bisa ganti dengan 2 sendok makan bawang merah goreng halus dan 3 sendok makan bawang putih goreng yang sudah di haluskan
  2. Ada 2 cara penghalusan daging, yaitu dengan di ulek atau pilih dengan food processor
  3. Jika cara dengan di ulek atau tumbuk : potong kecil-kecil daging sapi dan ayam, lalu dicincang dengan pisau kemudian ulek atau tumbuk-tumbuk dengan ulekkan
  4. Jika dengan food processor, perbandingan campuran daging sapi dengan ayam yang sudah halus sesuai selera yang totalnya  kurang lebih 500 gram.
  5. Jika adonan daging sudah halus, masukkan 2 siung bawang putih mentah yang segar atau pilih 2 sendok makan bawang merah goreng halus dan 3 sendok makan bawang putih goreng yang sudah dihaluskan
  6. Giling hingga halus
  7. Masukkan 2 butir putih telur
  8. Garam 1/2 sampai 1 sendok makan
  9. Baking powder 2 sendok teh
  10. Merica bubuk 1/2 sendok teh
  11. Tepung tapioka / tepung sagu 8 – 10 sendok makan
  12. Giling semua hingga halus dengan food processor
  13. Jika pakai tangan aduk sambil di remas-remas
  14. Jika sudah tercampur rata masukkan adonan ke dalam kulkas 1 sampai 3 jam
  15. Panaskan air dalam panci, didihkan, lalu kecilkan api hingga didihan tidak ada gelembung-gelembung ke atas.
  16. Bakso akan lebih gurih jika saat pembentukan dan saat memasukkan ke dalam air panas dalam kondisi dingin habis keluar dari kulkas langsung. 
  17. Bentuk menjadi bulatan bakso sampai habis, besar nya sesuai selera kalian
  18. Tunggu hingga pentol bakso mulai mengapung, angkat jika sudah mengapung semua
  19. Sekarang resep membuat bakso sapi kenyal alami sudah selesai

Sekian Cara Pembuatannya

Bagaimana sahabat explorer? Mudah kan cara membuatnya? Dijamin sekali praktek langsung bisa deh! Sekian tulisan mengenai kuliner kali ini, semoga artikel ini bermanfaat ya. Seperti biasa kami tidak bosan untuk mengingatkan kalian untuk menceritakan pengalaman traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments