Gaya Hidup Infografik

Manfaat Menulis Artikel Bersama YoExplore!

Manfaat Menulis Artikel Bersama YoExplore

Halo, sahabat explorer! Tahukah kamu bahwa menulis artikel walau dilakukan secara digital, memiliki manfaat yang setara dengan menulis manual lho! Lewat menulis artikel, kamu juga bisa mengembangkan banyak soft-skills yang terpendam. Salah satu hal yang paling erat kaitannya dengan menulis artikel, adalah kreativitas.Di dalam menulis artikel, kreativitasmu sendiri juga akan semakin terlatih secara tidak langsung. Kreatif merupakan salah satu soft-skill yang cukup penting lho di industri manapun masa kini. Apa saja sih manfaat menulis artikel? Yuk coba baca artikel ini sebentar, siapa tahu ternyata passion kamu ada di menulis artikel, sahabat explorer! 

Menulis Artikel YoExplore

sumber: gen writers club



Menulis Artikel = Menciptakan Dokumentasi

Selain foto atau video, tulisan juga merupakan salah satu bentuk dokumentasi dari suatu kejadian atau kenangan yang ingin diabadikan. Seiring berjalannya waktu, banyak hal yang mungkin tidak dapat kita ulang kembali. Daya ingat manusia juga terbatas, kecil kemungkinan mengingat seluruh detail suatu kejadian masa lampau dengan sempurna. Bahkan kadang, ingatan akan masa lalu dapat tertutup dan digantikan oleh kejadian-kejadian baru. 

Menulis sendiri merupakan kegiatan yang sangat membantu bagi seorang yang pelupa. Menulis artikel juga termasuk kegiatan mendokumentasikan suatu karya tulis in another level. Bukan hanya sekedar diary untuk konsumsi pribadi, namun dokumentasi yang satu ini sifatnya juga lebih terbuka. 

manfaat menulis artikel

sumber: wizeline

Dalam membuat artikel, tentu ada tujuan manfaat yang kita harapkan dari karya tulis yang dibuat. Selain manfaat untuk diri sendiri, tentu kita berharap karya tulis ini mampu memberikan manfaat kepada orang yang membaca tulisan kita. Artikel tentu juga dapat menjadi salah satu sarana  bagi seseorang untuk menuangkan idenya melalui tulisan. Tahukah kamu, sahabat explorer? Tidak sedikit sejarah yang hilang dan tidak bisa ditelusuri karena sumber sejarah yang tidak didokumentasikan.

Otak Juga Perlu Olahraga!

Membiasakan menulis secara tidak langsung melatih otak untuk terus berpikir sehingga semakin berkembang. Sesimple saat kamu pertama kali mencoba menulis, maka akan ada slump atau mentok gak tahu mau nulis apa. Namun ketika kamu sering berlatih menulis artikel, maka lama-kelamaan kamu akan lancar menyalurkan apa yang ada di kepala dalam bentuk tulisan.

olahraga otak menulis artikel

sumber: sane australia 

Menulis Artikel Mengembangkan Banyak Kemampuan

Di dalam membuat suatu karya tulis, seperti artikel, tentunya ada suatu proses yang perlu dilalui. Mulai dari mencari inspirasi tentang apa yang akan ditulis, lalu mencari referensi untuk menguatkan dasar tulisan, dan mengolah data yang ada. 

Menulis artikel secara tidak langsung akan mengembangkan kemampuan kita dalam konteks tata bahasa. Bagaimana kita mengolah padanan kata dan kalimat menjadi suatu paragraf yang  tentunya mudah dan enak dibaca. Dengan menulis, kamu juga melatih pengaturan logika verbal dan non-verbal. 

Kegiatan menulis terutama dalam bentuk digital juga melatih kemampuan mengetik tentunya. Tidak dapat dipungkiri, era globalisasi membuat kita harus beradaptasi dengan teknologi komputer. Salah satunya adalah kecepatan mengetik. Kecepatan dalam mengetik akan memaksimalkan efisiensi dalam proses produksi karya tulis. Dengan menulis artikel, kita dapat melatih kecepatan mengetik lho, sahabat explorer

Menulis Artikel Mengembangkan Kemampuan

sumber: pinterest

Dan tidak lain tidak bukan, menulis juga akan melatih kemampuan berkomunikasi yang efektif. Berlatih membuat kalimat sederhana yang singkat dan padat, tentu akan menghasilkan feedback komunikasi yang baik. Secara tidak langsung, kemampuan literasi akan meningkatkan kemampuanmu dalam berkomunikasi, sahabat explorer! Jadi kalau mau meningkatkan ilmu komunikasi, selain dengan melatih kepercayaan diri, mungkin kamu bisa mulai dengan belajar menulis secara efektif. Dengan peningkatan kosakata dan pengasahan bahasa yang konstan, kamu semakin memahami dasar tata bahasa yang benar. ada akhirnya, kamu akan lebih percaya diri saat berbicara karena memiliki warna kata-kata yang variatif. Jadi gak mati gaya deh!

Awal Kelahiran Ekspresi, Gagasan dan Ide

Menulis artikel bukan semata hanya tentang kemampuan menulis argumentasi secara akademis. Menulis merupakan salah satu bentuk wadah ekspresi dari ide yang ada di dalam kepala. It goes the same untuk gagasan. Kita tentu memiliki opini yang berbeda antara satu sama lain. Lewat tulisan, kita dapat menuangkan sudut pandang mengenai suatu hal. Opini maupun pandangan tersebut merupakan gagasan yang tercipta dari pengalaman, wawasan, serta kemampuan intelektualitas orang yang berbeda-beda. Menulis juga dapat menjadi awal dari lahirnya ekspresi, gagasan dan, ide-ide baru.

Ide Gagasan Opini

sumber: jobsoid

Self Healing

Selain manfaat-manfaat yang kita dapatkan dari menulis artikel, kegiatan ini juga memiliki manfaat dalam bidang kesehatan mental lho. Kadang kita tidak tahu mau mengekspresikan emosi dengan cara apa. Salah satu media terbaik yang mampu kita temukan adalah dengan menulis. Tahukah kamu, sahabat explorer? Kata-kata mampu mempercepat penyembuhan dalam mental healing

Self Healing in Writing

sumber: edgar cayce nyc

Menuangkan pikiran dan perasaan dalam bentuk tulisan setelah mengalami peristiwa traumatis benar-benar dapat menyembuhkan luka fisik secara lebih cepat. Dengan menuangkan perasaan kita ke dalam tulisan, secara tidak langsung kita sudah melakukan kegiatan curhat. Luapan emosi yang dikeluarkan akan membuat perasaan kita menjadi lebih baik dari sebelumnya. Menulis juga dapat dijadikan sebagai media terapi lho! Saat menghadapi suatu masalah yang menimbulkan perasaan tidak menyenangkan, kita cenderung menyimpan energi-energi negatif di dalam diri. Tetapi, ketika kita mencoba menuangkan perasaan tersebut ke dalam tulisan, maka secara tidak langsung, kegiatan ini akan ‘menyembuhkan’. 

Sahabat explorer, itulah beberapa manfaat dari menulis artikel. Jika kamu tertarik untuk mencobanya, YoExplore menyediakan wadah untuk karya tulismu lho! Selain manfaat-manfaat diatas, kamu juga bisa membuat backlink ke akun media sosial pribadimu seperti instagram. Untuk website bisnis? Silahkan hubungi kami untuk paid content, ya! 

Caranya daftarnya mudah, sahabat explorer! Kamu hanya perlu ambil waktu sebentar untuk mendaftar seperti ini:

menulis artikel yoexplore

klik “Register”

Lalu isi data yang diperlukan, jangan lupa untuk membaca dan mencentang Syarat dan Ketentuan Tulisan Tamu ya! Sahabat explorer, pastikan password kamu mengandung minimal 1 alphabet kapital dan 1 angka ya. 

Daftar YoExplore

Isi Data dan Klik “Register”

Setelah mengklik Register, maka akan muncul tampilan seperti ini. Segera cek email kamu dan klik aktivasi. Lalu silahkan log in dan mulai menyuarakan isi kepalamu dalam bentuk artikel! 

Aktivasi YoExplore

klik “Aktivasi” pada email

 

Ini dia cara menulis artikelnya:

Pilih Penulis, lalu pilih lambang Post yang akan berwarna biru saat di klik. Silahkan klik Create Post, maka akan muncul tampilan Form seperti diatas. Kamu tinggal mengisi kolom yang diperlukan dan bebas mengekspresikan ide dan gagasanmu! Sahabat explorer, agar maksimal, silahkan tulis artikelmu dengan minimal 500 kata ya! Jangan lupa untuk memilih kolom Category sesuai dengan tema artikelmu. Untuk gambar, pastikan berukuran tidak lebih dari 1MiB. 

Menulis Artikel YoExplore

sebelum diisi | setelah diisi

Lalu kamu bisa klik Save untuk menyimpan sebagai draft, dan akan muncul tampilan seperti ini:

YoExplore

tampilan draft

Jika kamu memilih Submit for Moderation, akan muncul tampilan seperti ini:

YoExplore

tampilan untuk menunggu review kami sebelum di publish

Setelah ini, artikel kamu akan YoExplore review dan publish! Selamat berkarya dan salam pariwisata! Welcome to #YoExplore #ExploreUniqueExperience 




Tentang penulis

Marisa

Marisa

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE, seorang hospitality enthusiast yang menyukai seni musik.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments