Berita

Bukan 7 Keajaiban Dunia, Inilah 7 Jalur Kereta Terpanjang di Dunia!

kereta terpanjang di dunia

YOEXPLORE.CO.ID – Menurut Wikipedia, kereta adalah alat transportasi yang digunakan untuk mengangkut barang atau orang. Alat transportasi ini biasanya ditarik oleh kuda, bagal, lembu, atau kendaraan lain seperti lokomotif. Sejauh ini, gelar kereta terpanjang di dunia dipegang oleh The Ghan. Kereta terpanjang di dunia ini memiliki panjang resmi 3,600 kaki atau setara 1,09 km. Terdiri dari 44 gerbong penumpang dan 2 buah lokomotif, The Ghan sudah diresmikan dalam daftar The Guiness World Records. 

The Ghan merupakan kereta api sangat legendaris milik Australia. Beroperasi sejak tahun 1929, The Ghan membelah benua Australia dari ujung selatan menuju ke utara dengan rute dari Adelaide menuju ke Darwin. Perjalanan sejauh 2.979 Km ini ditempuh oleh The Ghan dalam waktu 54 jam, atau kurang lebih 3 hari 2 malam. Kecepatan rata-ratanya mencapai 85 km/jam. Namun The Ghan bukanlah pemilik jalur kereta terpanjang di dunia. Lalu siapa pemiliknya?

 

Inilah 7 Jalur Kereta Terpanjang di Dunia!

 



7. Eastern & Oriental Express

Sahabat explorer pasti tidak asing dengan Singapura, Malaysia, dan Thailand. Dengan kereta Eastern & Oriental Express, kamu bisa mengunjungi ketiga Negara ini dalam satu kali tempuh. Dengan total jarak tempuh 2.019 kilometer, kamu akan berada di dalam kereta selama tiga sampai empat hari. Terdapat dua jalur yang ditawarkan, yaitu rute Singapura-Huay Yang atau Singapura-Bangkok. Selama perjalanan, kamu akan menikmati keindahan pedesaan Asia Tenggara, kuil-kuil yang di atas gunung serta berjelajah sebentar ke Cameron Highlands, Penang. Eastern & Oriental Express memiliki restoran yang menghidangkan beragam menu atraktif karya koki Yannis Martineau dan Luke Mangan. Mantul banget kan, sahabat explorer?

kereta terpanjang di dunia eastern and oriental express

sumber: red savannah

 

6. Vivek Express

Kereta yang dapat memuat hingga 1.800 penumpang ini menawarkan suasana autentik khas India. Salah satu jalur kereta terpanjang di dunia ini membelah Dibrugarh bagian utara sampai ujung selatan Kanyakumari. Dengan total jarak tempuh 4.273 kilometer, diperlukan kurang lebih empat hari untuk menyelesaikan rute dari Dibrugarh sampai Kanyakumari. Vivek Express memiliki 21 gerbong yang terdiri dari tiga jenis kelas. Ada Second AC, Third AC, dan Sleeper. Selama perjalanan, kamu akan dapat menyaksikan matahari terbenam sembari menikmati teh hitam Masala Chai dari dalam kereta. Kamu akan melalui 8 negara India yang cenderung terpencil namun menawan. Asik banget deh, sahabat explorer!

kereta terpanjang di dunia vivek

sumber: youtube (therailzone)

 

5. The Indian Pacific, Jalur Kereta Terpanjang di Dunia dan Benua Australia!

Jalur kereta terpanjang di dunia yang satu ini memiliki total jarak tempuh 4.352 kilometer dengan total durasi empat hari. Dioperasikan oleh Great Southern Rail, kereta ini melalui jalur Perth-Sydney. Jalur ini merupakan yang terpanjang di antara tiga rute yang ditawarkan. Kereta yang berdiri sejak tahun 1997 ini mengarungi benua Australia dengan daya tarik yang luar biasa. Sahabat explorer akan melintasi kawasan pesisir serta melewati berbagai suaka alam indah khas Negeri Kanguru dan kota-kota bersejarah. Pemandangan indah dari wilayah Outback yang terpencil di Australia juga akan kamu nikmati.

The Indian Pacific Kereta

sumber: tailor made rail

Dengan menggunakan kereta Great Southern Rail ini, kamu akan melintasi Adelaide, kota hantu Cook, Broken Hill, berbagai air terjun, hutan, dan padang luas. Terdapat beberapa jenis kelas pada perjalanan The Indian Pacific. Ada kelas Platinum, Gold Service, Red Service Sleeper dan Red Service Day Nighter. Salah satu hal menarik dalam service yang ditawarkan oleh The Indian Pacific adalah pada saat momen Natal. The Indian Pacific mengoperasikan Christmas Train dengan mengundang tamu spesial, seperti Guy Sebastian hingga Human Nature demi untuk menghibur para penumpang. Seru banget kan, sahabat explorer!

 

4. Shanghai-Lhasa Train

Sahabat explorer mau ke ibukota Tibet dari Shanghai dengan melewati dataran rendah Tiongkok sebelum akhirnya mendaki jalur lintasan tertinggi di dunia? Ada Shanghai-Lhasa Train. Kereta ini melalui Tanggula Pass yang berada 5.000 meter di atas permukaan laut. Memiliki total jarak tempuh 4.373 kilometer, durasi yang diperlukan untuk menikmati seluruh rangkaian perjalanan dalam jalur kereta terpanjang ini adalah 3 hari. Dengan kereta ini, kamu juga akan melewati Xi’an, bekas ibukota Dinasti Sui. Ada juga danau Cona yang indah di kawasan Tibet. Kereta ini dioperasikan oleh Qinghai–Tibet Railway dan menawarkan tiga kelas. Ada Soft Sleepers, Hard Sleeper dan Hard Seat. Pilihan terpopuler nya adalah Kelas Soft Sleepers yang menyediakan empat ranjang di kabin privat. Menarik ya, sahabat explorer!

Shanghai-Lhasa Train

sumber: travelchinatibet

 

3. The Canadian

The Canadian merupakan jalur kereta dari Toronto menuju Vancouver dengan total jarak tempuh 4.466 kilometer. Kereta ini juga merupakan jalur kereta terpanjang yang ada di kawasan Amerika Utara. Jalur kereta yang satu ini memiliki kereta dengan predikat kereta mewah di dunia. Terdapat tiga kelas yang ditawarkan, yaitu Prestige, Sleeper Plus, serta Economy. Gerbong panorama dan skyline yang dilingkupi dinding kaca merupakan salah satu spot favorit untuk menikmati pemandangan. Kereta yang dioperasikan oleh VIA Rail ini memberikan kamu kesempatan untuk menikmati pemandangan Pegunungan Rocky hingga hutan Canadian Shield

the canadian

sumber: chuckman’s nostalgia

Di sepanjang perjalanan, sahabat explorer juga memiliki kesempatan untuk mengamati berbagai jenis satwa liar yang berkeliaran di pinggiran rel dari jendela. Ada rusa biasa, rusa besar (moose), atau bahkan beruang pada momen – momen tertentu. Gerbong mewahnya memiliki fasilitas tempat tidur dan menu-menu makanan yang eksotis nan lezat. Ada juga mini bar dan televisi juga khusus untuk kamu, sahabat explorer! The Canadian hanya beroperasi 3 kali dalam seminggu. Yakin tidak mau mencobanya, sahabat explorer?

 

2. Chinese Train Services 

Kereta yang satu ini berangkat dari Guangzhou hingga Lhasa, ibukota Tibet. Dioperasikan oleh China Railway, kereta ini tentunya bertugas  mengantarkan penumpang dari titik penjemputan hingga penurunan. Kereta ini hanya beroperasi 1 kali dalam sehari karena jarak yang ditempuh cukup jauh. Total jarak tempuh jalur kereta terpanjang di dunia ini sekitar 5000 kilometer. Untuk sampai ke tujuan akhir dari rangkaian perjalanan, diperlukan kurang lebih dua setengah hari lho, sahabat explorer!

Chinese Train Services 

sumber: tibet discovery

 

1. Trans-Siberian Railway, Jalur Kereta Terpanjang di Dunia!

Pada peringkat satu ada Trans-Siberian Railway sebagai the real jalur kereta terpanjang di dunia.  Jalur ini terkenal sebagai kereta yang mampu menembus hingga delapan zona waktu. Jalur ini merupakan jalur kereta tunggal yang dapat dibilang melintasi hampir seluruh Rusia yaitu dari Moskow sampai  Vladivostok. 

Ada tiga jalur yang ditawarkan oleh jalur kereta Trans-Siberian Railway ini. Pertama ada Moskow ke Vladivostok dengan jarak tempuh 9.258 kilometer. Selanjutnya ada Moskow ke Beijing via Harbin dengan jarak tempuh 8.986 kilometer. Terakhir ada jalur Moskow ke Beijing via Mongolia dengan jarak tempuh 7.621 kilometer. Jalur ini merupakan pilihan terpopuler karena hanya ada satu kereta per minggu yang akan melaju selama 144 jam atau 6 hari penuh. 

Sungguh pengalaman yang menarik ya, sahabat explorer! Sepanjang perjalanan, kamu akan disuguhi panorama memikat, mulai dari pegunungan Ural, Danau Baikal, serta Hutan Konifer yang warna – warni. Waktu terbaik melakukan perjalanan adalah bulan Mei sampai bulan September. Trans-Siberian Railway juga merupakan salah satu kereta legendaris paling penting di Rusia. Beroperasi sejak tahun 1916, kurang lebih sekitar 30 persen dari ekspor negara ini menggunakan moda transportasi Trans-Siberian Railway. Yuk cobain jalur kereta ini, sahabat explorer!

Trans-Siberian Railway

sumber: travel all russia

Itulah 7 Jalur Kereta Terpanjang di Dunia, kira-kira tertarik untuk mencoba yang mana nih, sahabat explorer? Atau jangan-jangan ada yang sudah pernah naik salah satu kereta di atas? Jangan lupa ceritakan pengalamanmu di kolom komentar, ya!

 

Tentang penulis

Marisa

Marisa

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE, seorang hospitality enthusiast yang menyukai seni musik.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments