Jawa Barat Petualangan dan Alam

Desa Wisata Malasari, Destinasi Wisata Tersembunyi di Bogor

desa wisata malasari
image source ; wisatahalimun.co.id

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, Kota Bogor memang tidak ada habisnya akan destinasi wisata baru. Semakin ditelusuri, semakin banyak juga akhirnya tempat liburan keluarga yang sangat unik dan menyenangkan. Indonesia memang memiliki kekayaan alam yang melimpah, oleh karena itu tidak heran jika destinasi wisatanya itu berhubungan dengan alam semua. Entah itu gunung, laut, bukit, bahkan danau dan sungai-sungai. Yang baru di Kota Hujan ini adalah Desa Wisata Malasari. Keindahan alam dan juga kesegaran cuacanya bikin kamu betah untuk berlama-lama di tempat ini. Apalagi bagi kamu yang memang membutuhkan ketenangan dari ramainya suasana Ibu Kota. Tempat ini tentunya sangat cocok nih sahabat explorer! Kalau gak percaya langsung aja kunjungi Desa Wisata ini, dijamin liburan di Bogor kamu bakalan bertambah seru!

Liburan di Desa Wisata Malasari

Lokasinya berada di Kawasan Taman Nasional Halimun arah Bogor Barat sampai kampung Citalahab, Kecamatan Nangung, Kabupaten Bogor. Desa ini dideklarasikan pada tahun 2015 yang lalu, jadi bisa dibilang desa ini masih baru dan belum banyak orang yang tau nih, sahabat explorer. Kesempatan banget bagi kamu yang sudah membaca artikel ini, kamu bisa langsung mengunjungi Desa Wisata Malasari ini langsung bersama keluarga. Desa ini merupakan bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi, dan beberapa fasilitas pendukung pariwisata yang lainnya, dimana didalamnya terjadi interaksi antara wisatawan dengan penduduk asli Malasari. Oleh karena itu, kamu akan mendapatkan sudut pandang baru nih, sahabat explorer, berinteraksi dengan penduduk asli yang mungkin desanya belum pernah kamu tau sebelumnya. Bagi kamu yang berada di wilayah Jabodetabek, jangan pikir panjang lagi ya!

Baca Juga : Liburan Awal Tahun di Jogja Aja Yuk!



1. Termasuk Dalam Kawasan Taman Nasional Halimun

liburan di bogor - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : traveltowonderfulindonesia

Liburan di Bogor Desa Wisata Malasari ini, merupakan sebuah desa yang masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Halimun. Mungkin bagi kamu yang pernah camping di Batu Tapak, Cidahu, maka kamu akan ‘ngeh’ nih sama yang namanya Halimun Salak. Ini memang sebuah kawasan yang sangat besar, dan di dalamnya juga terdapat Gunung Salak. Jadi kamu akan sering melihat para pendaki mondar-mandir di sekitaran taman nasional ini.

Secara administratif, luas dari Desa Wisata Malasari sekitar 6.470 hektar. Desa ini merupakan wilayah paling besar dalam cakupan Taman Nasional Halimun. Kekayaan alamnya luar biasa banget nih, sahabat explorer, bagi kamu yang memang suka trekking, maka kamu akan takjub dengan flora yang ada di desa dan kawasan taman nasional ini. Luar biasa banget! Jangan heran kalau ngeliat banyak pohon pinus yang tinggi-tinggi ya!

2. Memiliki Keanekaragaman Flora dan Fauna

liburan di bogor - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : indonesiatourism

Liburan di Bogor tepatnya di Desa Wisata Malasari ini, kamu tentu bisa mengeksplorasi Taman Nasional Halimun. Berbagai macam jenis flora dan fauna seperti Macan Tutul, Owa Jawa, Kukang, dan Elang Jawa bisa kamu temukan di sini. Bagi kamu para pecinta wild and nature maka tempat ini sangat cocok untuk kamu kunjungi. Seakan-akan lagi syuting bareng Natgeo Wild deh rasanya!

Tentu saja cuaca yang diberikan akan sangat sejuk, karena pepohonan rindang yang mengelilingi kawasan taman nasional ini begitu banyak. Bahkan, kamu akan sering melihat pemandangan pohon pinus yang begitu tinggi dan kokoh menjulang ke langit.

Tentunya kamu harus ikuti peraturan dan dengan pemandu yang profesional nih, sahabat explorer, jangan pernah trekking hutan ini sendirian. Bukan hanya hutan ini saja, namun hutan manapun pokoknya harus dipandu ya! Ingat, safety first! Tidak apa mengeluarkan uang lebih, yang penting aman dan tentunya juga akan lebih terasa menyenangkan karena kamu dipandu dengan orang yang memang sudah hafal seluk-beluk  dari wilayah ini. Jadi kali aja kan kamu bisa nemuin yang namanya hidden spot di tempat ini!



3. Kebun Teh Nirmala Agung

liburan di bogor - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : travelingyuk

Selanjutnya adalah mengunjungi Kebun Teh Nirmala Agung. Suasana Desa Wisata Malasari ini tambah asri dan sejuk dengan adanya Kebun Teh ini. Salah satu atraksi yang menarik saat mengunjungi wilayah yang memiliki dataran tinggi seperti ini adalah tea tour, atau tur kebun teh. Pastikan kamu semua menggunakan jaket, ya, sahabat explorer, maklum, karena wilayahnya masih sangat asri, jadi cuacanya jauh lebih sejuk dari kebun teh di Bogor yang lainnya.

Kawasan perkebunan ini dibentuk sedemikian rapi pada saat zaman masa penjajahan Belanda. Kawasan ini juga dibuat oleh para leluhur kampung loh, sahabat explorer, jadi ini bener-bener kebun teh asli buatan lokal!

Hamparan hijau daun teh yang sangat luas menghiasi pandangan mata kamu sejauh apapun itu memandang. Akan terlihat sangat eksotis dan Instagramable pada sore hari nih, sahabat explorer. Jadi pas ngeliat matahari udah mau terbenam, langsung aja kunjungi tempat ini untuk foto-foto!

4. Merupakan Kawasan Ekowisata

liburan di bogor - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : bidiknusantara

Liburan di Bogor sambil memahami apa itu yang namanya Ekowisata, sudah jelas tempat terbaik adalah Desa Wisata Malasari. Konsep wisata disini ialah wisata ramah, dimana para pengunjung harus menjunjung tinggi kelestarian alam dan keberlangsungan lingkungan. Mungkin terdengar aneh ya, namanya Wisata Ramah, namun jangan salah sahabat explorer, konsep yang satu ini berhasil membuahkan penghargaan loh!

Pada tahun 2017, Desa Wisata Malasari mendapatkan penghargaan dari Indonesia Sustainable Tourism Award 2017! Luar biasa banget kan ya? Jadi semakin penasaran deh pasti mau dateng ke desa ini, iya gak? Hehe.

Bisa dibayangkan bagaimana keasrian di tempat ini sangat dijaga, penduduk aslinya juga sangat mencintai lingkungan. Kamu bisa banget belajar dari mereka loh!

Menikmati Sejuknya  Kota Bogor

Nah sahabat explorer, itulah salah satu rekomendasi liburan di Bogor yang YoExplore rekomendasikan kepada kamu. Semoga artikel ini bisa menambah destinasi wisata traveling kamu di 2019 ya sahabat explorer. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk share cerita kamu di kolom komentar kami, atau langsung kirim tulisan kamu di Guest Post YoExplore. Oia, jangan lupa juga untuk cantumkan link blog pribadi kamu ya! Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments