Gaya Hidup

3 Cara Menurunkan Kolesterol Yang Efektif

Cara Menurunkan Kolesterol Yang Efektif
sumber: RSUD Dr. Adjidarmo

YOEXPLORE.CO.ID – Sahabat explorer pasti tidak asing mendengar kata Kolesterol. Senyawa yang satu ini sebenarnya merupakan lemak yang berguna bagi tubuh lho. Kolesterol diproduksi di hati dengan sejumlah fungsi penting. Mulai dari membantu produksi vitamin D, berperan sebagai pelindung sel, sampai ikut menjaga otak agar dapat berfungsi dengan baik. Nah seperti yang kita ketahui, segala sesuatu yang berlebihan itu, tidaklah baik. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi justru dapat membahayakan tubuh kita lho!  Segera cek cara menurunkan kolesterol di bawah ini!

Tapi sebelum membahas cara menurunkan kolesterol, mari kita pahami dulu mengapa kolesterol perlu dijaga. Pada umumnya, kolesterol berada di dalam zat makanan yang dikonsumsi. Kadar kolesterol akan meningkat tergantung seberapa banyak makanan tersebut dikonsumsi. Jika seseorang terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi, tentu kadar kolesterolnya juga sangat tinggi. Lalu tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh pada akhirnya akan mendatangkan bahaya bagi tubuh.  Hal tersebut dapat memicu beberapa macam penyakit, seperti stroke, penyakit jantung koroner, diabetes tipe 2, serta tekanan darah tinggi. Kolesterol juga dapat mengakibatkan serangan jantung lho! Kadar kolesterol yang normal adalah tidak melebihi 200 mg/dL. 

Serangan Jantung Karena Kolesterol

sumber: cleveland clinic health essential

Kelebihan kadar kolesterol akan bereaksi dengan zat-zat lain didalam tubuh dan menyebabkan pengendapan dalam pembuluh darah arteri. Kondisi yang bisa disebut dengan atherosclerosis ini akan memblok aliran darah karena terjadinya pembekuan lemak yang mengendap dalam pembuluh darah. Hal ini tentu mengganggu proses sirkulasi darah ke jantung dan jika terus berlanjut, maka akan memicu munculnya serangan jantung. Wah, ngeri sekali ya, sahabat explorer?

Maka dari itu, penting untuk mengontrol jumlah kolesterol secara rutin. Jika pemasukan kolesterol ke dalam tubuh masih seimbang alias sesuai dengan kebutuhan, tentu tubuh akan tetap sehat dan tidak terganggu mekanisme kerjanya. Sementara, apabila kolesterol yang masuk ke dalam tubuh melebihi jumlah yang diperlukan, tentu akan meningkat dan memicu penyakit-penyakit berbahaya. Kalau sudah kelebihan? Jelas harus dikurangi dong!

Apa Saja Cara Menurunkan Kolesterol Yang Efektif?



Batasi Konsumsi Lemak Jenuh = Cara Menurunkan Kolesterol Paling Efektif!

Pecinta kuliner harus berhati-hati. Kolesterol berasal dari lemak, maka salah satu cara menurunkan kolesterol yang efektif adalah batasi konsumsi lemak. Tapi bukan semua jenis lemak, fokuslah membatasi konsumsi lemak jenuh. Daging merah, seperti sapi dan kambing biasanya tinggi lemak jenuh lho, sahabat explorer. Susu tinggi lemak serta produk susu, seperti keju, es krim, dan yogurt juga mengandung lemak jenuh yang tinggi.

Karena banyak terkandung dalam makanan yang kita makan, seperti kue, secara tidak sadar kita telah mengonsumsi banyak lemak jenuh lho. Tidak lupa kuning telur yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Dari dunia seafood ada cumi dan udang yang memiliki kadar kolesterol tinggi, dan masih banyak lagi. Jika kamu tidak bisa menghindari makanan berlemak jenuh, setidaknya usahakan untuk membatasi ya, sahabat explorer! Cara menurunkan kolesterol yang satu ini memang paling efektif deh.

Makanan Untuk Menurunkan Kolestrol

sumber: medium

Kamu juga bisa mengganti konsumsi lemak jenuh dengan lemak tidak jenuh yang sifatnya tidak membahayakan tubuh. Jika belum siap menjadi vegetarian sepenuhnya, kamu bisa mengganti konsumsi daging ke daging KW dari produk olahan kedelai, seperti tahu dan tempe. Coba ganti konsumsi susu dengan produk susu berkandungan lemak rendah, seperti susu rendah lemak atau susu skim, susu kedelai, yogurt rendah lemak, dan sebagainya. Kamu juga bisa tetap menikmati seafood, seperti ikan salmon dan ikan tuna. I

ngin cemilan sehat? Ada kacang-kacangan dan buah alpukat yang bisa kamu gadoin. Jangan lupa untuk mengurangi makanan berminyak ya, sahabat explorer! Jika tetap ingin makanan berminyak, coba ganti minyak goreng dengan minyak zaitun agar lebih rendah lemak.  

Sahabat explorer, beberapa lemak tak jenuh yang baik tersebut mampu membantu penurunan kolesterol dalam tubuh tanpa mengurangi kenikmatan hobi makan kamu.  Ayo perbanyak konsumsi makanan yang mengandung lemak sehat tak jenuh dan batasi lemak jenuh! Kamu juga bisa meningkatkan konsumsi makanan berserat tinggi untuk menurunkan kolesterol lho. Biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Batasi Asupan Gula

Salah satu cara menurunkan kolesterol adalah dengan membatasi asupan gula. Ternyata gula bukan hanya berhubungan dengan penyakit diabetes, tetapi juga mempengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh. Terlalu banyak mengonsumsi gula dapat meningkatkan kadar trigliserida. Trigliserida merupakan salah satu jenis lemak berupa kalori tak terpakai. Itulah mengapa jika trigliserida meningkat, biasanya kolesterol pun akan ikut meningkat.

Menurut Cleveland Clinic, asupan gula yang tinggi juga membuat hati memproduksi lebih banyak kolesterol jahat (LDL) serta menurunkan kadar kolesterol baik (HDL). Asupan gula yang tinggi juga akan menghambat enzim pemecah kolesterol trigliserida lho. Agar kolesterol dan gula darah tetap stabil, mulailah membatasi asupan gula. 

Cara menurunkan kolesterol yang satu ini dapat kita lakukan dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis. Atur pola makan terutama minuman manis. Zaman sekarang tersedia berbagai jenis minuman manis yang menarik untuk dikonsumsi, tapi ingat bahwa kandungan gula yang terdapat dalam minuman manis itu sangat tinggi. Usahakan mengonsumsi minuman yang mengandung plant stanol ester tanpa gula tambahan agar indeks glikemiknya rendah dan aman untuk dikonsumsi. Kamu juga bisa mengganti nasi putih yang mengandung gula ke beras merah atau beras shirataki. 

makanan manis bikin kolestrol

sumber: the british soft drinks association

Cara menurunkan kolesterol yang satu ini memang terdengar sulit karena gula hampir ada di seluruh jenis makanan dan minuman. Jika ingin memenuhi kebutuhan kamu akan sweets? Banyak buah-buahan dengan rasa yang tak kalah manis lho. Selain sehat, buah-buahan yang mengandung zat pektin juga mampu ikut membantu dalam penurunan kadar kolesterol. Pektin merupakan zat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus. Hal ini akan membuat kadar kolesterol jahat menurun dan tergantikan dengan kolesterol baik.

Kamu bisa mengonsumsi apel, strawberry, blueberry, cranberry, pir, dan masih banyak lagi. Ada juga pepaya yang tinggi antioksidan, seperti likopen, vitamin C, dan vitamin E. Zat-zat tersebut akan menyatu dengan enzim yang disebut paraoxonase dan menghambat terjadinya oksidasi kolesterol di dalam pembuluh darah. Salah satu penyebab kolesterol dapat  menempel pada pembuluh darah adalah terjadinya oksidasi yang membuat kolesterol berkumpul membentuk plak dan menutupi pembuluh darah. Mengkonsumsi buah-buahan sebagai pengganti craving for sweets merupakan cara menurunkan kolesterol yang sangat sehat!

Batasi Berat Badan

Cara menurunkan kolesterol yang terakhir adalah dengan membatasi berat badan. Your weight should not define who you are. Kamu cantik dan ganteng apa adanya, sahabat explorer! Tapi kalau berat badan sudah mempengaruhi masalah kesehatan, sepertinya kamu perlu melakukan sedikit perubahan gaya hidup. Menurut beberapa ahli, berat badan berlebih yang dihasilkan dari pola hidup kurang sehat bisa menjadi salah satu penyebab kolesterol meningkat lho. 

turunkan berat badan demi kolestrol

sumber: z living

Jarang berolahraga dan makan secara berlebihan dapat meningkatkan berat badan. Jika khawatir tidak bisa ke gym, masih ada olahraga yang aman di tengah pandemi kok. Kenaikan berat badan tersebut berisiko meningkatkan kadar kolesterol tubuh. Apa lagi jika makanan yang terlalu banyak dikonsumsi jenisnya tinggi kalori, dijamin bukan hanya kolesterol yang akan kambuh, bisa-bisa obesitas dan penyakit kronis lainnya akan muncul. Mulai perhatikan porsi makan serta kualitas makanan yang kamu konsumsi. Jangan lupa menjaga kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak melebihi kebutuhan. Jika ingin diet, pastikan untuk menggunakan cara diet alami ya!

Sahabat explorer, itulah 3 Cara Menurunkan Kolesterol Yang Efektif. Mengingat bahaya kolesterol yang mengintai tubuh, lebih baik mencegah kan daripada mengobati, bukan? Kolesterol berpotensi memicu berbagai penyakit komplikasi, jadi jangan lupa mengontrol kadar kolesterol. Dari 3 cara menurunkan kolesterol yang ada, kira-kira cara menurunkan kolesterol mana yang paling mudah dilakukan menurut kamu?

Semoga tulisan artikel ini berguna ya! Selain jaga kolesterol, jangan lupa untuk selalu menjaga imunitas tubuh ditengah new normal dan pakai masker yang efektif melindungi kamu dari terkena virus corona. Jangan pakai masker yang kurang efektif ya! 

 

Tentang penulis

Marisa

Marisa

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE, seorang hospitality enthusiast yang menyukai seni musik.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments