Makanan Dan Minuman

Selama Di Rumah, Mending Belajar Masakan Yang Baru, Yuk!

belajar masak di rumah - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: eatforum

YOEXPLORE, Tour Operator – Sahabat explorer, saat pandemi coronavirus seperti sekarang ini, kita memang diwajibkan untuk di rumah saja. Bekerja dari rumah, beribadah dari rumah, dan juga menjalankan hobi di dalam rumah. Memang masih belum diketahui akan sampai kapan pandemi ini berakhir, khususnya di Indonesia. Supaya kamu tidak bosan #dirumahaja, tentunya kamu bisa manfaatkan waktu ini dengan belajar masak di rumah, sahabat explorer. Ada berbagai macam jenis masakan yang bisa kamu coba. Mulai dari masakan lokal, sampai masakan western. Lumayan sekali untuk menambah skill dan juga menu baru dalam keseharian kamu di rumah. 

Belajar Masak Di Rumah

Sekarang memang waktu yang tepat, sahabat explorer untuk belajar memasak. Kamu bisa membuka lagi buku resep yang selama ini hanya tersimpan di lemari saja. Atau lebih mudah lagi kamu bisa buka Youtube dan lihat berbagai macam resep dan cara membuat makanan favorit kamu. Kami memberikan kamu beberapa rekomendasi Channel Youtube tentang ragam tutorial belajar masak di rumah. Di dalamnya lengkap dengan berbagai macam menu masakan dan juga cara pembuatannya. Kami memberikan beberapa rekomendasi Channel dengan tema dan style makanan yang berbeda-beda. Kira-kira ada apa saja ya? Yuk, langsung kita simak ulasannya!

Baca Juga: Asal-Usul Minuman Tren Selama Social Distancing, Dalgona Coffee



1. Masakan Khas Italia

Yang pertama adalah masakan Italia. Pasti kamu sudah familiar dengan makanan seperti Pizza, Spaghetti, Fettucini, dan juga jenis pasta yang lainnya. Italia memang sudah terkenal dengan kulinernya yang sudah mendunia, sahabat explorer. Salah satu ciri masakan khas Italia adalah beraroma tajam, yang dihasilkan dari rempah-rempah yang tercampur di dalam masakan tersebut. Masakan khas Italia biasanya mengandung tiga bumbu yang menjadi ciri khas. Bumbu itu ialah Basil, Oregano, dan juga Rosemary. Ketiga bumbu tersebut akan memberikan aroma yang khas dan juga cita rasa yang sedikit pahit dan cocok untuk dijadikan sebagai garnish

Kamu bisa lihat Youtube Channel ini sebagai referensi untuk masakan khas Italia.

Kamu juga bisa langsung coba membuat masakan ini, sahabat explorer, namanya adalah Pasta Con Le Sarde. Ini pasti nikmat banget rasanya! Cek videonya di bawah ini ya:

2. Masakan Khas Korea

Selanjutnya adalah masakan khas Korea. Tidak dipungkiri lagi, di Indonesia memang banyak masyarakat yang ngefans terhadap Korea. Baik filmnya, musiknya, wisatanya dan bahkan makanannya. Banyak juga produk makanan dari Korea yang sudah masuk ke Indonesia, sahabat explorer. Salah satunya adalah Mie Samyang yang terkenal dengan rasa pedas yang luar biasa. 

Kamu bisa belajar masak di rumah dengan mencoba berbagai resep makanan khas Korea. Masakan Korea banyak dipengaruhi dari masakan Jepang dan China karena dua negara ini pernah menjajah Korea dalam waktu yang cukup lama dan juga dipengaruhi oleh masakan Korea itu sendiri. Ciri khas masakan Korea adalah menggunakan cabai, jahe, wijen, dan bawang putih dalam jumlah yang banyak.

Kamu bisa langsung cek Youtube Channel berbahasa Inggris ini, sahabat explorer untuk berbagai macam referensi masakan Korea.

Kamu bisa langsung mencoba membuat Kimchi ini, sahabat explorer! Dijamin rasanya mantap, luar biasa! Cek videonya di bawah ini, ya!



3. Chinese Food

Makanan ini juga sudah pasti tidak asing lagi bagi kita orang Indonesia. Mulai dari Siomay, Mie Ayam Capcai dan lain-lainnya memang banyak terpengaruh dari masakan khas China atau Chinese Food. Chinese Food terkenal dengan penggunaan berbagai macam jenis sayur yang diolah dengan berbagai macam jenis kuah dan saus. Mulai dari saus asam, manis dan juga gurih. Kamu bisa buka Channel Youtube ini sebagai referensi untuk Chinese Food.

Kamu bisa langsung coba membuat masakan di bawah ini, sahabat explorer. Sepertinya cocok sebagai menu untuk makan malam!

4. Masakan Khas Indonesia

Kalau yang satu ini memang sudah jelas kenikmatan dan keunikannya. Indonesia terkenal dengan kekayaan rempahnya, sahabat explorer. Jadi, tidak heran apabila masakan khas Nusantara ini menggunakan banyak bumbu. Membuat makanan khas Indonesia ini bisa dibilang cukup sulit karena banyak proses yang harus dilakukan. 

Di Indonesia, tentunya sudah banyak orang yang mengetahui Chef Rudi Choirudin. Beliau sudah memasak masakan khas Indonesia selama bertahun-tahun. Kamu bisa langsung cek Youtube Channelnya.

Untuk menu makan siang, kamu bisa langsung coba masak makanan ini, sahabat explorer! Dijamin rasanya mantap dan Indonesia banget!

5. Masakan Khas Jepang

Japanese Food juga merupakan salah satu makanan Asia yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, sudah banyak juga restoran yang khusus menjual makanan Jepang di hampir setiap kota di Indonesia. Jepang terkenal dengan makanannya yang sehat dan juga rare. Rasanya yang unik dan juga bumbu yang segar menjadi kewajiban bagi tiap masakan Jepang. Kamu bisa langsung cek Youtube Channel berikut ini.

Kamu juga bisa langsung membuat menu sarapan ini ya, sahabat explorer!

6. Masakan Khas India

Selanjutnya adalah makanan Khas India. Kalau makanan yang satu ini memang sedikit samar-samar dengan masakan khas Timur Tengah, sahabat explorer. Masakan India juga kaya akan rempah-rempah dan rasa yang sangat tajam. Kamu bisa langsung cek Youtube Channel berikut ini

Masakan India terkenal dengan Nasi Biryani, sahabat explorer. Kamu bisa langsung bikin di rumah dengan panduan video di bawah ini. Tentunya dengan porsi yang wajar saja ya, sahabat explorer!

7. Masakan Khas Timur Tengah

Selanjutnya adalah masakan khas Timur Tengah. Masakan Timur Tengah memang sedikit mirip dengan masakan khas India. Namun, pembedanya adalah bumbu rempah yang digunakan, dan juga kalau masakan khas Timur Tengah itu lebih dominan menggunakan daging ayam di setiap menu masakannya. Kamu bisa cek Youtube Channel berikut ini.

Kamu juga bisa langsung mencoba menu yang satu ini, sahabat explorer!

8. Masakan Khas Vietnam

Selanjutnya adalah masakan khas Vietnam. Asia memang juara kalau urusan makanan, sahabat explorer. Kebanyakan makanan dari Vietnam juga masih terpengaruh dari masakan khas China. Cara pembuatannya juga tidak terlalu sulit dan bahan yang diperlukan juga mudah dicari. Kamu bisa langsung cek  Youtube Channel berikut ini

Kamu bisa buat makanan yang satu ini nih! Cocok sekali untuk camilan bersama keluarga!

9. Masakan Khas Yunani

Mungkin jenis masakan yang satu ini jarang terdengar di Indonesia ya, sahabat explorer. Kamu bisa belajar masak di rumah dengan menu-menu unik dari Yunani ini. Kamu bisa langsung simak Youtube Channel berikut ini ya. 

Pie yang satu ini terlihat sangat lezat! Langsung coba di rumah ya!

10. Masakan Khas Afrika

Selanjutnya adalah masakan khas Afrika. Kalau yang satu ini juga termasuk jarang ada di Indonesia, sahabat explorer. Tentunya akan sangat berbeda dengan makanan-makanan yang sudah disebutkan tadi di atas. Kamu bisa langsung simak Youtube Channel berikut ini.

Kamu juga bisa membuat nasi khas Kamerun ini, sahabat explorer. Pasti rasanya unik sekali, deh!

11. Masakan Khas Singapore

Kalau masakan khas negara tetangga kita ini juga masih terpengaruh dari masakan khas China. Namun, negara ini juga punya beberapa makanan khas yang bisa kamu coba buat di rumah, sahabat explorer. Kamu bisa langsung cek Youtube Channel berikut ini ya.

Kalau resep yang satu ini mudah dibuat, loh! Bahan dasarnya menggunakan ayam. Simak cara membuatnya, ya.

12. Masakan Khas Thailand

Thailand memang terkenal dengan street food, sahabat explorer. Makanan khas Thailand juga sangat menggugah selera. Kalau kamu memang ingin wisata kuliner, pas sekali jika mengunjungi negara yang satu ini. Namun, karena pandemi ini, kamu tetap bisa merasakan makanan khas Thailand dengan melihat Youtube Channel ini

Tom Yum Goong ini juga sepertinya boleh dicoba, sahabat explorer. Simak cara membuatnya di video di bawah ini.

Sahabat explorer, itulah beberapa varian untuk kamu yang ingin belajar masak di rumah dengan berbagai macam style masakan dunia. Semoga artikel ini bermanfaat, tetap #dirumahaja dan stay safe, explorer!

 

 

 

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments