Gaya Hidup

Hobi Fotografi? Yuk, Pelajari Lebih Banyak Lagi Jenis Fotografi Selama Di Rumah Aja!

belajar dasar fotografi - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: diykamera

YOEXPLORE, Tour Operator – Sahabat explorer, kita pasti sudah merasakan bagaimana efek pandemi corona ini yang memang membuat kita harus berdiam di dalam rumah sampai waktu yang belum jelas. Banyak dari kita yang mungkin sudah sangat “gabut” dan bingung mau melakukan apa lagi. Jika kamu memang fotografer atau pemula yang ingin belajar fotografi maka ini adalah kesempatannya, sahabat explorer. Belajar dasar fotografi itu tidak harus keluar rumah, kamu bisa mempraktekkannya di dalam rumah atau di halaman rumah kamu. Yang terpenting adalah mengetahui bagaimana dasar dari setiap genre fotografi itu sendiri. 

Belajar Dasar Fotografi

Fotografi memang memiliki banyak sekali aliran atau genre. Mulai dari Portrait, Street Photography, Human Interest, Landscape, Makro, Architecture Photography dan masih banyak lagi yang lainnya. Semua aliran tersebut memang tergantung dari kebutuhan dan kesukaan dari si fotografer itu sendiri. Belajar dasar fotografi zaman sekarang juga sudah lebih mudah karena kita terbantu dengan alat dan teknologi yang semakin canggih. Smartphone zaman sekarang juga sudah dibekali dengan perangkat kamera yang canggih sehingga dapat menghasilkan foto yang tidak kalah bagusnya dengan kamera DSLR atau Mirrorless. Kira-kira ada apa saja ya genre yang bisa kita pelajari selama di rumah saja? Yuk mari kita simak tutorialnya di bawah ini!

Baca Juga: Tips Foto Low Light Dengan Smartphone!



1. Macro Photography

Macro Photography mungkin kita sering lihat hasilnya di berbagai macam Platform. Seperti di media sosial, televisi, media cetak dan lain-lainnya. Kita mungkin tidak sadar, apabila melihat foto benda yang berukuran kecil atau hewan kecil namun terlihat sangat besar. Itulah yang disebut dengan Macro Photography. 

Hal ini memang membutuhkan kamera dan juga lensa khusus yang disebut dengan Lensa Macro. Harganya bervariasi tergantung dari merk dan juga kelebihan yang dimiliki. Kamu bisa membeli lensa ini secara online, sahabat explorer

Agar lebih jelasnya mengenai Macro Photography ini, kamu bisa melihat video tutorial dan juga tips mengenai foto macro di video berikut ini:

Bagi kamu pengguna smartphone, jangan takut! Kamu juga bisa membeli lensa tambahan khusus smartphone. Harganya murah dan juga kualitasnya bagus! Simak video ini, ya!

2. Street Photography

Selanjutnya adalah Street Photography. Genre atau aliran fotografi yang satu ini memang sedang digemari oleh banyak kalangan, sahabat explorer. Mulai dari yang muda sampai ke orang tua juga suka. Kenapa? Karena Street Photography ini cakupannya sangat luas. Fotonya tidak hanya melulu soal ‘jalanan’ walaupun namanya ada unsur “Street”. Untuk informasi lebih jelasnya, kamu bisa langsung lihat video di bawah ini:

Video tersebut menjelaskan apa itu Street Photography, dan tentunya jika dibahas lebih dalam tidak akan ada habisnya, sahabat explorer. Aliran foto yang satu ini memang umumnya dilakukan di luar rumah agar bisa mendapatkan keunikan momen yang ada di sekitar kita. Namun, di tengah pandemi ini, kita disarankan untuk tidak keluar rumah. Akan tetapi, bukan berarti kita tidak bisa memotret Street Photography! Masih bisa kok! Bagaimana caranya? Simak video unik di bawah ini!

Sangat unik sekali ya, sahabat explorer! Kamu bisa berjalan-jalan dan memotret tanpa harus keluar rumah dan punya kamera! Boleh langsung dicoba sekarang, sahabat explorer!



3. Portrait Photography

Selanjutnya adalah Portrait Photography. Untuk belajar dasar fotografi aliran yang satu ini, memang sedikit dibutuhkan intuisi dan juga sensitif terhadap ruangan atau lokasi sekitar. Tentunya, kamu bisa mencoba foto Portrait di dalam rumah kok, sahabat explorer! Adik atau kakak kamu bisa menjadi model di dalam Portrait Photography ini. Bagi kamu yang memang belum paham mengenai Portrait Photography ini, kamu bisa simak video tutorial dan pengenalannya di bawah ini:

4. Food photography

Selanjutnya adalah Food Photography. Kalau yang satu ini, memang pasti kamu sudah familiar, sahabat explorer. Apa lagi jika kamu pengguna aktif Instagram, banyak sekali pasti netizen yang mengunggah foto makanan yang sangat menggugah selera. Agar makanan tersebut bisa terlihat menarik dan juga lezat, tentunya dibutuhkan pengambilan foto dan penataan makanan yang sebaik mungkin. Oleh karena itu, kamu juga harus mempelajari dasar-dasarnya, sahabat explorer. Berikut adalah tutorial videonya:

Pencahayaan tentunya menjadi faktor utama dalam sebuah konsep fotografi, termasuk juga dalam Food Photography. Maka dari itu, kamu bisa memanfaatkan cahaya matahari atau lampu ruangan atau bahkan senter yang ada di rumah. Bagi kamu pengguna smartphone, tentunya juga bisa mencoba Food Photography ini. Simak video di bawah ini:

Sahabat explorer, hobi yang satu ini memang sangat menyenangkan. Kamu bisa melakukannya selama berada di rumah. Belajar dasar fotografi itu penting, lho. Kenapa? Karena zaman sekarang serba digital dan juga visual, oleh karena itu ilmu fotografi adalah ilmu yang akan selalu berguna sampai kapan pun. Tetap #dirumahaja dan patuhi peraturan PSBB ya, sahabat explorer. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya dan stay safe, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments