Gaya Hidup

Cara Mengurus Visa Liburan ke Afrika Selatan

Cara Mengurus Visa Liburan ke Afrika Selatan - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: motekar

YOEXPLORE, Tour Operator – Sahabat explorer, apa kalian pernah berpikir untuk mengunjungi negara yang pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia pada tahun 2010 yang lalu? Yap, betul sekali, Afrika Selatan. Afrika Selatan memang bukanlah tujuan wisata yang umum bagi kalangan orang Indonesia, dengan demikian info di internet tentang cara mengurus visa liburan ke Afrika Selatan tidak sebanyak dibandingkan dengan negara-negara seperti Amerika Serikat atau Eropa.Bisa jadi karena jaraknya yang jauh atau juga karena masih banyak orang Indonesia yang berpikiran, “Untuk apa ke Afrika? Memang ada apa saja yang bisa dilihat di Afrika?”. Baiklah, pertama, Afrika adalah benua, dan bukanlah negara dan juga benua yang sangat besar, sahabat explorer

Cara Mengurus Visa Liburan Ke Afrika Selatan

Afrika Selatan merupakan salah satu negara maju yang berada di benua Afrika.. Ibu kotanya adalah Cape Town yang pernah mendapatkan penghargaan The Best City Live pada tahun 2016 yang lalu. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja yuk ulasannya, sahabat explorer. Kira-kira ada apa saja sih persyaratan yang dibutuhkan dalam cara mengurus visa liburan ke Afrika Selatan ini? Mari kita langsung simak ulasannya!

Baca Juga: Cara Mengurus Visa Ke Jepang Dengan Paspor Biasa



Persyaratan

  1. Cover Letter, biasakan kalau semua yang bersifat pendaftaran formal seperti ini dibuat dengan cover letter. Disini kamu bisa menjelaskan siapa diri kamu secara singkat dan apa tujuan kamu, sahabat explorer. Cover letter ini juga berguna sebagai pengganti surat keterangan bekerja bagi kamu yang sudah berhenti bekerja dan menjalankan usaha sendiri dan bisa dibilang merangkap sebagai declaration letter. Formulir visa BI 84 yang sudah diisi dengan tinta hitam dan huruf kapital,
  2. Pas foto yang berwarna terbaru (tidak lebih dari 6 bulan) ukuran 4×6 sebanyak 2 buah, jangan lupa untuk menuliskan nama kamu dan juga nomor paspor di bagian belakang foto.
  3. Passport asli yang masih berlaku minimal 6 bulan,
  4. Fotokopi KTP,
  5. Fotokopi paspor,
  6. Surat keterangan bekerja dari perusahaan jika kamu bekerja, namun jika usaha sendiri, kamu bisa buat di cover letter saja dan disertakan dengan surat keterangan milik usaha dari kelurahan kalau memang ada.
  7. Bukti pemesanan tiket pesawat  dan juga akomodasi, kalau kamu tidak menginap di hotel , maka sertakan juga sponsorship letter,  identitas pihak sponsor ( fotokopi paspor yang dicap kepolisian oleh negara Afrika, kemudian rekening koran 3 bulan terakhir dan bukti pembayaran tagihan listrik/ air kediamannya.
  8. Rekening koran 3 bulan terakhir,
  9. Rincian perjalanan, singkat-singkat saja, sahabat explorer, tidak perlu mendetail. Misalnya, tanggal sekian kamu akan kemana dan tanggal sekian akan kemana. 
  10. Bukti pembayaran visa turis sebesar Rp 650.000,-

Visa Liburan Ke Afrika Selatan

Mudah kan, sahabat explorer? Aplikasi tersebut bisa kamu antar langsung ke kedutaan Afrika Selatan di Wisma GKBI lantai 7, Sudirman, Jakarta. 

Berbeda dengan waktu mendaftar visa ke negara lainnya seperti Australia atau New Zealand, pendaftaran visa Afrika Selatan tidak banyak yang mendaftar, sahabat explorer.  Kemungkinan  prosesnya bisa menjadi lebih cepat. Kurang lebih sekitar 5-15 hari kerja. Karena hanya sedikit saja yang mendaftar, sehingga petugas kedutaan bisa lebih fokus untuk membantu kamu jikalau ada yang kurang jelas/ belum lengkap, bahkan kamu juga bisa sampai diberikan kontaknya agar dapat mempercepat proses apabila memang ada yang kurang lengkap, sehingga tidak perlu bolak-balik, sahabat explorer

Sedangkan untuk keperluan bisnis, kamu perlu menyertakan surat undangan dari perusahaan / organisasi di Afrika Selatan yang memang mengundang kamu beserta tempat tinggal nantinya. Lalu ada juga Yellow fever certificate jika kamu pernah berkunjung ke negara yang ada yellow fever– nya.

Sahabat explorer, begitulah cara mengurus visa liburan ke Afrika Selatan yang informasinya bisa kami berikan kepada kamu. Apabila membutuhkan bantuan untuk pengurusan visa liburan, kamu dapat menghubungi Qloti Concierge di WA +62-813-222-22-757. 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments