Makanan Dan Minuman

10 Jajanan Khas Jawa Timur Yang Wajib Kamu Coba!

kue khas jawa timur - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

YOEXPLORE, Tour Operator – Sahabat explorer, jika kita berbicara mengenai kuliner khas Indonesia,  memang tidak akan pernah ada habisnya. Terutama jika kita membahas camilan atau kue-kue tradisional yang memiliki cita rasa yang sungguh unik dan tentunya nikmat. Dalam tema artikel kali ini kita akan membahas mengenai kue khas Jawa Timur yang mungkin bisa kamu cicipi saat sedang traveling ke kota-kota yang ada di wilayah Jawa Timur tersebut. Bentuk dan rasanya yang unik tentu membuat siapa saja yang mencicipinya akan ketagihan, sahabat explorer. Walaupun ada beberapa dari kue tersebut yang mungkin sudah terkenal dan ada di wilayah lainnya, namun tidak ada salahnya juga jika kamu  cicipi kembali. 

Kue Khas Jawa Timur

Kira-kira ada apa saja ya, sahabat explorer? Yuk mari kita simak ulasannya!

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Semarang



1. Madu Mongso

kue khas jawa timur - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idYang pertama adalah Madu Mongso. Kue khas Jawa Timur yang satu ini umumnya berwarna hitam. Terbuat dari tape ketan yang sudah difermentasi, jajanan favorit ini punya cita rasa campuran antara manis dan juga asam.

Umumnya, madu mongso dijajakan dalam bungkusan kertas berwarna-warni mencolok supaya kelihatan lebih menarik dan menggoda, sahabat explorer. Tidak perlu khawatir kesusahan untuk mencarinya, madu mongso ini biasa dijual di berbagai daerah di Jawa Timur mulai dari Madiun, Blitar, sampai ke Ponorogo.

2. Brem Madiun

kue khas jawa timur - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idYang selanjutnya adalah Brem asli Madiun. Camilan berbentuk lempengan putih tipis ini dibuat dari sari tape ketan yagn sudah difermentasi, dan kemudian diendapkan hingga memadat dan dibentuk menjadi kotak-kotak. Keunikan dari kue khas Jawa Timur yang satu ini adalah ketika dimakan, akan ada sensasi lumer dimulut yang sangat nikmat, sahabat explorer



3. Pudak Gresik

kue khas jawa timur - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idKemudian ada juga yang namanya Pudak Gresik. Jika kamu ingin camilan yang bisa membuat kenyang, maka Pudak Gresik ini pilihannya, sahabat explorer. Kue yang khas dari Kediri ini terbuat dari jagung manis atau tepung beras yang sudah dicampur dengan santan, kemudian dibungkus menggunakan daun jagung muda. Selain bisa dimakan langsung, kue yang satu ini juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang ke rumah, sahabat explorer

4. Kue Geti Tulungagung

kue khas jawa timur - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idYang selanjutnya adalah Kue Geti Tulungagung. Memang sepertinya bukan orang Jawa ya, sahabat explorer, apabila rasa makanan dan kue-kuenya tidak manis. Kue khas Jawa Timur yang satu ini dibuat dari bahan campuran kacang tanah, wijen, dan juga gula merah yang kemudian dicetak berbentuk kotak-kotak. Rasanya yang manis dan gurih tentunya sangat cocok apabila disantap dengan secangkir kopi, sahabat explorer

5. Ledre Bojonegoro

kue khas jawa timur - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idYang selanjutnya adalah Ledre Bojonegoro. Jajanan dari Bojonegoro ini memang mungkin jarang terdengar, sahabat explorer. Sekilas penampilan dari kue Ledre ini memang mirip dengan kue semprong, sahabat explorer. Tapi jangan salah, kedua panganan ini ternyata berbeda, lho.

Ledre, namanya diambil dari salah satu proses pemipihan kue itu sendiri menjadi lembaran-lembaran yang disebut dengan ‘Ngeledre’. Kue ledre ini terbuat dari campuran tepung beras, pisang, santan dan juga berbagai macam bahan yang lainnya. Dengan cita rasanya yang manis, gurih dan renyah, kamu dijamin tidak akan bosan memakan makanan yang satu ini! Gak percaya? Silahkan coba sendiri, sahabat explorer!

6. Jenang Mirah

kue khas jawa timur - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idYang selanjutnya adalah Jenang Mirah. Ponorogo tidak hanya punya sate sebagai kulinernya yang terkenal, sahabat explorer, ada juga jajanan yang disebut dengan jenang Mirah yang diolah dari beras ketan, gula jawa, dan juga santan. Mirah sendiri adalah nama pemilik resep jenang khas ponorogo ini. 

Berbeda dengan jenang yang lainnya, jenang Mirah selain manis juga punya rasa yang gurih. Selain itu, tekstur jenang yang satu ini juga tidak lengket.  Kalau berkunjung ke Ponorogo, jangan lupa beli camilan satu ini ya.

7. Sale Pisang Pacitan

kue khas jawa timur - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idYang selanjutnya adalah Sale Pisang Pacitan. Kue khas Jawa Timur yang satu ini juga tidak kalah unik dengan kue-kue yang lainnya, sahabat explorer. Kalau biasanya sale pisang berbentuk pisang pipih, kali ini sale dibungkus bulat-bulat mirip seperti keong. Bahkan, ada juga yang kreatif mengemas sale pisang Pacitan dengan berbagai bentuk buah seperti salah satunya buah anggur. Kamu wajib coba nih, sahabat explorer!

8. Manco Trenggalek

kue khas jawa timur - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idYang selanjutnya adalah Kue Manco Trenggalek. Kalau kue manco ini memang terbilang punya proses yang rumit dalam pembuatannya, sahabat explorer. Mulai dari perendaman ketan, penjemuran, penumbukan, sampai akhirnya bisa digoreng. Manco ini berbahan dasar dari beras ketan, tepung ketan, biji wijen, dan juga gula merah yang kemudian dibentuk menyerupai tabung-tabung kecil. Yang suka ngemil kue wijen, wajib mencoba kue khas Jawa Timur yang satu ini!

9. Gethuk Pisang

kue khas jawa timur - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idKemudian yang selanjutnya adalah Gethuk Pisang. Kalau Gethuk biasanya terbuat dari singkong atau ubi, istimewanya Gethuk khas dari Kediri ini terbuat dari pisang, sahabat explorer! Jajanan yang konon sudah diwariskan turun-temurun sejak zaman Kerajaan Jenggala ini juga makin menggoda karena bungkusan daun pisangnya yang bikin aroma dari kue yang satu ini sangat khas dan sedap. 

10. Onde-Onde Mojokerto

kue khas jawa timur - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idYang terakhir adalah Onde-Onde Mojokerto. Bulat-bulat kenyal, terbuat dari bahan tepung ketan dan sagu, kemudian dibalur dengan lapisan wijen di luar, ditambah dengan lembutnya isian kacang hijau yang manis.  Dan, jika kita bicara soal camilan bulat ini, wilayah yang punya ikon jajanan satu ini ya cuma di Mojokerto! Dibungkus untuk buah tangan bisa, dimakan saat masih hangat juga bisa. Jangan lupa beli makanan ini saat mampir ke Mojokerto ya, sahabat explorer!

Sahabat explorer, itulah beberapa kue khas Jawa Timur yang bisa kami rekomendasikan kepada kamu. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kamu di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments