Gaya Hidup

Top 5 Film Zombie Korea Yang Memacu Adrenalin Selain Train To Busan!

Film Zombie Korea
sumber: martial arts review

YOEXPLORE.CO.ID – Sahabat explorer pecinta film zombie, ayo merapat! Siapa yang menikmati film zombie Korea tahun 2016 yang berjudul Train To Busan? Akting Gong Yoo dan rekan-rekan keren banget ya disana? Tidak lupa para zombienya yang maksimal banget dalam berperan. Pada tanggal 7 Agustus, Train To Busan menjadi pencetak rekor sebagai film Korea pertama pada 2016 yang memiliki lebih dari 10 juta penonton. Tahun 2016 memang sangat berkesan bagi industri film dan drama Korea. 

Berikut rekomendasi Top 5 Film Zombie Korea Yang Memacu Adrenalin Selain Train To Busan!

 



Train To Busan (2016)

Ini dia salah satu pelopor boomingnya film zombie di Korea Selatan. Train To Busan memiliki alur yang tegang namun juga emosional dan mengharukan. 

Berawal ketika sebuah truk pembawa barang diizinkan melewati suatu daerah yang mengalami kebocoran. Sang pengendara truk tidak melihat rusa yang tengah melintas di tengah jalan sehingga menabraknya. Namun, rusa yang mati itu tiba-tiba berubah menjadi rusa zombie. 

Ditempat lain, Seok Woo, yang merupakan seorang manajer keuangan sebuah perusahaan, pergi berangkat ke Busan bersama anaknya, Su An. Mereka berencana untuk bertemu dengan ibunya Seok Woo sebagai hadiah ulang tahun untuk Su An. Dalam perjalanan di KTX, salah satu kereta api cepat Korea, seorang wanita dengan luka di kakinya masuk ke dalam kereta tersebut. Namun, wanita tersebut malah mencoba menyerang pramugari kereta yang ingin mencoba menolongnya. Selanjutnya, wanita zombie itu menjadi awal sumber infeksi dari sejumlah besar penumpang kereta. Perjalanan pun menjadi menegangkan. 

train to busan korea

sumber: bloodydisgusting

Masinis kereta pun mengumumkan bahwa kereta akan berhenti di Kota Daejeon dimana para tentara telah siap untuk menolong mereka. Namun ketika sampai di sana, keadaan stasiun malah tidak ada orang sama sekali. Para penumpang pun tersadar bahwa seluruh tentara telah menjadi zombie. Terjadi adegan yang sangat menegangkan saat mereka berusaha masuk kembali ke kereta api untuk melanjutkan perjalanan menuju Busan. 

Seok Woo dan penumpang lain mulai memahami cara tersebarnya infeksi ini. Mereka pun berusaha saling melindungi agar tidak terkena gigitan. Berusaha bertahan sambil menghindari zombie dan mencari bantuan ke kota lain, banyak kejadian yang menguras emosi penonton. Salah satunya adalah ketika Seok Woo sudah terkena gigitan. Wah bagaimana nasib Su An ya? Yang sudah menonton pasti tidak ragu untuk menonton kembali film 130 menit ini, seseru itu soalnya!

Rampant (2018)

Film zombie Korea kali ini berbeda dari Train To Busan yang berlatar masa kini. Film 130 menit ini mengangkat tema zombie dengan latar belakang kerajaan Dinasti Joseon. Menceritakan kisah klasik jaman kerajaan dengan gaya yang unik, kamu akan melihat salah satu karakter makhluk mengerikan yang hidup di masa lalu. 

Seperti kisah kolosal pada umumnya, perebutan kekuasaan dan tahta berlangsung di negeri Korea. Berawal dari kudeta yang terjadi di Kerajaan Joseon. Menteri militer Kim Ja Joon, berhasil menggagalkan usaha kudeta tersebut padahal dialah yang ingin menggulingkan dinasti. Namun, Sang Raja dimanipulasi dan Pangeran Lee Young dianggap sebagai penggagas kudeta tersebut. Demi menyelamatkan anak buahnya dari hukuman, Pangeran Lee Young pun bunuh diri di depan Raja dan jajaran menteri. Di saat yang bersamaan, virus zombie yang berasal dari orang-orang yang dijuluki sebagai Iblis Malam alias zombie, 

rampant 2018 film zombie korea

sumber: kungfukingdom

Surat wasiat Pangeran Lee Young membuat sang adik, Pangeran Lee Chung pulang ke Joseon dari perantauan di daratan China. Mendiang Pangeran Lee Young meminta Pangeran Lee Chung untuk menyelamatkan kakak iparnya. Namun, saat tiba di sebuah desa pesisir, Pangeran Lee Chung malah disambut oleh serbuan monster manusia alias zombie. Walau suka berjudi dan main wanita, Pangeran Lee Chung sangat berbakat dan merupakan ahli pedang. Pangeran Lee Chung pun harus merebut kembali dinasti dari tangan menteri militer Kim Ja Joon, sambil melawan para Iblis Malam.

The Odd Family (2019)

Kalau Train To Busan menegangkan nan mengharukan, The Odd Family merupakan film zombie dengan paduan komedi. The Odd Family mengisahkan keluarga Man Deok yang mengelola bisnis pengisian bahan bakar di sebuah desa. Man Deok tinggal bersama 3 orang anaknya dan 1 menantu perempuan. Pada suatu hari, Man Deok bertemu dengan seorang pemuda yang terlihat aneh. Pemuda ini tiba-tiba menggigit Man Deok, namun hasilnya mengejutkan! Man Deok malah menjadi terlihat lebih muda. Pemuda itu kemudian dipanggil sebagai Jjong Bi, dalam pelafalan bahasa Korea, yang berarti zombie. 

the odd family zombie on sale 2019

sumber: far east film festival

Cerita ini menyebar ke seluruh penjuru desa dan membuat warga penasaran. Mereka ingin digigit oleh Jjong Bi agar kembali terlihat muda. Akhirnya keluarga Man Deok melihat ini sebagai peluang bisnis. Warga diwajibkan untuk membayar jika ingin digigit oleh Jjong Bi. Namun keadaan tiba-tiba menjadi malapetaka. Warga yang digigit Jjong Bi malah berubah menjadi zombie dan mulai memangsa manusia. Keluarga Man Deok pun berusaha untuk keluar dari desa yang sudah tidak aman lagi. Wah, yakin sahabat explorer mau melewatkan film 112 menit yang kocak nan menegangkan ini?

Alive (2020)

Sama seperti Train To Busan yang menggunakan latar belakang dunia modern, Alive mengisahkan sebuah wabah zombie misterius yang menyebar secara cepat dan tak terkendali di kota Seoul. Wabah ini mengubah manusia menjadi zombie yang buas nan agresif, sehingga tidak menyisakan banyak manusia. 

Oh Joon Woo seorang gamer yang tinggal di apartemen. Suatu hari, Joon Woo melihat dari jendelanya. Situasi di sekitar tempat tinggalnya sudah berantakan. Orang-orang panik berlarian dan banyak terjadi kecelakaan. Sampai akhirnya ia terpaku menyaksikan seseorang menerkam orang lain. Oh Joon Woo bergegas melihat berita. Ia mendapati kenyataan bahwa keramaian tersebut ternyata terjadi akibat wabah virus misterius yang membuat penderitanya haus dan lapar akan darah segar. Orang-orang yang masih sehat pun dihimbau untuk tidak keluar dari rumah agar tidak terinfeksi. 

alive 2020 film zombie korea

sumber: butwhytho?

Banyak adegan menegangkan yang terjadi dalam film berdurasi 99 menit ini. Bukan hanya bertahan dari serangan zombie, Oh Joon Woo juga harus bertahan melawan rasa lapar akibat stok makanan yang berangsur-angsur habis. Depresi dan hampir bunuh diri, titik terang hadir ketika Kim Yu Bin, dari apartemen seberang, menggagalkan aksi bunuh diri Oh Joon Woo. Mereka mulai berkomunikasi dari jauh dan saling mendukung untuk tetap hidup. Mereka adalah dua orang dengan kepribadian bertolak belakang. Oh Joon Woo yang hobi bermain games di komputer senang mengandalkan teknologi agar dapat bertahan hidup. Sementara Kim Yu Bin lebih terbiasa menggunakan barang-barang konvensional, seperti peralatan berkemah dan teleskop untuk bertahan hidup. 

Karena terdesak keadaan, mereka memberanikan diri untuk keluar dari kamar masing-masing dan bersama-sama menuju ke atap apartemen untuk menyelamatkan diri. Namun perjalanan tentu tidak mudah. Dengan kemampuan yang berbeda, Oh Joon Woo dan Kim Yu Bin bekerja sama untuk menyelamatkan nyawa. Pokoknya kamu harus banget nonton film zombie yang satu ini, sahabat explorer!

Train To Busan Season 2? Peninsula (2020)

Ini dia sekuel kedua dari Train To Busan yang ternyata memiliki alur kisah yang berbeda. Peninsula masih menceritakan tentang serangan mayat hidup yang meneror kota Busan, Korea. Namun kali ini, para pasukan mayat hidup ini menyerang lebih ganas serta berlari membentuk gerombolan zombie ganas haus darah saat kehidupan mereka terganggu.

Film berdurasi 116 menit ini berlatar waktu empat tahun setelah tragedi di film pertama, Train to Busan. Pertarungan manusia yang selamat di reruntuhan kota masih berlanjut. Mereka melawan gerombolan zombie untuk bertahan hidup. 

peninsula 2020 train to busan

sumber: movienation

Suatu saat, Jung Suk, salah satu survivor yang berhasil melarikan diri dari Korea, tiba-tiba diminta untuk kembali ke lokasi tersebut dalam sebuah misi. Misi tersebut membuka kenangan buruk Jung Suk yang telah kehilangan orang-orang yang dicintainya akibat tragedi Train To Busan. Namun demi misi senilai 2,5 juta dolar, Jung Suk dan timnya bergegas kembali ke Korea Selatan. Suara klakson mobil yang dibunyikan Jung Suk dan timnya membangunkan para gerombolan mayat hidup yang kelaparan. Pertarungan antara Jong Suk beserta tim melawan gerombolan zombie pun terjadi. Kalau sahabat explorer mengikuti Train To Busan, tentu tidak mau kelewatan film yang satu itu dong!

Sahabat explorer, itulah rekomendasi Top 5 Film Zombie Korea Yang Memacu Adrenalin! Mulai dari yang modern, kolosal, mengharukan sampai kocak. Semua ada! Jadi kamu mau menonton yang mana dulu nih, sahabat explorer? 

Tentang penulis

Marisa

Marisa

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE, seorang hospitality enthusiast yang menyukai seni musik.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments