Gaya Hidup

Pulau Bintan Si Negeri Segantang Lada

destinasi wisata kepulauan riau
sumber: instagram (@melalaktakjelas29)

YOEXPLORE.CO.ID – Sahabat explorer tahu kepulauan Bintan? Dikenal dengan nama Negeri Segantang Lada, Bintan merupakan pulau terbesar di Kepulauan Riau. Pulau ini pernah berjaya menghasilkan lada di abad ke-19. Terdiri dari hampir 3.000 pulau besar dan kecil yang terbentang di seberang Singapura dan Johor Baru, Malaysia. Pulau Bintan melebar dari Malaka ke Laut Cina Selatan dengan Tanjung Pinang sebagai ibu kota.  Pulau Bintan merupakan salah satu destinasi wisata termantul di Indonesia. Kepulauan yang satu ini berhasil dikembangkan atas dasar hasil hubungan persahabatan antara Indonesia dan Singapura. Persetujuan yang ditandatangani kedua negara tetangga ini diharapkan akan menguntungkan kedua belah pihak dalam Zona Perdagangan Bebas Batam–Bintan–Karimun.

Pulau Bintan

sumber: super adventure

Bentuk pertama dari perjanjian ini adalah pembangunan Bintan Resort sebagai destinasi wisata pantai dengan luas 23,000 hektar. Pulau di atas pasir putih nan indah yang menghadap Laut Cina Selatan ini memiliki dua pantai unggulan. Pantai Trikora dan Pantai Lagoi merupakan pantai dari Bintan yang terkenal di dunia. Pulau Bintan menawarkan kesempatan untuk menikmati pengalaman surfing serta ekowisata yang ideal untuk bersantai. Kamu juga bisa menyelam di Kepulauan Anambas yang terletak di Laut Cina Selatan. Tidak lupa Kepulauan Natuna yang dapat dijangkau dengan mudah dari Batam. Wah, one stop entertainment banget yah Pulau Bintan! 

Berikut Top 5 Destinasi Wisata di Pulau Bintan, Si Negeri Segantang Lada



Pantai Lagoi, Pantai Terkenal di Pulau Bintan

Lagoi merupakan salah satu kawasan wisata terpadu yang eksklusif di Pulau Bintan. Kawasan ini cukup terkenal di kalangan wisatawan mancanegara khususnya turis dari Singapura. Destinasi wisata di Pulau Bintan ini sering disebut sebagai miniaturnya Singapura. Dulu, untuk berkunjung ke Pantai Lagoi, kamu perlu bertransaksi dalam mata uang Singapore dollar, sahabat explorer! Pantai Lagoi sendiri ternyata setara dengan pantai-pantai di Pulau Bali lho! Terdapat tanda kedalaman air di sepanjang bibir sampai ke tengah pantai untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan. Pantai cantik yang satu ini dilengkapi dengan deretan pohon kelapa lho, sejuk banget! Pengunjung juga bisa menyewa peralatan water sport seperti kayak, jet ski, atau alat snorkeling. Fasilitas di sekitar kawasan ini cukup lengkap, mulai dari night club, spa, lapangan golf, serta beragam resort.

lagoi beach

sumber: prime holidays

Berada di kawasan Lagoi Bay, spot tulisan raksasa dengan warna beragam menjadi andalan pengunjung sebagai spot foto momen kenangan pernah ke sana. Keindahan alamnya pun berpadu  bersama kenikmatan kuliner dan keakraban masyarakat lokal.  Lagoi Bay sendiri semakin cantik lho di malam hari. Ada juga Lagoi Bay Lantern Park yang berupa jalur sepanjang 300 meter dengan lentera warna-warni dalam berbagai bentuk binatang. Mulai dari lampu berbentuk hewan laut sampai gajah berukuran besar, ada disini. Banyak fasilitas lain di kawasan ini seperti Plaza Lagoi, Rumah Imaji, serta hotel-hotel eksklusif. 

Lagoi Bay

sumber: native indonesia

Pantai Trikora

Pantai yang satu ini menegaskan bahwa Bintan merupakan destinasi dengan nuansa dan atmosfer pulau yang tropis abis! Pasirnya berwarna putih dengan ombak air yang tenang membuat destinasi di Pulau Bintan ini cukup terkenal di kalangan wisatawan dalam dan luar negeri. Bukan hanya panorama yang menawan, pemandangan di bawah airnya juga tidak kalah keren lho, sahabat explorer! Cocok banget deh untuk para pecinta diving dan snorkeling. Memiliki panjang mencapai 25 kilometer, pantai ini terbagi menjadi empat bagian, yaitu Trikora 1, Trikora 2, Trikora 3 dan Trikora 4. 

Pantai Trikora Pulau Bintan

sumber: iwearbatik

Di pantai Trikora 1 dan Trikora 2, kamu bebas menikmati pantai secara gratis! Tanpa perlu dana besar, kamu sudah bisa memancing di tepian pantai atau sekedar duduk-duduk cantik di gazebo yang tersedia. Berjalan di sepanjang pantai berpasir putih dengan semilir angin dan jajaran pohon kelapa? Mantul banget sensasinya! Berbeda dengan pantai Trikora 3 dan Trikora 4, terdapat jejeran hotel eksklusif di tepi pantai. Di hotel tertentu bahkan tersedia permainan pantai seperti banana boat, jet ski atau berkano. Sekadar duduk di di restoran yang menjorok ke laut juga asik banget lho, sahabat explorer!

Pantai Trikora

sumber: sahabat nestle

Nama Trikora sendiri berasal dari nama three corral yang diberikan oleh wisatawan asing saat berkunjung ke pantai ini, menurut masyarakat setempat. Namun ada juga yang beranggapan bahwa penamaan Trikora berkaitan dengan Tri Komando Rakyat. Dahulu pada masa pemerintahan Presiden Soekarno, beredar isu Ganyang Malaysia dan pantai ini merupakan kubu terluar di Indonesia pada waktu itu. Berwisata ke Pantai Trikora kurang afdol jika belum menikmati wisata kulinernya. Kamu bisa memanjakan lidah dengan aneka menu seafood yang tersedia dan mudah ditemukan di sepanjang pantai. Berada di kawasan Pulau Sumatera, tersedia juga makanan khas Sumatera. Salah satu yang terkenal adalah otak-otak dari adonan ikan atau cumi-cumi yang dibungkus daun dan dipanggang diatas arang api. 

Telaga Biru

Sahabat explorer, jika kamu ingin menikmati sensasi oase di tengah padang pasir, Telaga Biru cocok untuk kamu kunjungi. Destinasi wisata di Pulau Bintan ini punya air berwarna biru tosca. Telaga Biru mantul banget untuk dijadikan spot sweet escape kamu. Gurun pasir di Telaga Biru ini merupakan bekas area penambangan pasir bauksit yang kini mengeras bagaikan karang. Puluhan tahun terbengkalai, cekungan bekas galian pun terisi air hujan dan lama-kelamaan berubah menjadi telaga air berwarna biru. Potensi wisatanya pun meningkat drastis. Di destinasi wisata Pulau Bintan ini, kamu bisa menikmati hamparan pasir putih dengan telaga air berwarna biru bagaikan oase.

Telaga Biru Pulau Bintan

sumber: indonesia travel

Walau matahari bersinar terik, dijamin kamu akan tetap happy disana. Siap-siap untuk sun tanning ya! Di sini juga tersedia spot-spot foto instagramable, seperti ayunan, boneka unta, serta hiasan bambu. Ada juga wahana, seperti arena memanah, perahu bebek, dan perahu kano, khusus di area telaga. Rasanya sekadar berjalan-jalan di pasirnya yang putih kekuningan dengan hijaunya pepohonan sambil minum es kelapa sudah mantul banget, setuju nggak, sahabat explorer?

Bukit Pasir Busung

Mau berjelajah di gurun pasir ala timur tengah di Indonesia? Ada! Bukit Pasir Busung cocok banget untuk kamu. Lokasinya sendiri cukup dekat dengan Telaga Biru lho, sahabat explorer. Panorama di destinasi wisata yang satu ini sangat menarik. Walau panas terik ala gurun pasir, tidak mengurangi keseruan yang akan kamu nikmati! Bukit Pasir Bintan atau yang sering disebut sebagai Bukit Pasir Busung menawarkan keindahan bukit pasir bagai di timur tengah. Sahabat explorer dapat menikmati pemandangan sambil menelusuri tiap sudut keindahan bukit.Butiran pasirnya cukup kasar sehingga kamu tidak perlu takut terpeleset saat naik turun bukit.

Bukit Pasir Busung Kepulauan Riau

sumber: travelingyuk

Sahabat explorer juga bisa sekadar duduk santai di atas bukit-bukit kecil sambil menikmati eksotisnya destinasi wisata di Pulau Bintan ini. Hilir angin sepoi-sepoi siap menemani pemandangan alam yang indah untuk berfoto. Salah satu daya tarik di Bukit Pasir Busung adalah pohon tinggi yang mengelilingi bukit serta rumput ilalang yang kering. Perdu dan tumbuhan khas tanaman sabana ini bisa bikin kamu betah walau sedang terik, sahabat explorer. Suasana yang hangat terpadu dengan kesejukan semilir angin menjadikan tempat ini sangat nyaman untuk dikunjungi.

Air Terjun Gunung Bintan

Tahukah kamu, sahabat explorer? Pulau Bintan juga memiliki air terjun lho! Air Terjun Gunung Bintan berada di Gunung Bintan yang merupakan jalur pendakian. Wah bagi para traveler yang hobi naik gunung, sepertinya cocok banget ke sini deh! Waktu tempuh yang diperlukan menuju area wisata ini hanya sekitar 1 jam. Kamu hanya perlu berjalan kaki sejauh 300 meter untuk mencapai sang air terjun. Ketinggian Gunung Bintan sendiri hanya sekitar 400 meter di atas permukaan laut. Di gunung ini, katanya terkenal banyak durian lho, sahabat explorer!

Air Terjun Gunung Bintan

sumber: instagram (@tatangjava)

Perjalanan menuju ke lokasi air terjun harus melalui jalan yang telah ditutupi batako dengan menaiki anak tangga di jalan setapak. Di sepanjang perjalanan menuju air terjun, panorama yang masih terjaga kealamiannya akan menemanimu. Pepohonan yang rindang nan bersih serta beberapa tempat peristirahatan berbentuk gazebo juga tersedia di sepanjang jalan. Hanya dengan waktu 15 menit, kamu akan mendapatkan pemandangan yang luar biasa dari Air Terjun Gunung Bintan. Dengan ketinggian  kurang lebih 7 meter, wisata air terjun ini mampu memberikan healing tersendiri. Berlokasi jauh dari perkotaan dan masih jarang terjamah, keindahan alamnya terjaga banget deh!

Gunung Bintan Indonesia

sumber: instagram(@mitraramahdan)

Gunung Bintan sendiri merupakan salah satu kawasan hutan lindung di Pulau Bintan. Terdapat beberapa ekosistem hewan maupun tumbuhan yang dijaga kelestariannya. Di gunung ini juga terdapat sejarah dan budaya sesuai dengan kepercayaan daerah sekitar. Salah satunya adalah, makam Datuk Bintan yang merupakan seorang tokoh masyarakat Bintan. Banyak pengunjung yang datang untuk berziarah ke makan tersebut. Ada juga Goa Batu yang dapat ditelusuri hanya sejauh 8 meter karena sisanya beruang menyempit dan dikhawatirkan runtuh.

Itulah Top 5 Destinasi Wisata di Pulau Bintan, Si Negeri Segantang Lada. Dengan segudang destinasi wisata, resort mewah dan pantai yang eksotis, Pulau Bintan wajib banget untuk kamu kunjungi! Nuansa dan atmosfer tropis yang ditawarkan akan membuat sweet escape kamu semakin mantul! Jangan lupa sedia sunblock dan kacamata hitam jika mau menikmati keseruan tanpa takut dengan teriknya matahari, kecuali kamu mau sunbathing, selamat menikmati!

Tentang penulis

Marisa

Marisa

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE, seorang hospitality enthusiast yang menyukai seni musik.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments