Berita

Berikut Adalah Daftar Negara Bebas Visa Untuk WNI

negara bebas visa - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: tribun

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, traveling memang merupakan kegiatan yang sekarang sudah bisa dibilang menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Semakin berkembangnya teknologi juga berpengaruh terhadap dunia traveling ini. Orang menjadi semakin penasaran dengan pemandangan yang ada di luar sana (selain negara atau kota mereka). Dengan demikian, setiap kota-kota yang menjadi destinasi wisata selalu berbenah setiap tahunnya. Berbenah dalam arti untuk mempersiapkan membludaknya para turis yang akan datang pada saat musim libur telah tiba. Kerjasama antar negara juga sudah mulai diberlakukan dalam hal pariwisata yang salah satunya adalah negara bebas visa. Ini menjadi sebuah keuntungan bagi para traveler yang memang hobi jalan-jalan ke luar negeri. 



Negara Bebas Visa

Kekuatan paspor Indonesia sekarang berada di posisi 72 bersama dengan China dan juga Kenya di tahun 2020 ini, sahabat explorer. Menurut Henley Passport Index, sekarang ini Indonesia bisa mendapatkan akses bebas visa ke 37 negara di dunia pada tahun 2020. Tentunya, dengan negara bebas visa ini maka pemegang paspor Indonesia bisa memasuki negara tanpa perlu mengurus visa sebelumnya. Namun perlu kalian ingat kalau masa tinggal tiap negara itu berbeda, sahabat explorer. Semuanya sesuai dengan aturan yang diberlakukan oleh negara tersebut. Baiklah kalau begitu, kira-kira negaranya ada apa saja ya? Apakah termasuk negara yang ingin kalian kunjungi tahun ini? Yuk, langsung kita simak saja ulasannya berikut ini. 

Baca Juga: Resolusi 2020 Ingin Hidup Sehat? Jangan Lupa Lakukan Hal Ini!

  1. Barbados 
  2. Belarus 
  3. Bermuda 
  4. Brasil 
  5. Brunei Darussalam 
  6. Chili 
  7. Kolombia 
  8. Dominika 
  9. Ekuador 
  10. Filipina 
  11. Federasi Mikronesia 
  12. Guyana 
  13. Haiti 
  14. Hongkong 
  15. Kamboja 
  16. Kazakhstan 
  17. Kepulauan Cook 
  18. Laos 
  19. Makau 
  20. Malaysia 
  21. Maroko 
  22. Myanmar 
  23. Namibia 
  24. Niue 
  25. Peru 
  26. Qatar 
  27. Republik Gambia 
  28. Republik Kepulauan Fiji 
  29. Republik Mali 
  30. Rwanda 
  31. Serbia
  32. Singapura 
  33. St. Kitts dan Nevis 
  34. St. Vincent dan the Grenadines 
  35. Thailand 
  36. Uzbekistan 
  37. Vietnam

Persiapkan Tour Kalian Dengan YoExplore!

Dari ke 37 negara tersebut, ada 6 negara yang baru saja memberikan akses bebas visa kepada Indonesia. Negara tersebut adalah Qatar, Uzbekistan, Brazil, Namibia, St. Kitts dan Nevis, dan juga Sri Lanka. Selain negara bebas visa yang disebutkan di atas, ada juga Jepang dan Pulau Jeju, Korea Selatan yang telah memberikan akses bebas visa bersyarat.

Bebas visa bersyarat yang dimaksud ini adalah sejenis visa waiver yang harus kalian urus untuk mendapatkan berkas bukti kunjungan bebas visa. Visa waiver ini bisa diajukan oleh warga negara Indonesia yang sudah memiliki paspor elektronik atau e-paspor, sahabat explorer

Visa Waiver ini menjadi bukti bagi kalian bahwa telah melapor ke kedutaan besar Jepang bahwa kalian akan mengunjungi negaranya. Visa ini berlaku selama tiga tahun dengan maksimal masa tinggal di Jepang selama 15 hari. Dengan akses ini kalian akan lebih mudah untuk keluar masuk Jepang, sahabat explorer

Sementara untuk akses bebas visa yang ke Pulau Jeju, Korea Selatan, menurut Irma Maulida yang merupakan bagian dari  Media dan Public Relation Korea Tourism Organisation bahwa akses bebas visa ini berlaku untuk kunjungan langsung ke Jeju tanpa melalui pintu kedatangan lain di Korea Selatan terlebih dahulu.

Sahabat explorer, itulah beberapa negara bebas visa yang bisa kalian kunjungi tahun ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments