Gaya Hidup

Berikut Adalah Tips Cara Cegah Sakit Punggung Saat WFH

cegah sakit punggung saat WFH - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: cnnindonesia

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sudah lebih dari sebulan kita melakukan berbagai aktivitas di dalam rumah. Banyak perusahaan juga yang membuat kebijakan untuk work from home (WFH) selama pandemi untuk mencegah dan memutus penyebaran dari Covid-19 ini. Virus ini memang semakin hari semakin menjadi perhatian serius dikarenakan jumlah kasusnya yang terus meningkat di Indonesia. Maka dari itu, langkah terbaiknya adalah dengan diam di rumah saja, sahabat explorer. Aktivitas kerja juga kalau memang bisa tetap dari rumah, kecuali bagi kamu yang memang bekerja di pelayanan masyarakat seperti, rumah sakit, dan juga toko penjualan bahan baku. Kerja di rumah tentunya juga ada tidak enaknya, biasanya akan rentan dengan yang namanya sakit punggung. Ada beberapa cara cegah sakit punggung saat WFH yang bisa kamu terapkan.

Cegah Sakit Punggung Saat WFH

Bagi kamu yang WFH, hal ini penting untuk diketahui, sahabat explorer. Jangan sampai jadinya kamu sakit parah yang terpaksa harus ke rumah sakit. Mengingat kondisi rumah sakit juga menjadi rawan di tengah pandemi ini, alangkah baiknya kita banyak melakukan langkah preventif terhadap kesehatan kita. Termasuk juga dengan cara cegah sakit punggung saat WFH ini, sahabat explorer. Efeknya mungkin awal tidak begitu terasa, namun jika didiamkan juga bisa berbahaya bagi anggota tubuh. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak ulasannya

Baca Juga: 9 Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepatuhan Masyarakat Akan PSBB



1. Posisikan Layar Komputer Dengan Tepat

Yang pertama adalah memposisikan terlebih dahulu layar komputer atau laptop kamu dengan tepat, sahabat explorer. Jangan memposisikan menunduk seperti melihat HP ya, sahabat explorer. Jika kamu memiliki layar terpisah atau menggunakan laptop, kamu bisa beli meja khusus laptop atau mengakalinya dengan memberikan tumpukan buku di bawahnya. Jika memang ada kardus tidak terpakai di rumah, kamu juga bisa menjadikannya sebagai tumpuan, sahabat explorer. Pastikan jika posisinya nyaman tepat di depan kamu, ya. 

2. Posisikan Layar Miring Dari Cahaya

Selain untuk punggung, hal ini juga perlu diperhatikan, sahabat explorer. Jika kamu bekerja di dalam kamar atau memang ada ruang kerja di rumah, pastikan untuk tidak bekerja membelakangi jendela, sahabat explorer. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir ketegangan mata akibat silau atau adaptasi retina parsial. Posisi ini membuat cahaya yang masuk akan mantul ke layar kamu, sahabat explorer. Kamu juga tidak bisa melakukan hal yang sebaliknya atau searah dengan cahaya. Yang terbaik adalah dengan menutup jendela dengan tirai, sahabat explorer. Gunakan saja cahaya lampu yang ada di dalam ruangan. 

Jika kamu bekerja di meja kaca, maka tutuplah dengan kain atau taplak agar tidak memantulkan cahaya ke arah mata kamu. 



3. Melihat Dokumen Dengan Posisi Leher Lurus

Yang selanjutnya adalah melihat dokumen atau file apa pun dengan posisi leher yang tegak lurus. Baik di kertas ataupun di tablet pintar, kamu pastinya akan melihat dengan cara naik-turun. Tentunya itu akan membuat leher kamu menjadi pegal. Maka dari itu, gunakanlah dudukan untuk tablet yang sejajar dengan laptop sehingga kamu bergerak secara vertikal, sahabat explorer. Ini lebih baik dibandingkan kepala harus ikut naik dan turun. 

4. Perhatikan Letak Keyboard dan Mouse

Jika kamu bekerja melalui komputer atau laptop, maka kedua hal ini kamu harus perhatikan, sahabat explorer. Jika posisi laptop kamu sudah nyaman dengan kepala, jangan lupa untuk menggunakan mouse dan keyboard terpisah. Pastikan kamu menggunakan keyboard dan mouse dengan posisi lengan dan tangan kamu sejajar lurus. Saraf yang ada di tangan kita itu mengalir dari leher ke bahu, siku, dan pergelangan tangan. Jika lengan kita berada di samping, maka saraf tidak dikompresi. Akan tetapi, jika posisi kamu semakin merentang ke samping, maka kemungkinan dapat menegangkan leher dan juga bahu kamu, sahabat explorer

5. Menyiapkan Alternatif Lain Selain Mengetik

Selanjutnya adalah menyiapkan alternatif lainnya selain mengetik. Kamu bisa mencoba voice input yang bisa digunakan untuk teks dan juga mengirim email. Dengan hal ini, kamu bisa mengistirahatkan lengan, tangan, leher, dan juga punggung kamu. 

6. Duduk Tegak Di kursi

Yang selanjutnya adalah dengan duduk tegak di kursi, sahabat explorer. Saat kita sedang bekerja dan melihat ke layar, usahakan jangan membungkuk seperti kura-kura. Saat punggung bawah kamu melengkung ke arah perut, maka itu disebut dengan lordosis. Lordosis dapat menyebabkan punggung bagian bawah sangat melengkung ke arah dalam, tepat berada di atas bokong kita. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri punggung bawah.

Pastikan bahwa kamu duduk dengan posisi sebagian berat tubuh kamu disangga kursi belakang. Pastikan juga mouse, keyboard, juga berada dekat dengan kamu, sahabat explorer. Jika kursi kamu tidak memiliki penyangga punggung bawah yang baik, maka gunakan bantal atau handuk gulung ya untuk alternatifnya. 

7. Batasi Waktu Bekerja Di Tempat Tidur

Sekilas, bekerja sambil tiduran memang sangat menyenangkan dan santai ya, sahabat explorer. Namun, ternyata ini bisa dibilang lebih berbahaya dibandingkan bekerja di kursi. Kenapa? Karena ketika kamu tiduran, posisi kaki kamu akan menyilang atau memanjang secara horizontal untuk menopang laptop. Posisi ini terlalu rendah dari letak yang optimal, pastinya kamu akan membungkuk, sahabat explorer

Jika memang tidak ada cara lain selain tiduran, jangan lupa letakkan bantal di punggung kamu sebagai tempat bersandar dan satu bantal lagi di atas paha kamu untuk menopang laptop. Dengan demikian kamu bisa mengetik lebih nyaman tanpa harus menegangkan leher. 

Sahabat explorer, itulah beberapa cara cegah sakit punggung saat WFH yang bisa kamu informasikan kepada kamu. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa, tetap aman #dirumahaja dan stay safe, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments