Berita

Cara Mengurus Visa Liburan Ke Turki!

cara mengurus visa liburan ke turki - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: tribun

YOEXPLORE, Tour Operator – Sahabat explorer, Turki memang menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi masyarakat Indonesia. Selain karena keindahan arsitektur dari kota-kota yang ada di Turki, ternyata negara yang satu ini juga menyimpan banyak sejarah peradaban manusia, khususnya kota Istanbul. Dari namanya saja, Istanbul sudah mengalami beberapa pergantian nama dari zamah dahulu kala sampai akhirnya sekarang dikenal dengan Istanbul. Berbagai macam bangunan bersejarah bisa kamu kunjungi, dan yang menjadi favoritnya adalah Blue Mosque, sahabat explorer. Bagi kamu yang suka dengan sejarah peradaban manusia, sudah sepatutnya untuk mengunjungi negara yang satu ini. Namun, tentu saja dibutuhkan yang namanya visa, sahabat explorer. Cara mengurus visa liburan ke Turki itu juga tidak sulit kok, sahabat explorer.

Cara Mengurus Visa Liburan Ke Turki

Ada 3 cara mengurus visa ke Turki, sahabat explorer. Kamu bisa pilih mana yang menurut kamu paling mudah dan tidak merepotkan. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja yuk ulasannya!

Baca Juga: Bingung Cara Urus Visa ke Korea? Simak Ulasannya Ya!



1. Mengurus Visa On Arrival

Cara mengurus visa liburan ke Turki yang pertama adalah dengan mengurus Visa On Arrival. Ini adalah cara yag paling mudah untuk mendapatkan visa Turki menurut kami, sahabat explorer. Jika kamu mendarat di Bandara Attaturk, Istanbul, Turki, kamu tinggal melihat signboard yang mengarah ke bagian Visa on Arrival (VOA). Kamu bisa antre di bagian VOA untuk mengurus visa kedatangan kamu. Biaya VOA Turki tersebut sebesar 35 USD. Pembayaran HANYA dilakukan dengan mata uang Dollar Amerika, bukan mata uang Turki, ya, sahabat explorer. Counter VOA di bandara juga tidak bisa menerima pembayaran dengan kartu kredit, jadi sebaiknya siapkan dulu uang tunai sebelum kamu mengantri, ya. Setelah proses pembayaran kamu sudah selesai, petugas akan menempelkan stiker visa pada salah satu halaman di paspor kamu. . Ingat, sahabat explorer,  VOA ini berlaku sampai 30 hari. Setelah proses VOA selesai, kamu bisa langsung menuju counter imigrasi dan memulai petualangan di Turki!

2. Mengurus E-Visa Sendiri

Yang selanjutnya adalah mengurus Electronic Visa (E-Visa) sendiri, sahabat explorer. Sekarang, kamu tidak perlu lagi mengantri panjang untuk mengurus visa kedatangan di Turki, sahabat explorer. Mengapa? Dengan sistem online, kamu sudah bisa mendapatkan visa elektronik atau e-visa tanpa harus datang ke Kedutaan besar Turki!  Bagaimana cara mengurus e-visa tersebut? Gampang banget!

– Pertama-tama, kamu harus buka website www.evisa.gov.tr/en

– Setelah itu kamu klik “Apply” dan isi semua data yang dibutuhkan. Hati-hati dalam mengisi data, ya, sahabat explorer. Teliti dan jangan sampai ada yang salah!

– Proses pengisian data selesai, kamu pun hanya tinggal melakukan pembayaran. Lakukan proses pembayaran dengan kartu kredit MasterCard, Visa atau UnionPal. Selain itu, kamu tidak bisa melakukan pembayaran, sahabat explorer. Untuk biayanya sendiri sebesar 25 USD, lebih murah 10 USD dari pada VOA.

– Setelah membayar E-Visa, kamu akan mendapatkan e-mail dan kamu bisa langsung mengunduh visa yang sudah jadi tersebut. 

– Cetak  yang telah kamu terima sebagai bukti untuk masuk ke negara Turki.

Bagaimana? Mudah kan, sahabat explorer? Membuat visa elektronik ke Turki tanpa harus menyiapkan salinan dokumen dan ke kedutaan, kamu juga sudah bisa mendapatkannya, lho!

Sama seperti VOA, E-Visa Turki juga berlaku selama 30 hari saja. Jika kamu sudah membuat E-Visa namun ternyata jadwal keberangkatan kamu ke Turki berubah dan di luar jadwal sebelumnya, kamu harus membuat E-Visa ulang, sahabat explorer. Namun, jika E-Visa tidak jadi digunakan, biayanya tidak bisa dikembalikan.



3. Melalui Agen Perjalanan (Travel Agent)

Cara mengurus visa liburan ke Turki yang terakhir adalah melalui travel agent. Visa Turki pun bisa kamu dapatkan melalui jasa travel agent, sahabat explorer. Jika kamu ikut rombongan tour ke Turki, biasanya kamu juga akan ditawarkan jasa untuk pembuatan visa secara kolektif. Contohnya seperti yang ditawarkan melalui Paket Promo Tour Turkey ini.

Pengurusan visa ini bisa dilakukan melalui Kedutaan Besar. Dengan bantuan agen, tentu kamu tidak perlu repot mengurusnya sendiri, sahabat explorer.

Dokumen yang diperlukan antara lain paspor asli, rekening koran bank asli, fotokopi KTP, fotokopi Kartu keluarga (KK), dan juga fotokopi akte kelahiran. Semua dokumen itu bisa kamu kirim ke travel agent dan nantinya akan dikembalikan saat kamu akan berangkat ke Turki. Jika kamu membutuhkan jasa untuk pembuatan visa ini, kamu dapat menghubungi Qloti Concierge di WA +62-813-222-22-757

Sahabat explorer, itulah 3 cara mengurus visa liburan ke Turki dari YoExplore. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments