Gaya Hidup

3 Museum Fotografi di Indonesia Yang Instagramable Sekaligus Educating!

museum fotografi
sumber: sfmoma

YOEXPLORE.CO.ID – Sahabat explorer, zaman sekarang siapa sih yang tidak suka foto-foto kekinian? Baik selfie ataupun sekedar menjepret spot-spot instagramable. Everyone loves the art of it! Foto yang kelihatan apik dengan tone warna yang asik. Ada yang bertema vintage, ada yang bertema hitam-putih, sampai yang contrastnya kentara banget karena paduan warna-warna mentereng. Semuanya dimasak dengan konsep yang matang untuk di posting ke social media. Etsss, bukan cuma profesional lho yang melakukan penataan sedemikian rupa untuk social media nya. Banyak netizen yang juga senang melakukannya, hanya untuk kesenangan pribadi aja biar feeds cantik dilihat. Apakah kamu salah satu dari netizen itu? Kalau iya, artikel ini harus banget kamu baca! Ada beberapa museum fotografi di Indonesia dengan konsep desain interior yang instagramable banget lho!

Berikut 3 Museum Fotografi di Indonesia Yang Instagramable Sekaligus Educating!



Museum Fotografi Kediri

Kata siapa museum itu hanya berisikan koleksi benda-benda kuno bersejarah? Disini kamu memang akan melihat sejarah, namun dalam bentuk foto.

museum fotografi kediri

sumber: gotravelly

Museum Fotografi Kediri merupakan museum yang menyimpan sejarah kota Kediri dan diabadikan dalam bentuk seni fotografi. Di museum fotografi ini, sahabat explorer bisa melihat foto-foto yang berkaitan dengan perjalanan kota Kediri mulai dari abad ke-18 sampai pada abad ke-21. Bagi pecinta seni fotografi bisa merapat karena terdapat juga beberapa koleksi kamera dari zaman baheula. Mulai dari kamera saku sampai DSLR ada disini. Museum ini cocok banget deh jadi tujuan kunjungan wisata sahabat explorer yang hobi fotografi. Wawasan kamu tentang perkembangan kamera akan bertambah deh disini!

museum fotografi kediri

sumber: gotravelly

Museum yang dibangun pada tahun 2010 ini kurang lebih memiliki koleksi 300 lembar foto. Tiap ruangan ditata sedemikian rupa untuk menimbulkan vibes yang klasik namun instagramable. Hanya dengan biaya tiket masuk sebesar 50.000 rupiah, kamu sudah bisa menambah wawasan tentang sejarah serta fotografi, plus bisa foto-foto instagramable! Kurang oke apa lagi? Berlokasi di Jalan Kapten Tendean No.60/160, Ngronggo, Kediri, Jawa Timur, museum ini buka hanya setiap weekend. Untuk hari Sabtu, kamu bisa datang dari pukul 10.00 pagi sampai 17.00 sore. Kalau mau datang di hari Minggu, museum ini buka dari pukul 09.00 pagi sampai 17.00 sore.

 

Museum Selfie Indonesia

Banyak negara yang memiliki museum-museum yang menjadi salah satu destinasi wisata. Museum tersebut banyak dikunjungi untuk mengapresiasi karya para seniman. Hal ini juga berlaku di Indonesia, sebagaimana munculnya fenomena Museum Selfie. 

Aries Lukman, pendiri komunitas Iphonesia, yaitu salah satu tagar terkenal di Instagram, mengatakan bahwa tagar museum selfie dipakai di lebih dari 50 ribu foto. Hal ini menandakan bahwa telah terjadi pergeseran motivasi. Orang-orang pergi ke museum bukan hanya untuk menikmati seni, tapi juga untuk ajang posting foto di media sosial. Salah satu museum di Indonesia yang cocok dengan konsep tersebut adalah Museum Selfie Indonesia di Jambi

museum fotografi selfie

sumber: instagram (@selfiemuseumindonesia)

Museum fotografi yang berada didalam Mall Jambi Town Square tersebut baru saja dibuka pada akhir tahun 2019. Berada di lantai 3, museum ini memiliki total luas 1000 M2 dengan 42 spot foto yang akan membuat pecinta selfie betah disana. Mungkin itulah mengapa museum ini membuat peraturan one way flow. Tiketnya hanya bisa dipakai sekali, dari masuk sampai keluar, kamu tidak bisa keluar masuk ya, sahabat explorer

selfie museum indonesia

sumber: instagram (@selfiemuseumindonesia)

Pertama kamu akan memasuki Ruang Edukasi. Disini kamu akan diajari ‘Aturan Main’ selama berada di dalam Museum Selfie Indonesia lewat video. Kehadiran museum ini bukan hanya bertujuan untuk tempat selfie semata tapi juga diharapkan menjadi wadah kreasi para generasi milenial. Disini sahabat explorer juga bisa belajar seni lewat karya-karya para seniman yang apik dan mendidik. Berlokasi di Jalan Kapten A. Bakaruddin No.88, Simpang III Sipin, Jambi atau kamu tinggal ketik Mall Jambi Town Square di google maps. Tiket masuknya hanya sebesar 50.000 rupiah untuk weekday dan 70.000 rupiah pada weekend. Buka dari pukul 10.00 pagi sampai pukul 22.00 malam, kamu bisa puas selfie selama 90 menit penuh disini!

 

Museum Motomoto Indonesia

Museum fotografi kali ini lebih menonjolkan seni kontemporer sebagai koleksinya. Museum Motomoto Indonesia hadir di Mall QBig, BSD City, Tangerang sebagai one stop entertainment bagi para generasi milenial. Sahabat explorer bisa menikmati karya seni instalasi yang luar biasa sambil menciptakan foto-foto instagramable, kamu juga bisa makan cantik disini! Menikmati hidangan lezat di restoran yang artsy?  Bisa banget

museum fotografi motomoto indonesia

sumber: instagram (@motomotoid_)

Hadir dengan konsep selfie atau swafoto, kamu bisa menikmati restoran, museum, dan photo spots dengan tema seni kontemporer. Museum kekinian ini memiliki 23 spot foto yang melibatkan seniman-seniman instalasi kontemporer ternama di Indonesia. Para seniman tersebut di antaranya adalah Mulyana (Art Jog 2018), Sembilan Matahari, Rebellionik, Naufal Abshar (seri ‘HAHA’), Erwin Windu Pratama, Amenkcoy, dan Muklay.

motomoto indonesia

sumber: instagram (@motomotoid_)

Begitu memasuki area Motomoto, sahabat explorer akan berada di ruang edukasi. Lewat video, kamu akan melihat ‘Aturan Main’ Motomoto yang dibawakan oleh Merry Riana. Selanjutnya kamu siap menjelajahi seluruh spot disana!

Ada kafe mini berhiaskan mural karya Muklay, instalasi terumbu karang ‘The Mogus’ berbahan wol karya Mulyana alias Mang Moel, serta mural ‘HAHA’ yang ikonik karya Naufal Abshar. 

Ada juga ilusi UV lighting dari Rebellionik, lorong batik, dan masih banyak lagi. Sahabat explorer juga bebas bermain di kolam bola dan trampolin yang terjamin kebersihannya. 

motomoto inonesia

sumber: instagram (@motomotoid_)

Ke-23 ruangan interaktif dari berbagai seniman Indonesia tersebut akan memberikan nuansa seperti memasuki gerbang ke dalam dunia yang berbeda-beda, seru banget deh! Berlokasi di Jalan BSD Raya Utama, Pagedangan,Tangerang, tempat ini memiliki area indoor atau outdoor. Buka dari pukul 10.00 pagi sampai 22.00 malam, pastikan kamu tiba sebelum last entry pukul 20.00 agar dapat tetap puas berkeliling museum. Hanya dengan tiket masuk sebesar 100.000 rupiah, kamu bisa menikmati museum ini secara one way. Tidak bisa dipakai keluar-masuk museum, ya!

motomoto indonesia

sumber: instagram (@motomotoid_)

Itulah 3 Museum Fotografi di Indonesia Yang Instagramable Sekaligus Educating! Museum memang bertujuan untuk mengedukasi, tapi jika dikemas sedemikian rupa, bisa jadi daya tarik wisata juga! Selain wisata sejarah, asyik juga kan bisa menikmati wisata foto-foto. Dengan berkunjung ke museum, kamu bisa mendapat banyak inspirasi lho! Mulai dari value sejarah sampai value seni, semua ada. Walau seru foto-foto, jangan lupa jaga hygiene ya, sahabat explorer! Tetap gunakan masker, sedia hand sanitizer, hindari menyentuh wajah dan rajinlah mencuci tangan. Kamu bisa kok stay safe di new normal ini tanpa harus mengurangi keseruan berwisata! Ikuti protokol kesehatan yang ada dan selamat berfoto-foto instagramable ria, sahabat explorer!

 

Tentang penulis

Marisa

Marisa

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE, seorang hospitality enthusiast yang menyukai seni musik.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments