Berita

10 Fakta Tentang Deklarasi Bangkok, Cikal Bakal ASEAN

deklarasi bangkok - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

YOEXPLORE, Tour Operator – Sahabat explorer, ASEAN atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara adalah organisasi geopolitik dan ekonomi yang menghimpun negara-negara di wilayah Asia Tenggara. Organisasi yang satu ini memiliki cita-cita untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, sosial serta perkembangan budaya negara anggotanya. ASEAN lahir pada tanggal 8 Agustus 1967 melalui Deklarasi Bangkok. Dalam kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai 10 fakta tentang Deklarasi Bangkok tersebut, sahabat explorer. Langsung kita simak saja yuk ulasannya!

Deklarasi Bangkok

Baa Juga: 5 Tokoh Pendiri ASEAN



1. Indonesia Salah Satu Pelopor

Fakta tentang Deklarasi Bangkok yang pertama adalah bahwa Indonesia merupakan salah satu pelopor berdirinya organisasi ini. ASEAN didirikan oleh 5 negara, yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan juga Thailand. Pembentukan Asosiasi ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian yang cukup terkenal yaitu “Deklarasi Bangkok”. Dinamakan demikian karena peresmiannya dilakukan di Bangkok, Thailand.

2. Organisasi Politik dan Ekonomi

Yang selanjutnya adalah bahwa ASEAN dibentuk sebagai organisasi yang membahas mengenai politik serta ekonomi internasional antar negara anggota ASEAN. Sebagaimana diketahui, politik internasional menjadi bidang hubungan pemerintahan antar negara tersebut. Sedangkan bidang ekonomi, berkaitan dengan perdagangan, keuangan, industri, dan juga produksi barang antar negara.



3. ASEAN Didirikan Pada Agustus 1967

ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Tahun 2019 kemarin, ASEAN genap berusia 52 tahun. Organisasi Internasional yang satu ini sekarang sudah beranggotakan 10 negara, antara lain Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja.

4. Sekretariat ASEAN Berada Di Indonesia

Yang selanjutnya adalah sekretariat ASEAN berada di Indonesia meskipun didirikannya di Thailand. Pernah satu gedung dengan kantor Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. Namun pada tahun 1981, kantornya resmi pindah di jalan Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

5. Seluruh Penduduk ASEAN Apabila Dikumpulkan Menempati Posisi 3 Besar Dunia

Yang selanjutnya adalah bila  ASEAN ini disatukan, maka jumlah penduduknya akan menempati posisi 3 besar di dunia, sahabat explorer. Penduduk Tiongkok, menjadi yang terbanyak di dunia dengan sekitar 1,39 miliar jiwa. Nah, jika penduduk ASEAN digabungkan, maka akan menempati posisi ketiga di bawah Negara India yang memiliki penduduk sejumlah 1,34 miliar jiwa.

6. ASEAN Merupakan Rumah Bagi Perusahaan Kuat Di Dunia

Fakta yang selanjutnya adalah ASEAN merupakan rumah bagi perusahaan kuat yang ada di dunia. Pada tahun 2006, ASEAN memiliki 49 perusahaan yang masuk ke dalam daftar Forbes Global 2000. Pada tahun 2013, bertambah lagi menjadi 75 perusahaan. Sementara, 227 perusahaan dunia dengan nilai pendapatan lebih dari 1 Miliar US berada di ASEAN, sahabat explorer

7. Kekuatan Ekonomi ASEAN Diprediksi Bisa Mencapai Peringkat 4 Di Dunia

Yang selanjutnya adalah mengenai kekuatan ekonomi ASEAN. Total Gross Domestic Product (GDP) setiap negara ASEAN, apabila digabungkan, berada di peringkat 7 dunia, senilai 2,7 Triliun USD (Data tahun 2017). Pada tahun 2030 mendatang, nilai ekonomi itu diprediksi meningkat menjadi 8,1 Triliun USD dan menempati posisi ke-4 setelah Tiongkok, India dan Uni Eropa.

8. Empat Negara ASEAN Merupakan Negara Produsen Ikan Terbesar Di Dunia

Selanjutnya adalah fakta mengenai kekuatan produsen ikan di ASEAN. Indonesia, Thailand, Vietnam dan Filipina menjadi empat negara yang masuk ke dalam daftar 10 produsen ikan terbesar di dunia. Sebagaimana diketahui, keempat negara tersebut masuk dalam anggota ASEAN loh, sahabat explorer

9. Pemilihan Ketua ASEAN

Fakta yang selanjutnya termasuk unik, sahabat explorer, mengenai pemilihan ketua ASEAN. Berdasarkan pada Pasal 31 Piagam ASEAN, pemilihan ketua ASEAN dilakukan setiap tahunnya berdasarkan dari urutan abjad nama negara anggota ASEAN dalam Bahasa Inggris.

Menjadi ketua ASEAN juga berarti menyelenggarakan ASEAN Summit di negaranya serta menjadi ketua dalam beberapa pertemuan-pertemuan internasional lainnya, yaitu ketua untuk ASEAN Coordinating Council, kemudian ketua dari tiga ASEAN Community Councils, ketua untuk ASEAN Sectoral Ministerial Bodies dan juga senior officials serta komite untuk perwakilan permanen ASEAN.

Indonesia sendiri sudah pernah empat kali menjadi Ketua ASEAN, yaitu pada 1976, 1996, 2003, dan 2011.

10. Bendera ASEAN

Yang terakhir adalah mengenai bendera ASEAN. Bendera ASEAN ini, terdiri dari empat warna yaitu biru, merah, putih dan kuning yang melambangkan warna utama dari negara-negara ASEAN serta seikat padi di tengahnya. Warna biru berartikan perdamaian dan stabilitas, merah melambangkan keberanian dan dinamis, putih menggambarkan kesucian, serta kuning menunjukkan kesejahteraan. Sedangkan seikat padi merupakan lambang impian negara-negara pendiri ASEAN agar organisasi ini bersatu dalam kerangka solidaritas dan juga persahabatan, dan kemudian lingkaran yang menggambarkan persatuan ASEAN.

Sahabat explorer, itulah beberapa fakta mengenai Deklarasi Bangkok atau ASEAN yang bisa kami persembahkan kepada kamu semua. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kamu di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments