Petualangan dan Alam Sumatera

Jalan-Jalan Sambil Belajar Budaya di Mentawai

wisata pulau mentawai - yoexplore - panduan traveling, yoexplore
image source : yoexplore

Panduan Traveling, YOEXPLORE – Sahabat explorer, mungkin banyak orang yang traveling dengan tujuan untuk belajar. Entah itu budaya, agama, adat, atau apapun, intinya adalah untuk mempelajari sesuatu yang belum pernah diketahui sebelumnya. Selain itu, ada juga beberapa orang yang traveling dengan tujuan untuk menemukan sebuah komunitas atau suku pedalaman yang masih kental dengan kepercayaan adat dan budayanya. Tradisi, pakaian, kepercayaan dan cerita rakyat yang tentunya sangat menarik untuk diketahui. Di Indonesia, masih banyak terdapat suku-suku pedalaman yang masih sangat terjaga tradisinya. Salah satunya adalah Suku Mentawai di wilayah Sumatera. Selain itu, banyak juga spot wisata Pulau Mentawai yang masih sangat alami dan indah. Mungkin ini akan menjadi pengalaman yang sangat unik bagi kalian,ya, sahabat explorer. Apakah kalian berniat untuk pergi ke sini?

Wisata Pulau Mentawai

Sebelum merencanakan perjalanan wisata Pulau Mentawai, kenali dulu yuk Pulau Mentawai dan kehidupan masyarakatnya. Secara administratif, Kepulauan Mentawai termasuk dalam wilayah Provinsi Sumatera Barat. Walaupun harus menempuh perjalanan laut yang cukup panjang, destinasi wisata yang memiliki julukan Bumi Sikerei ini memiliki potensi wisata yang sangat luar biasa indah. Selain itu, di sini juga terkenal dengan beberapa titik selancar dengan skala internasional. Wah, luar biasa banget ya sahabat explorer, bagi kalian yang memiliki hobi tersebut, tentu ini akan menjadi sebuah pengalaman yang sangat luar biasa. Penasaran dengan keunikan yang ada di Pulau Mentawai ini? Langsung disimak aja yuk ulasannya!

Baca Juga : Kemarin Udah Nyobain Kuliner di Jakarta Barat? Sekarang Mari kita ke Jakarta Pusat!



Didiami Dengan Suku Asli Yang Menjaga Adatnya

wisata pulau mentawai - yoexplore - panduan traveling, yoexplore

image source : infobudaya.net

Keunikan pertama yang kalian akan temui saat melakukan wisata Pulau Mentawai ini adalah terjaganya budaya asli suku Mentawai. Masyarakatnya masih sangat memegang kuat adat-istiadat mereka. Salah satunya adalah tato yang ada di badan mereka. Tato ini biasanya menggambarkan sebuah anak panah, yang melambangkan bagaimana cara bertahan Suku Mentawai itu sendiri. Memang, masih banyak dari mereka yang suka berburu binatang di hutan sekitar tersebut. Oleh karena itu, mereka biasanya menggunakan panah untuk berburu binatang. Pembuatan tato tersebut juga dengan menggunakan cara yang tradisional. Prosesnya dengan menggunakan kayu yang diruncingkan lalu dipukul-pukul secara bertahap.

Kalian juga bisa melihat mereka dengan pakaian adat mereka yang biasa digunakan sehari-hari. Wah, pokoknya pasti seru banget deh, sahabat explorer, berinteraksi dengan mereka tentu akan menambah ilmu dan wawasan kalian!

Memiliki Spot Surfing Yang Mendunia

wisata pulau mentawai - yoexplore - panduan traveling, yoexplore

image source : yoexplore

Keunikan kedua saat wisata Pulau Mentawai adalah mengunjungi spot surfing atau selancarnya yang sudah mendunia. Dikarenakan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, membuat Mentawai memiliki gulung ombak yang sangat diminati oleh banyak peselancar di dunia. Pada tahun 2016, kepulauan ini menjadi tuan rumah untuk sebuah kompetisi surfing atau berselancar kelas dunia dengan tajuk “Mentawai Pro”. Tujuh dari total 71 satu titik surfing yang ada, termasuk dalam 10 titik surfing terbaik di dunia. Wah, sungguh luar biasa, ya, sahabat explorer, bagi kalian yang tidak bisa berselancar tapi suka menontonnya, maka kalau ada kompetisi seperti 2016 tadi, kalian bisa aja dateng nihGak heran kalau wisata surfing menjadi salah satu kegiatan yang direkomendasikan dalam berbagai itinerary paket trip Mentawai  yang ditawarkan oleh berbagai operator tour.  Kapan lagi melihat kompetisi berskala Internasional yang sangat jarang ini!

Ditetapkan Sebagai Cagar Biosfer Oleh UNESCO dan Memiliki 4 Pulau Induk

wisata pulau mentawai - yoexplore - panduan traveling, yoexplore

image source : whatsnew.id

Saat kalian melakukan kegiatan wisata Pulau Mentawai, kalian dapat mengunjungi Pulau Siberut, yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai cagar Biosfer. Jaraknya kurang lebih 155 kilometer dari kota Padang. Terdapat hutan yang masih alami dan beberapa hewan langka yang hidup di pulau ini, oleh karena itu Mentawai ditetapkan sebagai cagar Biosfer. Setidaknya ada empat satwa endemik yang tinggal di pulau ini, seperti Lutung Mentawai, Bokkoi, Simakobu, dan Liloi.

Selain itu, Mentawai juga memiliki empat pulau induk yang memiliki wilayah yang cukup besar-besar. Keempat pulau tersebut adalah Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara, dan Pulau Pagai Selatan. Beberapa spot surfing terbaik di dunia itupun tersebar di empat gugusan pulau ini.

Sudah Siap Jalan-Jalan Akhir Tahun?

Bagaimana sahabat explorer? Meskipun memang memiliki jarak yang lumayan jauh, namun potensi wisata Pulau Mentawai ini sangat menakjubkan loh. Selain kalian bisa melihat panorama alam dan suku asli Mentawai, kalian juga bisa ikut belajar memanah dan membuat beberapa tenunan asli bersama masyarakat tersebut. Kalian juga bisa ikut pergi memancing dengan para nelayan di sore harinya dengan menggunakan tombak. Wah, ini pasti jadi pengalaman yang sangat unik, ya, sahabat explorer. Jadi bagaimana? Apakah kalian sudah siap untuk berlibur ke Mentawai? Kalian bisa memikuti kegiatan Paket Trip Mentawai 3H2M atau Paket Trip Mentawai 5H4M yang diselenggarakan oleh YoExplore. Share pengalaman kalian di kolom komentar kami ya! Have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments