Liburan Keluarga

Hal Ini Perlu Kalian Persiapkan Saat Ingin Road Trip Bersama Keluarga!

persiapan untuk road trip - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: kompas

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, berlibur bersama keluarga memang merupakan hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Terlebih jika kalian pergi ke tempat-tempat yang anti mainstream sahabat explorer, tentu akan lebih menyenangkan lagi pasti rasanya. Mungkin sudah biasa jika kita traveling dengan pesawat atau kereta, namun apakah kalian tau kalau dengan mobil juga tidak kalah menyenangkan? Jenis traveling yang satu ini biasa disebut dengan road trip sahabat explorer. Tetapi tidak hanya langsung jalan saja, ada beberapa persiapan untuk road trip yang perlu kalian persiapkan terlebih dahulu. Karena dengan jalur darat dan pastinya akan makan waktu berjam-jam, maka kalian harus lebih prepare dari biasanya sahabat explorer

Persiapan Untuk Road Trip

Kegiatan yang satu ini jelas akan membuat hubungan antar keluarga lebih erat lagi. Bayangkan saja berjam-jam di dalam mobil sambil menikmati pemandangan alam yang cantik. Kalian bisa saling mengobrol berbagai macam hal sampai makan bersama di dalam mobil! Asal jangan makan berat ya sahabat explorer, cukup makanan ringan saja! Selain itu kalian bisa berhenti di tiap tempat yang memang kalian suka untuk sekedar beristirahat atau makan. Kira-kira ada apa saja ya persiapannya? Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja yuk ulasannya! Cekidot!

Baca Juga: Film Terbaik Versi YoExplore Di Tahun 2019!



1. Membuat Daftar Barang Yang Diperlukan

Persiapan untuk road trip yang pertama adalah membuat daftar barang yang perlu kalian bawa. Setiap orang pastinya memiliki preferensi barang bawaan yang berbeda. Ada yang merasa tenang jika membawa seluruh kebutuhan, meskipun harus kerepotan. Ada juga yang merasa nyaman dengan bawaan yang seadanya, selama barang-barang penting telah terbawa. Namun, dari kedua pilihan tersebut, ada baiknya jika kalian membuat checklist barang bawaan road trip sebagai antisipasi, agar tidak ada barang yang terlupakan.

Barang-barang yang perlu itu biasanya meliputi: alat pembayaran elektronik, dokumen penting seperti KTP, SIM, STNK, Kartu Asuransi, dll, perlengkapan pribadi, perlengkapan smartphone kalian, survival kit, keperluan bayi atau balita. 

Sebelum berangkat biasakan untuk mengecek lagi dan membuat checklist ya sahabat explorer!

2. Mempersiapkan Mobil Yang Digunakan

Persiapan untuk road trip yang selanjutnya adalah untuk urusan mobilnya nih sahabat explorer. Kalian bisa menggunakan mobil pribadi atau pula mobil sewaan untuk road trip bersama keluarga kalian. Yang terpenting, kalian harus cek kondisi mesin dan perangkat mobil yang akan digunakan secara menyeluruh. Pastikan mobil dalam kondisi prima dan aman dikendarai untuk perjalanan yang jauh.

Demi keselamatan dan juga kenyamanan bayi atau balita kalian, lebih baik gunakan car seat untuk bayi atau sabuk pengaman untuk balita yang sudah cukup besar. Kalian juga bisa menambahkan window shades, agar dapat meredam cahaya dan juga panas matahari. Siapkan mainan-mainan kecil yang bisa dipasang pada interior mobil kalian agar bayi tidak mudah bosan. 



3. Tidak Terpaku Pada Rencana Perjalanan

Persiapan untuk road trip yang satu ini memang sedikit berbeda dari yang lainnya. Biasanya kalau sudah road trip, kita akan membuat yang namanya rencana perjalanan. Namun, apa kalian yakin itu akan berjalan dengan mulus dan juga tepat waktu? Kemungkinan besar tidak, karena banyak faktor dan yang utama adalah kemacetan. Oleh karena itu, jangan terpaku sama hal-hal yang direncanakan seperti ini sahabat explorer

Konsepnya, kalian harus menghargai dan juga memperhatikan waktu, namun tetaplah fleksibel. Jika ada kejadian yang tidak terduga atau tidak sesuai rencana, tetap tenang agar dapat menemukan solusinya. Apalagi, jika bayi atau balita menangis karena tidak nyaman, lelah, atau bosan. Berhentilah sejenak di tempat peristirahatan yang terdekat. Begitu pula jika ada kondisi darurat atau kebutuhan mendesak salah satu anggota keluarga.

Sahabat explorer, itulah beberapa persiapan untuk road trip yang perlu kalian perhatikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments