Makanan Dan Minuman

Resep Membuat Konro Bakar Yang Nikmat Dan Gurih!

resep membuat konro bakar - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: indonesiago.id

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Konro Bakar. Makanan khas Makassar yang satu ini memang sudah dikenal masyarakat Indonesia secara luas sahabat explorer. Rasanya yang kuat dan juga bumbunya yang sangat terasa memang sangat cocok dengan lidah-lidah orang Indonesia. Makanan yang satu ini memang sudah umum di Kota Makassar, namun bukan berarti kalian tidak bisa membuatnya di rumah loh sahabat explorer. Dalam tema hari ini, seperti biasa kami akan memberikan kalian resep membuat konro bakar yang gurih dan nikmat. Makanan yang satu ini terbilang cukup banyak bumbu masaknya sahabat explorer. Dengan demikian kalian harus benar-benar memperhatikan biar tidak ada yang kelupaan. Setiap bumbu mempengaruhi rasa, tekstur dan juga kegurihan dari daging iga itu sendiri. 

Resep Membuat Konro Bakar

Seperti biasa kami akan memberi tahu kalian bagaimana cara membuatnya dan juga bahan-bahan apa saja yang diperlukan. Oke kalau begitu, mari langsung kita simak saja ulasannya yuk sahabat explorer! Cekidot!

Baca Juga: Berikut Adalah Cara Membuat Kue Putu Mayang Khas Betawi!



Bahan-Bahan

Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan dalam resep membuat konro bakar:
– 1 kg iga sapi, potong-potong
– 1 lbr daun jeruk purut
– 2 batang serai, memarkan
– 3 cm kayu manis
– 2 lbr daun salam4 butir cengkeh
– 2000 ml air
– Minyak untuk menumis

Ini merupakan bahan-bahan utama dalam pembuatan konro bakar sahabat explorer. Namun, ada beberapa bumbu lagi yang harus kalian haluskan, berikut adalah bumbu-bumbunya:
– 1 sdt ketumbar
– 2 cm jahe, kupas
– 7 buah bawang merah
– 4 siung bawang putih
– 3 buah kluwek, ambil dagingnya
– 4 bh cabai merah, buang bijinya
– 1/2 sdt garam

Sedangkan untuk sausnya juga ada bahan-bahannya lagi sahabat explorer. Memang membuat konro ini tidak mudah, jadi dibutuhkan sekali ketelitian. Selain ketelitian juga kalian butuh kesabaran sahabat explorer! Berikut adalah bahan untuk sausnya:
– 150 ml air
– 1/2 sdt garam
– 9 buah cabai rawit merah, haluskan
– 50 gr kacang tanah goreng, haluskan sedikit minyak goreng, untuk menumis.

Itulah beberapa bahan- bahan yang diperlukan untuk resep membuat konro bakar ini sahabat explorer. Ikuti langkah-langkahnya ya sahabat explorer. Setelah kalian sudah mengumpulkan bahan-bahan dan juga bahan yang dihaluskan, maka sekarang kita langsung masuk ke dalam proses cara membuatnya. Simak terus ya!

Cara Membuat

Berikut adalah cara membuat konro bakar. Ikuti langkahnya secara teratur agar hasilnya maksimal.

  1. Tumis bumbu yang dihaluskan, daun salam, daun jeruk purut, cengkeh, kayu manis, dan serai hingga harum. Masukkan iga, aduk hingga berubah warna;
  2. Tuang air, masak hingga empuk dan kuah agak kering, kemudian angkat;
  3. Bakar iga di atas bara api hingga berwarna kecoklatan, kemudian angkat;
  4. Saus: panaskan minyak, tumis cabai halus hingga harum, masukkan kacang tanah halus, kuah sisa iga, air, dan garam, aduk rata. Masak hingga mendidih dan mengental, angkat. Sajikan iga bakar dengan saus.

Bagaimana sahabat explorer? Susah-susah gampang ya membuatnya! Namun jika kalian mengikuti langkahnya dengan benar, kami jamin rasa dari konro bakarnya pasti top markotop jos ganjos! Langsung disajikan untuk keluarga tercinta ya sahabat explorer!

Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments