Gaya Hidup

Mengisi Waktu Selama Stay At Home Dengan Tutorial Gratis Di Youtube

tutorial gratis di youtube - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: bitcoinnews

YOEXPLORE, Tour Operator – Sahabat explorer, keadaan terpaksa untuk tetap berada di rumah mungkin membuat kita kehilangan produktivitas. Namun, ini semua demi kebaikan kita, sahabat explorer. Perlu diingat, penyebaran dari Covid-19 ini sangat cepat dan mudah, oleh karena itu kita harus jauh lebih waspada daripada sebelumnya. Apalagi melihat angka pasien yang terinfeksi sudah lebih dari 7000 orang. Tempat teraman untuk menghindari penyebaran virus tersebut adalah di rumah masing-masing. Kamu bisa mendapatkan tutorial gratis di Youtube agar bisa menambah wawasan dan juga ilmu. Dengan demikian kamu tetap bisa produktif dengan hal yang baru tersebut, sahabat explorer

Tutorial Gratis Di Youtube

“Youtube lebih dari TV”, penggalan kalimat tersebut memang ada benarnya, sahabat explorer. Kamu bisa mendapatkan semua kebutuhan ilmu kamu di Youtube. Memang, tidak semua tutorial atau kursus di Youtube itu lengkap, karena memang gratis. Kalau memang kamu ingin yang lebih serius lagi, kamu bisa ikut kursus online yang berbayar, sahabat explorer. Namun bukan berarti kita jadi patah semangat begitu saja. Di Youtube, kamu bisa mendapatkan banyak materi dasar suatu keahlian.. Justru itulah yang paling penting! Kita bisa mengeksplorasi sendiri selanjutnya setelah kita berhasil menguasai dasar-dasar tersebut. Berikut adalah video-video tutorial yang bermanfaat dari berbagai macam bidang. Simak ulasannya ya, sahabat explorer!

Baca Juga: Kenalan dengan Balai Latihan Kerja, Pendahulu Kartu Prakerja



1. Design Logo Dengan Photoshop

Yang pertama adalah design logo atau apa pun di software Photoshop. Skill ini memang dibutuhkan di zaman sekarang ini, sahabat explorer. Kenapa? Sudah jelas karena berkembangnya sosial media dan teknologi Digital lainnya yang memang membutuhkan visual yang baik. Sekarang banyak tuntujan pekerjaan yang meminta karyawannya minimal bisa memahami basic dari Photoshop, sahabat explorer. Kamu bisa simak video di bawah ini untuk tutorial dasarnya, ya.

2. Edit Foto Dengan Lightroom

Selanjutnya, kamu bisa belajar mengedit foto menggunakan software Lightroom. Software yang satu ini memang sudah terkenal di kalangan para fotografer, sahabat explorer. Sekarang juga banyak orang yang menjual tone edit ciri khasnya agar foto-foto kamu bisa lebih menarik. Kamu juga bisa menjualnya nanti kalau memang pede dan memang cocok untuk jenis-jenis foto tertentu. Contohnya adalah tone ala Selebgram, tone traveling, dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk itu, kamu bisa simak video di bawah ini:



3. Design Di Smartphone

Zaman sekarang adalah zaman yang serba mudah. Contohnya adalah dalam hal desain poster atau flyer. Biasanya orang menggunakan Photoshop atau Adobe, namun sekarang kamu bisa mempermudah hal itu dengan mengunduh aplikasi Canva di smartphone kamu. Aplikasi ini gratis, sahabat explorer dan juga terdapat in app purchase di dalamnya. Jika memang kamu membutuhkan, kamu bisa membeli beberapa theme yang ada di dalam aplikasi tersebut. Berikut adalah tutorial penggunaannya:

4. Menggunakan Zoom Apps

Selanjutnya adalah tutorial untuk menggunakan Zoom. Aplikasi yang satu ini memang sedang ramai digunakan oleh masyarakat seiring dengan peraturan untuk work from home atau WFH. Aplikasi ini singkatnya adalah conference call & video, jadi kamu bisa melakukan percakapan melalui video dengan banyak orang. Conference-nya  bisa lebih dari  100 orang, sahabat explorer. Bagi kamu yang bingung menggunakannya, silahkan simak video berikut ini:

5. Mengedit Video

Kamu juga bisa mendapat tutorial gratis di Youtube untuk mengedit video. Jenis pekerjaan yang satu ini juga sedang marak digandrungi kaum muda, sahabat explorer. Jelas saja, sekarang video sudah menjadi bagian promosi sebuah brand atau perusahaan. Ditambah dengan tingginya penggunaan media sosial sekarang ini seperti Instagram, Twitter dan Facebook. Mengedit video memang membutuhkan bimbingan yang tepat agar tidak kesusahan sendiri. Berikut adalah video tutorialnya:

6. Beriklan di Facebook

Sudah tidak diragukan lagi, kalau Facebook menjadi salah satu media sosial yang sangat ampuh untuk beriklan. Hampir semua perusahaan atau pebisnis menggunakan Facebook sebagai media mereka untuk beriklan. Terlebih, sekarang Facebook juga sudah mengakuisisi Instagram yang pada akhirnya bisa menguntungkan bagi para pengiklan. Bagi kamu yang sebelumnya belum pernah menggunakan Facebook untuk beriklan, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mempelajarinya, sahabat explorer. Simak video berikut ini ya:

7. Membuat Tanaman Hidroponik

Yang selanjutnya adalah membuat tanaman hidroponik di rumah. Yang satu ini memang sangat asyik untuk dilakukan, sahabat explorer. Manfaatnya banyak sekali, mulai dari produksi sayuran sendiri dan juga baik untuk lingkungan sekitar. Hidroponik ini jelas ramah lingkungan. Langsung saja simak tutorial untuk pemulanya ya, sahabat explorer:

8. Menggunakan Google Classroom

Menggunakan Google Classroom untuk kamu yang punya anak dan sekolah online, tentu bisa belajar bagaimana menggunakan Google Classroom. Dan jika kamu yang juga mengajar sebagai guru private, sementara ini kamu juga bisa menggunakan Google Classroom ke murid-murid kamu. Berikut adalah tutorial penggunaannya:

9. Adobe Illustrator

Selanjutnya adalah tutorial menggunakan Adobe Illustrator. Yang satu ini juga sama fungsinya dengan Photoshop, sahabat explorer. Banyak juga yang menggunakan Adobe Illustrator dan ada juga beberapa fitur yang berbeda dengan Photoshop. Kamu bisa langsung cek video tutorialnya di bawah ini: 

10. Membuat Hand Sanitizer

Yang selanjutnya adalah tutorial membuat Hand Sanitizer. Tentu saja dengan standar keamanan dan penggunaan yang direkomendasikan oleh WHO, sahabat explorer. Bagi kamu yang kehabisan hand sanitizer, kamu bisa cek cara membuatnya dengan video di bawah ini:

Bagi kamu yang memang ingin lihat jelas bagaimana panduannya menurut WHO, kamu bisa klik tautannya di sini

Sahabat explorer, itulah beberapa tutorial gratis di Youtube yang bisa kamu coba selama pandemi dan di rumah saja. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa memberikan wawasan baru untuk kamu. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, tetap #dirumahaja dan stay safe, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments