Liburan Keluarga Gaya Hidup

Barcelona Bukan Hanya Seputar Sepak Bola: Destinasi Wisatanya Keren Banget!

Kota Barcelona
sumber: fodors travel guide

YOEXPLORE.CO.ID – Kalau mendengar kata Barcelona, rasanya olahraga sepakbola yang langsung terlintas di kepala. Namun tahukah kamu, sahabat explorer? Barcelona yang merupakan kota terbesar kedua di negara Spanyol ini ternyata memiliki daya tarik wisata yang luar biasa lho. Ada banyak tempat-tempat indah yang terkenal di kalangan turis domestik maupun mancanegara. Terletak di bagian selatan Eropa yang terkenal akan iklim hangatnya, kota Barcelona siap menghiasi sweet escape kamu. Bahkan pada tahun 2019, Barcelona menduduki peringkat ke-6 sebagai kota terindah di dunia versi Flight Network lho

Berikut 5 Destinasi Recommended di Kota Barcelona:



Casa Milà

Casa Milà merupakan bangunan rumah dan apartemen paling populer di Kota Barcelona. Bangunan ini sendiri dirancang sebagai rumah pribadi untuk seorang pengacara bernama Pere Milà i Camps, dengan apartemen yang disewakan pada lantai atas. Merupakan hasil karya salah satu arsitek ternama di dunia, Antoni Gaudí, Casa Milà memiliki arsitektur yang cukup kontroversial. Berbentuk menyerupai tambang batu terbuka, bangunan rumah apartemen ini juga dikenal sebagai La Pedrera atau The Stone Quarry oleh penduduk setempat. Masuk ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO, Casa Milà dibangun antara tahun 1906 dan tahun 1912.

Casa Mila

sumber: dpix.xyz

Berlokasi di sudut jalan Passeig de Grácia, Casa Milà memiliki bentuk yang tidak beraturan dan cenderung bergelombang. Bangunan ini dianggap sebagai salah satu kreasi arsitektural yang paling eksentrik karena tidak memiliki tepian lurus pada bagian luarnya. Sejak tahun 2013, Casa Milà beralih fungsi menjadi markas besar Fundació-Catalunya La Pedrera, yang mengelola pameran, kegiatan seni budaya, serta edukasi di Casa Milà. Memiliki eksterior yang unik, Casa Milà juga hanya terdiri dari perpaduan dua warna, yaitu abu-abu dan putih. Ada jendela di setiap balkonnya, artistik banget deh!

casa mila kota barcelona

sumber: la pedrera

Parc Güell

Parc Güell menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika berkunjung ke Kota Barcelona.  Salah satu karya terbesar arsitek Antoni Gaudí di Barcelona ini, memiliki bonus panorama kota yang sangat luar biasa. Taman indah penuh warna ini dibangun dari tahun 1900 hingga tahun 1914. Seorang pengusaha yang juga merupakan teman Antoni Gaudí, Eusebi Güell, meminta bantuan untuk membangun sebuah kompleks perumahan kaum borjuis di tanah miliknya. Setelah membangun 30 dari total 60 rumah, ternyata hanya 3 yang terjual. Itupun dibeli oleh  Güell, pengacara Gaudí, serta Gaudí sendiri. Ketiga bangunan tersebut disebut sebagai Casa Güell, Casa Gaudí, dan Casa Larrard.

parc guell kota barcelona

sumber: gates hotel barcelona

Eusebi Güell meninggal pada tahun 1918, lalu pewarisnya menjual kompleks ini kepada dewan Kota Barcelona pada tahun 1922. Taman kota ini terdiri dari dua pavilion di pintu masuk, sebuah tangga dengan patung kadal, tiga viaduk atau jembatan yang mengelilingi taman, dan sebuah sekolah. Sekolah tersebut merupakan hasil alih fungsi dari Casa Larrard, salah satu dari 3 rumah yang terjual. Sekolah negeri ini bernama Escola Baldiri Reixac, yang diambil dari nama sang guru, yaitu Baldiri Reixac. Di taman ini, terdapat salah satu karya Antoni Gaudí yang terkenal, yaitu patung kadal ditengah tangga, yang kini dianggap sebagai simbol Barcelona. Bangku-bangku di taman ini juga dihiasi dengan ubin dan potongan keramik yang unik. Di tengah bangku banyak dibuat lubang agar air hujan tidak menumpuk.

parc guell lizard

sumber: pinterest

Rumah milik Antoni Gaudí diabadikan menjadi museum bernama Casa Museu Gaudí. Di Parc Güell, kamu bisa menikmati keanggunan taman yang berpadudengan pemandangan kota dan laut yang spektakuler. Sahabat explorer juga dapat menikmati alunan musik para musisi jalanan yang semakin menguatkan atmosfer di Parc Güell. Pokoknya mantul banget deh! Parc Güell  sendiri sudah diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO dari tahun 1984 lho, sahabat explorer. Artistik dan bersejarah banget ya! 

gaudi house museum

sumber: clickngo

The Museu Picasso

Kalau berbicara soal seni, pasti tidak asing dengan Picasso, kan? Museum yang satu ini dibangun pada tahun 1963, saat Pablo Picasso masih hidup. Museum ini menampung 4.251 koleksi karya seninya sebagai seniman terkenal dari Spanyol pada abad ke-20. The Museu Picasso menjadi saksi nyata awal karir Picasso sampai masa ia melahirkan banyak maha karyanya. Gedung dari museum di Kota Barcelona ini sendiri juga sangat menarik lho, sahabat explorer. The Museu Picasso merupakan gabungan dari lima bangunan yang saling terhubung.

picasso museum kota barcelona

sumber: tasting escapes

Dibangun dengan gaya gotik berbentuk istana, masing-masing bangunan memiliki sejarahnya sendiri lho, sahabat explorer. Empat diantara lima bangunan yang ada di sana ternyata memang merupakan kastil dari abad ke-14. Keempat bangunan tersebut, adalah Palau Aguilar, Palau del Baró de Castellet, Palau Finestres, dan Palau Meca. Sementara bangunan sisanya, yaitu Casa Mauri Montcada, merupakan mansion yang dibangun pada abad ke-18. Arsitektur Romawi dapat kamu rasakan dengan kuat saat menjelajahi The Museu Picasso.

museum picasso

sumber: mikestravelguide

Karya-karya seni terbaik sang seniman di awal karirnya tersusun secara kronologis. Pada ruangan dekat pintu masuk, terpajang banyak foto, gambar, dan sketsa dari masa kecil Pablo Picasso beserta biografinya. Ada juga empat ruangan berisikan koleksi Las Meninas untuk mengenang temannya yang bernama Sabartés. Las Meninas merupakan rangkaian total 58 lukisan yang diselesaikan pada tahun 1957 berisikan tafsiran ulang dari lukisan Las Meninas yang terkenal karya Diego Velázquez. Ada juga karya penting lainnya, seperti Portrait of the Artist’s Father dan The First Communion dari tahun 1896, serta The Embrace dari tahun 1900. Koleksi seni di sini juga banyak yang merupakan sumbangan dari pihak keluarga, sahabat, sampai teman seprofesi seperti Salvador Dali, dan tentunya Pablo Picasso sendiri. Istri Picasso, Jacqueline, juga ikut menyumbangkan 40 buah keramik lho! 

Parc de la Ciutadella

Sekitar 400 meter dari The Museu Picasso , ada sebuah area hijau Parc de la yang berada di tepi timur laut Ciutat Vella. Parc de la Ciutadella merupakan taman kota yang menawan di jantung kota Barcelona dengan beragam objek wisata menarik. Berfungsi sebagai kawasan paru-paru di Barcelona, taman ini memiliki hamparan bunga warna-warni dengan pepohonan palem di kanan-kirinya. Sahabat explorer juga dapat menikmati keindahan arsitektur gedung parlemen Catalona dari luar. Parc de la Ciutadella tentunya sangat ramah anak karena terdapat beberapa playground di area ini.

parc de la ciutadella

sumber: musement

Salah satu daya tarik paling seru di sini, adalah menyewa perahu dayung untuk memutari Danau Ciutadella. Asik banget deh suasananya, sahabat explorer! Ada juga atraksi air mancur yang terkenal indah. Di desain oleh Josep Fontsere, konon katanya Antoni Gaudi juga ikut mendesain beberapa ornamen air mancurnya lho! Ruang hijau di Kota Barcelona ini dibangun pada tahun 1877. Dari banyak bangunan yang ada, gedung Parlemen Catalonia merupakan bangunan paling tua di dalam Parc de la Ciutadella. Terdapat juga  museum geologi dan museum sejarah alam di kawasan ini.

Lake Boating Parc de la Ciutadella

sumber: mikestravelguide

Kebun Binatang Barcelona juga berlokasi di dalam taman ini lho! Kalau kamu pecinta dunia primata, khususnya gorila, kebun binatang ini merupakan rumah dari sang gorilla albino, bernama Snowflake, yang telah mati pada tahun 2003. Kebun binatang ini memiliki sekitar 7.500 koleksi binatang dari 400 spesies yang berbeda. Selain gorilla, beberapa binatang yang paling terkenal, diantaranya ada serigala, macan tutul salju, sampai orang utan. Wah lengkap sekali ya daya tarik wisata yang ada di Parc de la Ciutadella, sahabat explorer! 

Snowflake Albino Gorilla

sumber: zoochat

La Rambla: Champs Elysees-nya Kota Barcelona

Nah, tidak jauh dari Parc de la Ciutadella, terdapat salah satu destinasi lain yang juga wajib kamu kunjungi.  Jika sedang berada di kota Barcelona, sahabat explorer harus banget deh berkunjung ke La Rambla. Walau hanya merupakan sebuah jalan di pusat kota, sensasi yang kamu akan nikmati sangat luar biasa. Jalan yang membentang sejauh  1,2 kilometer ini dipenuhi dengan pepohonan. La Rambla juga berfungsi menghubungkan Plaça de Catalunya dengan Monumen Patung Christopher Columbus di Port Vell. Di La Rambla, terdapat berbagai spot foto dan area bersantai, penginapan, serta tempat makan yang menjual hidangan khas Spanyol maupun café-café. Kawasan pedestrian ini, bahkan sering disandingkan dengan Jalan Champs Elysees di Paris lho, sekeren itu!

la rambla

sumber: hotel arc la rambla

Salah satu objek wisata menarik disini, adalah sebuah pasar bernama The Mercat de Sant Josep de la Boqueria yang, berlokasi di pertengahan bentang La Rambla. Pasar ini menjual aneka buah, rempah, daging, ikan, dan sayuran. Namun, pasar ini sangatlah bersih, sahabat explorer. Kamu tidak akan mengeluh karena becek atau bahkan bau amis. Justru paduan warna dari produk-produk yang dijual membuat suasana sangat aesthetic. Dibangun sejak tahun 1836, saat ini terdapat lebih dari 200 pedagang yang berjualan di Mercat St. Josep La Boqueria. Bahkan katanya, kegiatan jual-beli di pasar ini sudah ada sejak tahun 1200-an lho walau awalnya hanyalah kios-kios daging yang berjualan.

The Mercat de Sant Josep de la Boqueria

sumber: bon v

Pasar ini berkonsep terbuka dan kebanyakan penjualnya merupakan para petani asli dari sekitar daerah Barcelona.  Seru banget deh pokoknya Jalan La Rambla ini, sahabat explorer! Bahkan, salah satu penyair terkenal dari Spanyol, yang bernama Federico García Lorca, juga setuju! Ia pernah berkata bahwa La Rambla adalah satu-satunya jalan di dunia yang ia harap tidak akan pernah berakhir. Mantul banget ya!

Sahabat explorer, itulah 5 destinasi recommended di kota Barcelona. Barcelona bukan hanya seputar sepak bola, tetapi destinasi wisatanya yang keren banget! Apakah kamu setuju, sahabat explorer? Kalau kamu mau traveling, jangan lupa pastikan membawa dokumen yang sesuai protokol kesehatan terbaru ya! Dari 5 destinasi diatas, mana yang paling menarik untuk kamu, sahabat explorer? Bagikan pendapatmu di kolom komentar atau tulis dalam bentuk artikel jika kamu punya rekomendasi berbeda! Salam Pariwisata!

 

Tentang penulis

Marisa

Marisa

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE, seorang hospitality enthusiast yang menyukai seni musik.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments