Makanan Dan Minuman

Cara Membuat Asideh Yang Nikmat!

cara membuat asideh - yoexplore - yoexplore.co.id
image source: cookpad

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, apakah kalian pernah mendengar makanan yang bernama Asideh?  Makanan yang satu ini berasal dari Timur Tengah/Arab. Kue Asideh ini banyak dimakan oleh orang Arab dan Afrika Utara sebagai sarapan pagi sahabat explorer. Makanan yang satu ini sangat cocok dinikmati dengan segelas kopi atau teh manis. Namun, makanan yang satu ini juga terkenal di kalangan masyarakat Riau sahabat explorer. Jadi, jika kalian mencoba kue asideh khas Riau dan Arab, tentu terdapat perbedaan rasa, namun tidak begitu jauh. Dalam tema kali ini, YoExplore akan membahas bagaimana cara membuat asideh yang nikmat dan tentunya gurih sahabat explorer

Cara Membuat Asideh

Seperti biasa kami akan menyajikan kalian berbagai macam bahan-bahan yang diperlukan dan juga cara pembuatannya. Jika kalian mengikuti langkah-langkahnya, bukan tidak mungkin mendapatkan rasa dan tekstur yang sempurna sahabat explorer. Dengan demikian, ikuti langkah-langkah yang kami berikan ini. Simak ulasannya yuk! Cekidot!

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Pizza Teflon! Tanpa Oven!



Bahan-Bahan

Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan dalam cara membuat asideh. Bahan-bahannya mudah dicari kok sahabat explorer, kalian tinggal langsung ke pasar juga pasti dengan mudah menemukannya. Berikut adalah bahan-bahannya:

  • 2 gelas tepung terigu
  • 1 butir telur ayam
  • 3 gelas air
  • 1 gelas gula pasir
  • 2 biji bunga cengkeh dan 1 cm kulit kayu manis ( tumbuh halus )
  • 1 ons bawang diiris goreng hingga kuning kecoklatan
  • 100 gram mentega ( dicairkan )
  • 1/2 sdt garam
  • 6 sdm minyak goreng untuk bawang goreng
  • 1 lembar daun pandan ditumbuk

Bagaimana? Mudah dicari kan sahabat explorer. Setelah kalian mempersiapkan bahan-bahan ini, kita bisa langsung masuk ke dalam cara membuatnya. Simak terus ya ulasannya!

Cara Membuat

Berikut adalah cara membuat asideh yang nikmat dan gurih. Ikuti langkah-langkah berikut ini agar hasilnya maksimal ya sahabat explorer

  1. Bawang diiris lalu digoreng hingga kekuningan, angkat tiriskan minyaknya
  2. Masukkan mentega ke dalam minyak bekas gorengan bawang hingga mentega mencair dan menyatu dengan minyak , kemudian angkat
  3. Tepung diayak lalu diaduk bersama gula pasir + 3 gelas air + garam + kocokan telur ayam + bubuk bunga cengkeh dan kayu manisnya + daun pandan , lalu adonan diaduk rata sampai semua bahan tercampur rata .
  4. Saring adonan tadi kedalam wajan hingga menghasilkan adonan yang halus , lalu dimasak dengan suhu sedang , di aduk dan campurkan mentega yang dicairkan tadi kira-kira 5 sendok makan untuk olesan , diaduk terus hingga adonan licin dan tidak lengket.
  5. Angkat adonan tersebut lalu dibentuk ke dalam piring sesuai dengan keinginan, olesi campuran mentega dan minyak lalu taburi bawang yang digoreng tadi ke atas adonan. dan siap disajikan.

Mudah kan sahabat explorer? Pasti kalian bisa dengan mudah deh membuatnya di rumah! Bisa disajikan sebagai sarapan atau bisa juga untuk cemilan pada sore hari. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments